Ini Dia Nenek Moyang Binter Mercy Yang Akan Dihidupkan Kembali Oleh Kawasaki

Tokyo, Otomotif1.com – Kabar gembira bagi Anda pecinta motor klasik, khususnya penggemar Binter Mercy. Kabarnya, Kawasaki berencana untuk menghidupkan kembali ‘nenek moyang’ dari sang legenda ‘Binter Mecy’ yaitu Kawasaki Meguro. Namun sayangnya, merek dagang Meguro ini hanya akan dijual di Amerika, Eropa, Autralia, Selandia Baru dan Filipina.

Memang beberapa tahun belakanga, Kawasaki gencar dengan produk motor bergaya retro, baik di Indonesia maupun di pasar global, sebut saja beberapa merek motor klasik yang dikeluarkan Kawasaki seperti W175, W800 Café dan Z900RS Café.

Tapi nampaknya hal tersebut tidak memuaskan pihak Kawasaki Jepang, sehingga berencana menghidupkan kembali Meguro dengan versi bary. Meguro sendiri jika di Indonesia sangat mirip dengan Kawasaki Binter Mercy yang begitu legendaris sampai saat ini.

Meguro Manufacturing Co sendiri sudah melakukan produksi mesin pada tahun 1924, namun baru mulai memproduksi sepeda motor pada tahun 1937.

Pada saat itu, Meguro membuat sepeda motor dengan kapasitas mesin 500 cc dibangun untuk Hamakura Motor. Lima tahun kemudian. Selama 20 tahun lebih, Meguro memantapkan dirinya sebagai salah satu produsen sepeda motor terbesar di Japang kala itu.

Perjalanan bisnis sepeda motor Meguro tidak hanya terhenti di Jepang, namun sudah mulai merambah pasar Amerika melalui pasar bursa saham akhirnya Meguro menggunakan Wall Street Crash sebagai peluang untuk berinvestasi dalam merek kendaraan roda dua Amerika, Harley-Davidson untuk memperoleh teknologinya.

Meguro kemudian memasok motor militer dan polisi kepada pemerintah Jepang. Bahkan Meguro sendiri juga ikut dalam ajang balap motor bersama Honda. Namun, penjualan yang buruk dari sepeda motor ringan serta terjadinya pemogokan buruh selama setahun menyebabkan perusahaan bangkrut.

Pada tahun 1960, Kawasaki mengakuisisi perusahaan, berikut yang memperkenalkan B8 125 cc di bawah spanduk Kawasaki-Meguro pada tahun 1962. Kawasaki-Meguro menciptakan beberapa model lain sesudahnya.

Kebangkitan Meguro berkat suksesnya penjualan beberapa produk Kawasaki untuk jenis motor retro dengan gaya masa lampau namun dengan teknologi modern.

Dan nampaknya kebangkita era klasik retro juga sudah mulai ramai lihat saja ketika Kawasaki menjual Kawasaki menjual Z900RS dan W800 sementara Honda baru-baru ini memberikan tema Neo Sports Cafe pada CB1000R. Diikuti Yamaha juga memperkenalkan jajaran XSR sementara Suzuki membawa kembali merek Katana di pameran sepeda motor EICMA 2018.

Jika melihat sejarahnya, bisa jadi Kawasaki akan benar-benar memberikan yang terbaik pada generasi terbaru Meguro. Pasalnya motor ini terbilang sangat kaya akan sejarah perjalanan panjang Kawasaki di dunia roda dua.

Meski belum ada informasi detail terkait dengan generasi terbaru dari Kawasaki Meguro, Kawasaki dan Meguro, adalah kisah perpaduan untuk menciptakan merek Kawasaki seperti yang kita kenal sekarang ini.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here