Ini Dia Mobil Terlaris di Jepang Sepanjang Tahun 2017

 

Surabaya, Otomotif1.com – Di Indonesia merek kendaraan asal Jepang seperti Toyota, Honda, Suzuki dan Daihatsu memiliki jumlah penjualan tertinggi. Keempat produk tersebut, berhasil menguasai pasar otomotif nasional. Namun tahukah anda, jika kendaraan yang laris di Indonesia belum tentu laris di negeri asalnya Jepang. Jenis mobil apa saja yang paling laris di Jepang.

Seperti di lansir Japanese Automobile Dealers Association, yang merilis daftar kendaraan terlaris sepanjang 2017 diambil mulai periode April-September 2017.

Produk kendaraan yang laris ini bukan kendaraan yang tipenya sama seperti di jual di Indonesia, namun rata-rata kendaraan yang laris di Jepang adalah kendaraan berpenumpang kecil (Kei Car).

Urutan penjualan mobil baru di Jepang periode April – September 2017

  1. Honda N BOX 94.601 unit
  2. Toyota Prius 78.707 unit
  3. Nissan Note 68.441 unit
  4. Nissan Days 67.262 unit
  5. Daihatsu Move 67.021unit
  6. Daihatsu Tanto 65.225 unit
  7. Toyota Aqua 62.537 unit
  8. Toyota C-HR 60.627 unit
  9. Suzuki Wagon R 58.981 unit
  10. Daihatsu Mira 55.506 unit

Kei car adalah mobil yang masuk dalam kategori mobil kecil di Jepang, dengan panjang kurang dari 3480 mm, lebar 1480, berkapasitas 4 penumpang dan menggunakan mesin 600cc. (Di Malaysia mirip mobil Produa Kancil).

Daihatsu Move

 

Apa rahasia dibalik penjualan mobil kecil yang laris manis itu? Alasan pertama adalah harganya yang murah dibandingkan dengan mobil besar. Kemudian tidak hanya pajaknya yang ringan, tapi asuransi kecelakaan, biaya tol dan lain-lainnya pun jauh lebih murah.

Namun hal tersebut bukanlah satu-satunya alasan. Apabila mobil kecil ini tidak praktis, sulit untuk mencapai target penjualan tinggi bila hanya terpaku pada murahnya pajak maupun asuransi. Jika kita telusuri lebih lanjut mobil kecil keluaran terbaru, kita bisa merasakan langsung betapa praktisnya mobil kecil ini.

Toyota C-HR

Meskipun badannya mungil, namun interior dalamnya luas, misalnya Honda N BOX. Meskipun mobil ini berkapasitas sampai dengan 4 penumpang, namun interior dalamnya dirancang sangat luas. Interior depan maupun belakangnya sangat luas bahkan disebut-sebut lebih luas dari mobil mewah Toyota Crown. 5 jenis mobil kecil lainnya yang bertengger di 10 urutan teratas juga memiliki interior luas seperti N BOX.

Daihatsu Mira

 

Interior ruangan yang luas dapat terwujud berkat penggunaan mesin 660cc yang mungil. Kamu bisa lihat sendiri saat melihat gambarnya, bagaimana mesin ini bisa masuk dalam kap mesin yang pendek bila dibandingkan dengan mobil biasa, dengan panjang 3400 mm maka interior ruang dalam dapat dimanfaatkan secara maksimal sehingga terasa lebih luas. Selain itu, meskipun menggunakan mesin 600 cc yang mungil namun berkat kecanggihan teknologi yang dikembangkan oleh produsen mobil, mobil kecil ini tetap nyaman dan tidak oleng ketika berkendara di jalan tol dan ditumpangi oleh 4 penumpang.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here