Mobil Listrik Asal Amerika Serikat, Tesla Model 3 Akhirnya Meluncur di Indonesia

Jakarta, Otomotif1.com – Lewat importir kendaraan mewah Prestige Motorcars, akhirnya mobil listrik yang tengah ramai dibicarakan di dunia otomotif Tesla Model 3 hadir di Indonesia, pada Sabtu (31/8).

Mobil listrik asal Amerika Serikat ini hadir dalam tiga varian, yaitu Standard Range Plus, Long Range, dan Performance. Masing-masing varian tersedia dalam lima pilihan warna yaitu Pearl White Multi Coat, Solid Black, Midnight Silver Metallic, Deep Blue Metallic, & Red Multi Coat. Ada pula jenis velg yang tersedia yaitu ring 18 inci Aero Wheels.

User Interface yang disematkan dalam mobil ini sangat futuristik dan segala hal dalam kendaraan dapat di atur pada instrumen ini. Kamera mundur yang ada pada Model 3 diklaim sebagai kamera mundur paling detail karena tidak hanya mampu menampilkan kejernihan visual yang mumpuni, tetapi kamera mundur ini juga dapat menampilkan jarak antara kendaraan dengan objek dalam satuan ukuran sentimeter.

Model 3 Standard Range Plus menggunakan penggerak roda belakang dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 5,3 detik dengan kecepatan maksimum 225 km per jam.

Sementara untuk model Long Range menggunakan penggerak semua roda dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 4,4 detik dengan kecepatan maksimum 233 km per jam, dan model Performance menggunakan penggerak semua roda dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 3,2 detik dengan kecepatan maksimum 261 km per jam.

Jarak tempuh masing-masing varian juga berbeda. Standard Range Plus mampu mencapai jarak tempuh hingga 386 km, Long Range dan Performance hingga 499 km dalam satu kali pengisian daya.

Selain itu, Model 3 merupakan kendaraan yang dapat menekan biaya operasional pengisian daya secara signifikan. Dalam satu kali pengisian daya baterai dari nol sampai penuh, biaya dengan yang diperlukan sekitar Rp70.000 dengan estimasi waktu pengisian daya selama empat jam. Hal ini tentunya seperlima lebih hemat dibandingkan biaya bahan bakar kendaraan konvensional yang menggunakan mekanisme combustion engine.

“Ini merupakan era baru, era kendaraan listrik bahwa dengan harga mobil listrik yang semakin terjangkau dan turut sertanya Pemerintah mendukung kendaraan berbasis listrik dengan berbagai insentif yang ada, harapannya agar hijrah ke kendaraan listrik agar tidak berkontribusi lagi dalam pencemaran kualitas udara” kata Rudy Salim Presiden Direktur Prestige Motorcars, Sabtu (31/1).

Selain itu kendaraan listrik Tesla Model 3 mendapatkan keistimewaan dalam hal kebal pembatasan peredaran kendaraan seperti ganjil genap, dan ke depannya Pemerintah mencanangkan kebijakan bebas biaya parkir untuk tempat-tempat parkir yang lokasinya ditentukan Pemerintah Daerah.

Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai yang telah diundangkan pada 12 Agustus 2019.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here