Nanan Soekarna, Sosok Pemimpin Kharismatik, Dihargai Sesama Rekan Sejawat Hingga Anggota HDCI

Otomotif1.com l – Munas ke -VII HDCI telah usai dilaksanakan di kota Pahlawan, Surabaya, pada hari Sabtu, (29/5), yang baru lalu.

Dalam kegiatan Munas ke-VII HDCI yang turut dihadiri oleh beberapa unsur pejabat ini telah melahirkan keputusan bersejarah bagi Harley Davidson Club Indonesia (HDCI).

Menunjuk dan mengangkat Irjen. Pol. Teddy Minahasa Putra sebagai Ketum HDCI periode 2021 – 2026 mendatang.

Otomotif1 menemui Ferdo Raturandang, selaku mantan Humas Media PP HDCI periode 2016 – 2021, ditempat kediamannya, dan mengisahkan pendapatnya tentang sosok Komjen. Pol. (Purn). Nanan Soekarna.

“Pak Nanan sebagai Ketua Umum adalah pemimpin yang Fenomenal dan Kharismatik. Semua tindakan dan keputusannya selalu penuh dengan perhitungan yang matang.”
Ungkap bro Ferdo memulai kisahnya, demikian panggilan akrabnya.

Ia memiliki tiga alasan mengapa Nanan Soekarna dikatakan Fenomenal.

Yang pertama, Nanan Soekarna selalu mengingatkan kepada semua anggotanya untuk tetap mentaati peraturan, baik peraturan organisasi maupun aturan dalam berlalu lintas saat berkendara.

Kedua, Ia juga selalu konsisten dengan instruksinya kepada semua anggota HDCI, untuk menghindari sikap ego dan arogansi baik kepada sesama anggota maupun saat berkendara.

Bagi Nanan Soekarna, Sikap Arogansi sudah menjadi larangan keras bagi semua anggota HDCI.

“Kami akan dibela jika berbuat benar, tapi kalau sudah bersikap arogan, semena-mena jangan pernah berharap pak Nanan mau membela anggotanya yang terlibat masalah,” ujar Ferdo mengutarakan alasannya yang ketiga.

Hal semacam ini selalu disampaikan dalam setiap kesempatan, bahkan disetiap pengarahan, meeting pengurus pusat maupun pengurus daerah. Cara ini sangat efektif dan tepat sasaran.

Semua ini dilakukan untuk menghindari stigma buruk dari masyarakat kepada bikers moge yang selalu dikatakan arogan dan ugal-ugalan.

Ferdo melanjutkan, Hal lain yang patut menjadi catatan bagi penerus Nanan Soekarna adalah pembentukan karakter spiritual yang kuat kepada setiap anggota HDCI.

Nanan selalu mengingatkan bahwa kita semua sebenarnya sedang mengumpulkan harta dan bekal akhirat.

Ia (Nanan Soekarna, red) menjelaskan, Bikers yang benar adalah bikers yg bertaqwa kepada Penciptanya.

“Walaupun sulit untuk membentuk pribadi bikers yang dikenal urakan, tapi pak Nanan tidak pernah bosan untuk selalu mengingatkannya disetiap kesempatan,” ungkap Ferdo lagi.

Hal lain yang menjadi perhatian bagi Bro Ferdo adalah himbauan Nanan Soekarna bahwa Bikers harus bermanfaat!

Untuk itu, Nanan selalu mengingatkan kepada setiap pengurus daerah ataupun cabang untuk tidak bosan melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat baik dilingkungannya maupun didaerah yang dikunjungi.

“Beliau mengatakan bahwa HDCI harus jadi panutan bagi masyarakat, sehingga kehadiran HDCI mendatangkan berkah dan menyenangkan bagi masyarakat luas,” ungkap Ferdo.

“Yang mengagumkan adalah setiap perkataannya selalu dimulai dari dirinya sendiri dan dicontohkan secara nyata,” ujar Ferdo menambahkan.

Nanan Soekarna juga merupakan sosok pemimpin yang selalu menerapkan strategi dengan perhitungan yang matang.

Dalam beberapa kesempatan Nanan cukup membuktikan kepiawaiannya dalam menata organisasi melalui strategi dan perhitungan yang matang.

Sebut saja, ketika pelaksanaan HUT HDCI yang penyelenggaraannya dilakukan bersamaan dengan kegiatan Munas dan halal bi halal.

“Pak Nanan berhasil mengikis stigma Bikers yang hanya mengandalkan kekuatan fisik, kecerdasan berpikir anggotanya juga patut diperhitungkan. Hal ini dibuktikan dengan Kesuksesan tim HDCI saat menyabet gelar Juara Cerdas Cermat yang digelar oleh MPR RI yang mengangkat tema Riding Kebangsaan 4 Pilar MPR RI,” tukas Ferdo.

Sukses besar yang pernah ditorehkan oleh mantan Wakapolri ini salah satunya adalah membawa HDCI untuk menghadiri perhelatan akbar Anniversary Harley Davidson 115th di Milwaukee, Amerika Serikat pada bulan September 2018.

Sebanyak 200 riders HDCI turut hadir dalam kegiatan akbar tersebut dan membanjiri kota Milwaukee dengan bendera merah putih yang terpasang disetiap motor peserta.

Setiap riders pun turut mengenakan pakaian adat nasional dari setial daerah di Indonesia.

“Mengenang ini, sangat membanggakan. Karena delegasi HDCI sempat menarik perhatian peserta lain yang datang dari seluruh penjuru dunia,” kenang Ferdo.

Komjen. Pol. (Purn). Nanan Soekarna, mantan lulusan terbaik Akademi Kepolisian tahun 1978 ini memang tak pernah sepi dari prestasi selama menjabat Ketua Umum HDCI (2016 – 2021).

Selama kepemimpinannya, Nanan telah banyak melakukan perubahan secara menyeluruh terhadap organisasi.

Membesarkan HDCI bukanlah hal mudah, namun Nanan Soekarna telah membuktikannya melalui dedikasi dan loyalitasnya terhadap organisasi.

Dibawah kepemimpinan Komjen. Pol. Nanan Soekarna, kepengurusan HDCI saat ini sudah berkembang menjadi 64 pengda/pengcab dan menempatkan 3 perwakilan diluar negeri, diantaranya USA, Eropa, dan Middle East.

“Jika ingin lihat Indonesia kecil secara nyata, HDCI merupakan contoh nyatanya. Khusus untuk pak Nanan, beliau adalah Jenderal bukan hanya di belakang meja, tapi Jenderal handal yang mampu memimpin pasukan untuk memenangkan peperangan dimedan kehidupan. Terimakasih pak Nanan,” kata Ferdo menutup perbincangan.

***

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here