Mungkinkah Perodua Alza 2018 Menjadi Pengganti Xenia

Kualalumpur, Otomotif1.com – Setelah lebih dari satu dekade menguasai pasar Low MPV, Daihatsu Xenia sudah banyak menginspirasi banyak APM untuk mengisi celah pada segmen yang dulu dipandang sebelah mata ini. Sampai sejauh ini, pihak Astra Daihatsu Motor (ADM) memang belum memberikan reaksi apapun atas tergerusnya pasar kendaraan sejuta umat ini oleh para pendatang baru. Namun kami yakin, ADM memiliki sebuah terobosan untuk kembali meraih sukses yang pernah diraihnya bersama Xenia.

Banyak spekulasi yang beredar tentang kehadiran Xenia, mulai dari rendering sampai yang baru saja sebuah MPV yang diluncurkan di negeri Jiran, Malaysia. Siapa lagi kalau bukan Perodua Alza 2018.

Dilansir dari Paultan, Kamis (6/9) Perodua sebagai perusahaan mobil Malaysia yang memproduksi dan mendistribusikan produk Daihatsu di Malaysia dan berbasis di Serendah, Selangor-Malaysia, secara resmi memperkenalkan Alza 2018.

Perodua Alza 2018 adalah sebuah MPV dengan tujuh tempat duduk, layaknya Daihatsu Xenia di Indonesia.  Hanya saja, yang membedakan ground clearance dari Alza 2018 ini sedikit lebih rendah dari Daihatsu Xenia.

Dimensi Perodua Alza 2018 memiliki panjang 4,2 meter, lebar 1,69 meter dan tinggi 1,62. Jika dibandingkan dengan Suzuki Ertiga, dimensi Alza sedikit lebih kecil. Tapi, jarak rodanya sedikit lebih panjang 10 milimeter dari Suzuki Ertiga.

MPV ringkas yang tersedia adalah bentuk varian Standar (MT), Standar (AT), SE (AT) dan Advance (AT). Semua didukung oleh mesin 1.5 liter 3SZ-VE DVVT yang familiar yang terhubung dengan transmisi manual lima kecepatan pada MT Standar dan transmisi otomatis empat percepatan pada semua varian lainnya.

Perodua Alza 2018 ini memiliki grafis panel instrumen yang didesain ulang, kluster pusat tampilan baru, dan tombol remote control dua gerakan (tekan sekali untuk membuka kunci pintu pengemudi, tekan dua kali untuk membuka kunci semua pintu).

Secara eksternal, tampilan bemper depan baru dengan asupan lebih rendah – yang mereposisi lampu kabut – dan sensor parkir depan serta kisi depan twin-bar baru dan baru rok sisi dua nada. Di belakang, ada bumper belakang baru yang tampak sporty dengan sirip yang lebih ramping untuk diffuser dan hiasan tailgate yang sudah dimodifikasi ulang. Sementara untuk ukuran velg sendiri, Alza 2018 memiliki lebar velg 15 inci.

Alza 2018 menggendong mesin lama, yaitu 3SZ-VE empat silinder dengan kapasitas 1.500 cc. Mesin ini sama seperti mesin yang dipasang pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia generasi lawas.

Hebatnya, untuk fitur keselamatan Alza 2018 sudah mendapatkan bintang empat ASEAN NCAP. Perodua Alza 2018 airbag depan ganda dan titik kursi anak Isofix di barisan tengah. Selain itu, Alza juga sudah  dilengkapi dengan sistem pengereman ABS dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Sampai sejauh ini memang belum ada kepastian, apakah Perodua Alza 2018 ini yang akan menjadi pengganti Daihatsu Xenia atau memang pihak ADM sudah memiliki pengganti yang tepat untuk pasar Indonesia.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here