New Porsche 911 Dakkar Meluncur Diajang Los Angeles Auto Show

Otomotif1.com – Pada ajang bergengsi Los Angeles Auto Show, sekaligus untuk memperingati kemenangan perdana Porsche diajang bergengsi Paris-Dakkar di tahun 1984, Porsche hadirkan Porsche 911 Dakar baru.

Detail mencolok pertama dari Porsche 911 Dakar adalah ground clearance-nya, yang 50 milimeter lebih tinggi dari 911 Carrera dengan suspensi sport. Dan sistem lift standar dapat menaikkan ujung depan dan belakang tambahan 30 milimeter. Ground clearance dan sudut kemiringannya menyaingi SUV konvensional. Pihak Porsche sendiri mengklaim Porsche 911 Dakar sangat nyaman digunakan di medan off-road maupun di jalan raya.

Hal ini karena Porsche 911 Dakkar menunakan sistem lift tidak hanya digunakan untuk melintasi rintangan secara perlahan, tetapi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sasis yang dipasang ulang. Pengaturan ‘high level’ tersedia untuk perjalanan off-road yang ambisius dengan kecepatan hingga 170 km/jam. Di atas kecepatan itu, mobil secara otomatis turun kembali ke level normialnya.

Melengkapi atribut mobil sporty off-road ini, Porsche 911 Dakkar dipasangi ban Pirelli Scorpion All Terrain Plus. Ban ini dikembangkan secara khusus dengan ukuran 245/45 ZR 19 di depan dan 295/40 ZR 20 di belakang. Dengan pola tapak chunky sedalam sembilan milimeter, dinding samping yang diperkuat, dan benang yang terdiri dari dua carcass plies. Semua ini menjadikan ban Porsche 911 Dakar ideal bahkan untuk medan yang menantang dan sangat anti pangkas.

Ban Pirelli P Zero musim panas dan musim dingin tersedia sebagai opsi, dan juga dengan dua carcass plies. Tetapi ban all-terrain datang sebagai standar dan menawarkan dinamika mobil sport di jalan juga.

Memiliki kekuatan di semua permukaan

Porsche 911 Dakkar memiliki konfigurasi mesin tiga liter biturbo enam silinder, yang mampu memuntahkanpower sebesar 480 PS (353 kW) dan torsi maksimum 570 Newton meter. Dengan mesin sebesar itu mobil ini mampu memberikan performa superior dengan suara boxer yang memikat. Mobil sport baru ini mampu berlari hingga 100 km/jam dalam 3,4 detik. Selain itu kehebatan dari Porsche 911 Dakkar nanpu melintasi segala medan hal ini karena ban yang digunakannya dan mampu melesat dengan kecepatan tertinggi dibatasi hingga 240 km/jam.

Sebagai standar, mesin dilengkapi dengan PDK delapan kecepatan dan all-wheel drive Porsche. Perlengkapan standar juga mencakup rear-axle steering, dudukan mesin dari 911 GT3, dan stabilisasi anti-roll PDCC. Interaksi semua komponen menghasilkan 911 Dakar sama dinamisnya di atas pasir dan permukaan lepas seperti di Nürburgring Nordschleife.

Performa off-road yang maksimal juga dipastikan dengan dua mode berkendara, yang dapat dipilih menggunakan sakelar putar di roda kemudi.

Mode Rallye sangat ideal untuk permukaan yang longgar dan tidak rata serta fitur all-wheel drive yang berfokus pada belakang. Dalam mode off-road, high clearance diaktifkan secara otomatis.

Mode ini dirancang untuk traksi maksimum di medan yang sulit dan di atas pasir. Kedua mode berkendara baru ini juga menampilkan Rallye Launch Control baru, yang memungkinkan akselerasi yang mengesankan pada permukaan yang longgar dan memungkinkan roda selip sekitar 20 persen.

Opsi rak atap atau tenda atap serta kronograf Porsche Design Fitur karakteristik tambahan dari 911 Dakar termasuk spoiler belakang ringan yang baru dikembangkan yang terbuat dari CFRP dan tutup kompartemen bagasi depan CFRP dengan outlet udara mencolok yang diambil dari 911 GT3. Ada juga detail standar off-road seperti towing lugs aluminium merah di depan dan belakang, wheel wells dan kusen roda yang lebar, serta elemen pelindung stainless steel di kusen depan, belakang, dan samping. Ventilasi udara samping di ujung depan yang didesain ulang juga dilindungi dari batu yang beterbangan dengan kisi-kisi stainless steel.

Atap Porsche 911 Dakar menampilkan stopkontak 12 volt yang terlihat untuk lampu depan pada opsi rak atap. Dengan kapasitas 42 kilogram, rak ini dapat menampung peralatan reli seperti tabung bahan bakar dan air, sekop lipat, dan papan traksi dengan tanpa masalah. Tenda atap juga tersedia untuk 911 Dakar.

Di bagian interior, 911 Dakar menonjolkan ambisi sporty-nya dengan jok standar full bucket dan penghilangan jok belakang. Kaca yang ringan dan baterai yang ringan semakin mengurangi bobotnya, memungkinkan Porsche 911 Dakar berbobot hanya 1.605 kg – hanya 10 kg lebih berat dari 911 Carrera 4 GTS dengan PDK.

Fitur yang menentukan interior Dakar adalah permukaan Race-Tex standar dengan jahitan dekoratif dalam warna Shade Green, yang juga tersedia secara eksklusif sebagai lapisan luar atau logam metalik untuk 911 Dakar. Paket Rallye Sport dengan roll-over bar, sabuk pengaman enam titik, dan pemadam api yang opsional.

Rallye Design Package dengan gaya yang menggambarkan mobil pemenang Paris-Dakar Rally tahun 1984 Inti dari opsi Rallye Design Package dari Porsche Exclusive Manufaktur adalah lapisan cat dua warna dalam warna Putih/Enzian Biru Metalik. Ini adalah pertama kalinya Porsche menerapkan kombinasi cat dua warna dan lapisan dekoratif dalam produksi seri. Di bagian samping kendaraan, pelanggan dapat memilih nomor balapan individu antara 0 dan 999. Selain garis reli berwarna merah dan emas, 911 Dakar dengan Rallye Design Package, yang tampilannya didasarkan pada kendaraan pemenang tahun Paris-Dakar Rally 1984, juga menampilkan tulisan “Roughroads” di pintunya.

Istilah tersebut adalah trademark yang terdaftar dan mencerminkan konsep 911 Dakar dan kesesuaiannya untuk berkendara off-road. Pelek bercat putih dan strip lampu belakang merah, kontras dengan kendaraan standar, melengkapi tampi-lan yang khas. Sorotan lebih lanjut dapat ditemukan di interior: Extended Race-Tex dan lapisan kulit serta sabuk pengaman dan aksen Sharkblue.

Porsche Design Chronograph

Pelanggan 911 Dakar dapat memesan secara eksklusif Porsche Design Chronograph 1 ‒ 911 Dakar atau Chronograph 1 ‒ 911 Dakar Rallye Design Edition agar sesuai dengan kendaraannya. Untuk pertama kalinya, housing terbuat dari karbida titanium ringan dan tahan gores.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here