Mobil Konsep Ayla Turbo, Karya Anak Bangsa yang Sporty & Racy

 

Tangerang, Otomotif1.com – Sejarah awal kelahiran Daihatsu Ayla tidak lepas dari nama Mark Widjaja, seorang putra dari Peter Widjaja juragan pabrik karoseri Mitra asal Surabaya, Jawa Timur. Setiap kali berulang tahun, orang tuanya kerap membelikannya mobil mainan Tamiya, dan juga Hot Wheels. Mark juga kuliah di jurusan desain produk teknologi di Institur Teknologi Surabaya (ITS), siapa sangka jika model Ayla lahir bakat kecintaannya pada dunia otomotif.

Indonesia dalam teknologi pembuatan kendaraan sudah tidak diragukan lagi, hanya saja memang dalam beberapa bagian Indonesia masih membutuhkan suport langsung dari luar alias impor. Salah satu produk yang benar-benar dibuat dan diproduksi di Indonesia adalah Daihatsu Ayla.

Tepat pada 9 September 2013, Ayla produksi perdana meluncur di Indonesia, dan mendapat respon yang sangat tinggi sebagai kendaraan LCGC (Low Cost Green Car) dengan harga yang sangat terjangkau oleh kantong masyarakat menengah-menengah di Indonesia.

Wajar saja Daihatsu Ayla memiliki harga yang terjangkau, karena Daihatsu Ayla memang memiliki 84% kandungan lokal.

Kini setelah enam tahun Daihatsu Ayla memasuki pasar city car LCGC di tanah air, tranformasi terbaru Daihatsu Ayla tampil diajang GIIAS 2018 dalam bentuk mesin yang lebih galak dari versi standarnya.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali memberikan ‘kabar gembira’ melalui peluncuran mobil konsep Ayla Turbo sebagai Racing Sport Entry Hatchback, dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Sebagai bagian tren Turbo Aspirated yang mendunia, Ayla Turbo dirancang untuk menunjukkan transformasi city car yang praktis dan spacious, menjadi mobil yang sporty dan racy. Dengan mengusung konsep Thrilling Simplicity, setiap garis desain, bentuk, dan permukaan Ayla Turbo diperhitungkan dengan baik, sehingga memiliki performa yang lebih optimal.

Dikembangkan oleh tim Research & Development (R&D) ADM di Indonesia, Ayla Turbo memiliki performa maksimal, berkat adanya kapasitas mesin 1.2L dual VVT-i yang lebih bertenaga, dilengkapi dengan Low Compression Piston.

Ubahan pada modifikasi styling dan mesin menjadikan Ayla Turbo memiliki performa yang lebih bertenaga, irit bahan bakar, dengan emisi gas buang yang semakin baik. Berbeda dengan New Ayla sebelumnya, Ayla Turbo dilengkapi dengan velg 15” sehingga handling saat bermanuver pada kecepatan tinggi lebih stabil, tanpa mengurangi tenaga.

Ayla Turbo juga dilengkapi dengan suspensi depan dan belakang yang dibuat lebih rigid untuk meningkatkan stability dan mencegah terjadinya body roll. Sebagai mobil konsep Racing Sport, Ayla Turbo juga memiliki sistem pendinginan yang dilengkapi dengan oil cooler untuk menghindari suhu pelumas yang terlalu panas.

“Sebagai produsen mobil compact di tingkat global, Daihatsu selalu konsisten mengembangkan dan menampilkan mobil konsep. Kali ini, di ajang pameran Otomotif Gaikindo, GIIAS 2018, kami membawa mobil konsep Ayla Turbo. Kami berharap, mobil konsep ini dapat menjadi inspirasi bagi industri otomotif Tanah Air dan menunjukkan kemampuan R&D Daihatsu”, ujar Pradipto Sugondo, R&D Executive Officer ADM, saat dijumpai Otomotif1 di booth Daihatsu GIIAS 2018.

Namun demikian, Daihatsu Ayla Turbo yang terpajang di GIIAS 2018 ini bukanlah produk dagangan. Ini hanyalah sebuah konsep, sekaligus jawaban dari pabrikan Daihatsu jika mobil LCGC juga bisa dimodifikasi.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here