Mobilio VS Avanza – Kelebihan dan Kekurangan Lengkap

 

Siapa yang tidak mengenal dua MPV yang kita akan bahas ini. Honda Mobilio dan Toyota Avanza merupakan dua MPV dengan persaingan cukup ketat di pasaran otomotif Indonesia. Penjualan Honda mobilio juga hampir melampaui penjualan mobil Toyota Avanza, yang dikenal sebagai mobil sejuta umat itu. Bagi anda yang mungkin tertarik dengan kedua mobil ini dan mencari perbedaan maupun perbandingan diantara keduanya. Artikel Otomotif1 kali ini akan membahas mengenai Perbedaan beserta kelebihan dan Kekurangan antara Honda Mobilio dan Toyota Avanza. Perbandingan yang dapat anda ketahui adalah :

Kelebihan Honda Mobilio

  1. Kabin Mobil Cukup Lega

Kelebihan Mobilio yang pertama adalah terletak pada kabinnya. Mobil ini dapat dibilang sangat cocok untuk dijadikan mobil keluarga karena memang Mobilio benar-benar memaksimalkan desain dari kabin sehingga membuat kabin terasa lapang tanpa harus membuat kesan mobil yang terlalu besar. Kabin mobilio juga cukup membanggakan jika dibandingkan dengan MPV lainnya dikelasnya.

  1. Handling Mobil

Karena memang sama-sama produk Honda. Dari handling mobilnya, mobilio memiliki basis yang sama seperti Honda Brio. Mobilio memiliki handling yang cukup baik meski masih menggunakan sistem EPS. Tetapi, ini sama sekali tidak mengurangi feeling pengemudi saat berkendara, mulai dari body roll serta feedback setir nya yang tetap baik di kelasnya.

  1. Bagasi Luas

Kelebihan mobilio selanjutnya adalah ia memiliki bagasi yang cukup luas. Bahkan ukuran bagasi mobilnya melebihi dari Kijang Innova. Selain itu, untuk memberikan kesan yang mewah, Honda menempatkan toolkit dan dongkrak tersembunyi sehingga tidak mengurangi ukuran dari bagasi. Bagasi yang luas sangat cocok untuk anda yang sering bepergian jauh maupun mudik, yakni yang membutuhkan banyak barang bawaan di mobil anda.

  1. Desain Eksterior

Kelebihan lainnya yang sangat tampak adalah desain eksteriornya. Jika dilihat, mobilio memiliki desain eksterior yang cukup cantik namun tetap terlihat tangguh diantara kompetitornya. Mulai dari bagian depan maupun belakang, benar-benar terlihat seperti mobil yang mahal. Terlihat juga sekilas body sporty yang mana benar-benar membuat kesan berkendara semakin elegant dan mewah.

  1. Dapur Pacu

Mobilio memiliki 6 varian berbeda namun jika dilihat dapur pacunya, tidak ada perbedaan diantara keenam variannya karena semua sama-sama mengandalkan PGM FI sebagai sistem suplai bahan bakar, yang mana dapat memberikan peforma terbaik  yang lebih kuat namun penggunaan bahan bakar tetap efisien.

  1. Fitur keamanan Lengkap

Ini yang terpenting untuk anda. Kelebihan Honda mobilio selanjutnya adalah pada fitur keamanan mobilnya. Sistem keamanannya sangat lengkap mulai dari Alarm Sistem, Dual Front SRS Airbags, Pedestrian Proetection, Immobilizer, Sabuk keselamatan depan dan juga  belakang. Sistem keamanan mobilio yang cukup lengkap ini tentu saja mampu memberikan kenyamanan dan keamanan lebih dalam berkendara.

Baca Juga ( Inilah Mobil Keluarga dan tak kalah Irit )

Kekurangan Honda Mobilio

1. Kualitas Pengerjaan yang Kurang

Kekurangan Honda Mobilio yang pertama adalah pada kualitas pengerjaannya yang kurang. Ini sangat disayangkan. Mulai dari sambungan body mobil, engine bay, dashboard, dan door trim yang dirasa cukup asal-asalan dalam pengerjaannya. Hal ini dikarenakan kualitas dari pengerjaan serta material bahan yang kurang berkualitas.

2. Sistem Transmisi CVT

Kekurangan Mobilio juga telihat pada sistem transmisi CVT nya. Meskipun ia mnggunakan CVT namun faktanya ia kurang sanggup untuk menyalurkan tenaga yang berasal dari mesin seperti sistem transmisi manual. Meskipun dalam kecepatan rendah masih dirasa sangat responsif, namun pada kecepatan sedang (40-80 km/jam) akan terasa lambat dan tidak memberikan peforma yang maksimal.

3. Suspensi Mobil

Kekurangan lainnya terletak pada suspensinya. Suspensi mobilio merupakan yang paling kaku jika dikomparasikan dengan mobil-mobil lain dikelasnya. Ini mengakibatkan ketika anda berjalan di medan yang bergelombang tentunya anda harus melewatinya secara perlahan, terutama suspensi belakang.

4.  Kekedapan Kabin Mobil

Seperti yang dijelaskan pada kekurangan pertama adalah kualitas pengerjaan mobilio kurang begitu baik. Hal ini tentu mempengaruhi kekedapan mobil. Saat posisi idle, suara dari mesin mobil memang tidak terasa dan tenang. Namun saat anda melaju dalam kecepatan yang tinggi, anda akan mendengar suara mesin hingga ke kabin mobil. Bahkan suara angin dan ban akan sangat menganggu perjalanan anda.

Kelebihan Mobil Avanza

1.  Desain Eksterior

Kelebihan Avanza yang pertama adalah desain eksteriornya yang cukup mempesona dan menarik perhatian konsumen. Dengan desainnya yang elegan dan stylish membuat nya sangat keren saat berkendara di jalanan. Bahkan pada tipe Luxury, akan ada tambahan Side Skirt Aerokit yang membuat body mobil semakin modern dan berkelas.

2. Mesin Bertenaga dan Irit Bahan Bakar

Kelebihan Avanza yang kedua adalah Mesin Toyota Acanza dibekali dengan tipe IL 4 silinder 16 Valve DOHC VVT-i yang mana membuatnya dapat mengeluarkan tenaga hingga 104 Hp pada putaran 6000 rpm dan torsi maksimal mencapai 137 Nm pada putaran 44000 rpm. Meskipun begitu, penggunaan bahan bakar dari mesinnya tetap irit dan efisien.

3. Harga Pasaran Cukup Murah

Kelebihan yang juga kabar gembiranya adalah Harga Avanza di pasaran cukup murah. Walaupun harganya cukup murah, namun spesifikasi yang dimiliki Avanza cukup mumpuni. Toyota Avanza dibanderol dengan harga mulai dari 120-160 juta Rupiah. Selain itu saja, harga jualnya pun cenderung stabil dan tidak terlalu turun drastis. Hal ini dikarenakan mobil Avanza yang cukup laris manis di pasaran.

4. Sistem Keamanannya Lengkap

Ini merupakan yang terpenting dalam sebuah perjalanan. Bicara soal sistem keamanan, Avanza sudah dibekali dengan beberapa fitur fitur terlengkapnya, mulai dari sistem pengereman ABS dan Dual SRS Airbags yang mana merupakan fitur keselamatan wajib yang perlu ada di dalam sebuah kendaraan.

Baca Juga ( Tips Memilih Mobil Keluarga Sesuai Kebutuhan )

Kekurangan Avanza

  1. Sering Limbung Dalam Kecepatan Tinggi

Kekurangan Toyota Avanza yang pertama yakni Limbung jika dikendarai dengan kecepatan tinggi. Mobil yang satu ini memang terasa empuk saat digunakan dalam kecepatan rendah, namun ketika digunakan dalam kecepatan tinggi akan terasa limbung, karena lingkaran pegas spiral nya cukup lebar sehingga mobil akan sangat bongsor jika dibandingkan dengan dimensi pada shockabsrober serta ukuran mobil.

  1. Aki Sering Bermasalah

Kekurangan sekaligus masalah lainnya adalah Aki Avanza sering bermasalah. Ini umumnya terjadi ketika mobil sulit dinyalakan saat mesin panas. Namun ini tidak terjadi pada Avanza keluaran terbaru.

  1. Sirip Ventilasi Cepat Memudar

Kekurangan selanjutnya terletak pada Sirip Ventilasi pada mobil. Sirip ventilasi di bagian bawah wiper mobil Avanza ini memang cepat sekali memudar, meskipun mungkin anda sudah mengantisipasinya dengan cairan pengkilap. Sehingga jika Sirip ventilasi memudar, tentu saja membuat tampilan mobil anda tidak menarik lagi.

Perbandingan Mobilio dan Avanza

1. Harga Mobil

Perbedaan dari kedua mobil ini yang pertama adalah pada harganya. Meskipun harga kedua mobil ini tidak terlalu jauh namun tetap saja terdapat perbedaan diantara keduanya. Untuk Honda Mobilio, bisa anda dapatkan mulai dari Rp 189,5 Juta. Sedangkan untuk Toyota Avanza dibanderol dengan harga mulai dari Rp 189,7 Juta. Perbedaan yang sangat tipis bukan?

2. Pilihan Warnanya

Untuk Honda Mobilio sendiri, ia memiliki 6 varian menarik yang ada di pasaran. Jumlah varian warna ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan mobil Avanza yang hadir dengan 8 pilihan menarik yang dapat anda pilih.

3.Kapasitas Mesin

Perbedaan yang sangat signifikan terletak pada kapasitas mesin kedua mobil ini. Pada Honda Mobilio dibekali dengan mesin berkapasitas 1496 cc yang dapat memuntahkan tenaga hingga 116 Ps dan torsi mencapai 145 Nm. Sedangkan Toyota Avanza dibekali dengan mesin berkapasitas 1329 cc yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 91 Ps dan tori 120 Nm.

4.  Sistem Suplai Bahan Bakar

Perbedaan terakhir terletak pada sistem suplai bahan bakar yang digunakan kedua mobil ini. Untuk Honda Mobilio dibekali dengan sistem suplai bahan bakar berjenis PGM FI, yang mana memang menjadi sistem bahan bakar andalan Honda. Sedangkan untuk Toyota Avanza dibekali dengan sistem EFI.

Baca Juga ( Suzuki Ertiga VS Toyota Avanza )

Nah itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio dan juga Toyota Avanza disertai perbandingannya. Dua-duanya adalah MPV terbaik untuk keluarga. Jika anda ingin membeli diantara keduanya, sesuaikan saja dengan kebutuhan anda, yang mana yang lebih cocok untuk anda. Terima kasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel di Otomotif1. Salam.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here