Mungkinkah Yamaha Hadirkan Tracer 1000 ?

Surabaya, Otomotif1.com – Pada Oktober 2018 lalu, Yamaha meluncurkan motor touring terbarunya, yaitu Yamaha Tracer 900 GT. Dengan mengusung genre sport touring, Yamaha membanderol motor ini di Amerika Serikat dengan harga sekitar 12.999 USD atau sekitar 185 jutaan.

Dan nampaknya pihak Yamaha Motor Jepang mulai berfikir untuk kembali menghadirkan kapasitas 1.000 cc pada sport-tourernya, hal ini semata-mata untuk mengimbangi permintaan para the bog boys, yang menyukai tantangan sekaligus untuk dapat menjadi pesaing beberapa produk motor touring yang sudah ada saat ini.

Jika memang Yamaha membutuhkan sebuah motor berkapasitas 1.000 cc, nampaknya hal tersebut akan diwujudkan dalam bentuk Tracer 1.000 sebagai jawabannya.

Bayangkan, dengan mesin lintas-turunan R1, menghasilkan banyak daya, sasis spesifikasi atas, dan elektronik, dalam sepeda motor yang super nyaman yang dapat membawa Anda pada perjalanan 10.000 km di sekitar jalan berlekuk di seluruh benua di dunia.

Ada celah dalam line-up Yamaha antara Tracer 900 dan FJR 1300. Dan sejak FZ1 Fazer 1000 hilang, banyak penggemar olahraga-wisata bernostalgia tentang motor ini.

Yamaha MT 0 2019

 

Saya punya teman yang memiliki dua Fazers, dan sekarang dia merasa bingung di antara tawaran-tawaran baru ini. Ada MT-10 dengan paket touring di jajaran Yamaha, hanya dengan menambahkan kaca depan dan dua kasing tidak mengubah tampilannya sebagai motor naked untuk menjadi motor touring.

Setelah 600 cc dan 1000 cc Fazers hilang, Yamaha beralih ke posisi touring sport yang diilhami oleh dunia petualangan dengan membangun Tracer 900 sebagai andalanya di kelas motor touring dan cukup tinggi nilai jualnya serta Tracer 700. Bahkan, Yamaha sebenarnya adalah pabrikan sepeda motor yang menemukan jenis sepeda ini, yaitu lewat produknya yang berlabel Yamaha TDM 850 yang muncul pada tahun 1991, jauh sebelum Multistrada generasi pertama.

Sekarang, segmen sport-touring posisi tegak berdiri mapan, dengan sepeda motor besar seperti BMW S1000XR, Ducati Multistrada dan KTM 1290 SuperDuke GT.

Jadi, bagaimana seharusnya tampilan Tracer 1000 ? Mungkin ini adalah beberapa masukan seandainya Yamaha benar-benar menghadirkan Tracer 1.000 :

  • Untuk mesin lebih dari 160 tenaga kuda.
  • Throttle naik-by-kawat dan paket elektronik lengkap MT-10 SP.
  • Rangka utama aluminium Deltabox yang ringan dan rangka bawah yang diperkuat untuk mendukung beban tambahan dari penumpang dan bagasi.
  • Posisi naik tegak, peningkatan ruang kaki.
  • Kaca depan yang dapat diatur ketinggiannya.
  • Fairing yang lebih besar untuk memastikan perlindungan cuaca yang lebih baik.
  • Beberapa penjaga tangan seperti Tracer.
  • Kursi yang nyaman.
  • Tangki bahan bakar besar – sekitar 20 liter.
  • Berat tidak lebih dari 220 kg berat basah.
  • Harga tepat di bawah rival Eropa akan membuatnya sukses besar

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here