Nissan Juke Generasi Kedua Siap Diluncurkan September 2019

Otomotif1.com – Setelah nyaris 1 dekade tanpa perubahan, akhirnya Nissan Juke generasi kedua siap untuk dihadirkan dengan segala bentuk perubahan terbaru menjelang akhit tahun 2019 ini. Nissan Juke generasi terbaru ini memiliki tampilan sangat berbeda dari generasi sebelumnya, meski tetap mengusung sebagai kendaraan SUV Kompak.

Dilansir dari Autoexpress yang menuliskan, sektor crossover kompak dari Nissan Juke generasi kedua ini telah tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dengan lebih dari 20 SUV berukuran supermini dijual di Inggris saat ini. Tetapi salah satu dari yang pertama berkembang degan baik adalah dengan hadirnya Nissan Juke generasi kedua.

Pendatang baru menggantikan model yang telah dijual selama hampir sembilan tahun, dan pada saat itu pasar untuk SUV sebesar ini tidak hanya meningkat dalam pilihan, itu juga berkembang dalam kualitas. Mungkin itu sebabnya Juke telah dalam pengembangan sedikit lebih lama daripada yang diberikan oleh pembuat mobil biasa.

Didesain di Inggris dan akan dibangun di pabrik Sunderland Nissan, model baru ini jelas terkait dengan mobil generasi pertama melalui bentuk dan retensi beberapa ciri gaya asli yang paling dikenal. Namun, hal ini dilakukan saat ukurannya semakin besar dan mengikuti beberapa isyarat desain Nissan tentunya.

Meski perubahan pada Juke generasi kedua ini tidak terlalu radikal, namun demikian tampilan Juke yang tetap merupakan crossover gagah dengan sengaja dibuat-buat dengan tampilan roda yang sedikit lebih besar, garis jendela yang meninggi, bahu yang kuat dan ujung belakang jongkok. Selain itu, Juke negerasi kedua ini lebih panjang 75 mm dan lebih lebar 35 mm dari generasi sebelunya, sementara wheelbase nya sendiri telah ditinggikan sebesar 105mm.

Secara keseluruhan, sepertinya generasi kedua Nissan Juke ini lebih besar dan lebih luas.Meskipun Juke generasi kedua ini tampil lebih bongsor dari pendahulunya, ternyata berat dari Juke generasi kedua ini lebih ringan 23 kg dari pendahulunya. Hal ini berkat penggunaan baja yang lebih ringan, tegangan tinggi dalam tubuh, tetapi juga dengan adopsi platform baru bernama CMF-B, yang digunakan bersama dengan Renault Captur.

Sementara itu pada kompartemen mesin, Juke generasi kedua ini menggunakan mesin dari Nissan Micra. Mesin 3-silinder 1.0 L turbocharger yang mampu menyemburkan power sebesar 115 hp dan torsi 148 Nm. Untuk pilihan transmisi tersedua dua pilihan yaitu manuakl 6-speed dan otomatif kompling ganda 7-speed. Dan untuk Juke generasi kedua ini tidak lagi disematkan transmisi CVT yang selama hampir 10 tahun menempel pada Juke.

Menurut Autoexpress, ada kemungkinan versi generasi kedua Nissan Juke ini mengeluarkan versi elektrifikasi. Meski sejauh ini belum ada konfirmasi soal itu.

Dari foto-foto yang mulai beredar Nissan Juke generasi kedua ini memiliki lampu bundar LED dengan desain modern yang diletakkan tinggi pada bumper depan dengan grille V-Motion dengan pola honeycomb (sarang lebah). Sementara di atasnya terdapat lampu DRL yang memanjang  yang ramping dengan model dan tampilan baru yang mengapit hidung dan kisi-kisi sempit.

Pada bagian samping, terdapat over vender tipis yang terlihat sangat mencolok, dengan ukuran roda 19 inci bersarang di dalamnya. Pada bagian buritan terlihat tegas dari jauh dari kesan terdahulu dan benar-benar baru. Dengan garis yang mengalir dari tengah ke pintu depan. Spoiler atas bertemu dengan atap yang turun. Rumah lampu belakang juga minimalis dan hemat ruang.

Lampu belakang keduanya berubah secara total. Lubang palka ini 131mm lebih lebar dari sebelumnya dan untuk akapasitas bagasi otomatis bertambah sebesar 68 liter dari generasi sebelumnya menjadi 422 liter (sebelumnya hanya 354 liter).

Nissan mengklaim bahwa interior anyar ini lebih lapang dari sebelumnya, dengan ruang belakang meningkat sebesar 58mm dan ruang kepala tumbuh sebesar 11mm. Pembuatnya mengatakan telah bekerja untuk meningkatkan posisi mengemudi Juke, dan ini sekarang menawarkan dapat disesuaikan.

Untuk sistem infotaiment, semuanya dirancang ulang dengan layar sentuh (touchscreen) 8 inci dengan Apple CarPlay, Android Auto, internet 4G dan wi-fi. Jaringan bisa terhubung dengan delapan gawai sekaligus. Fitur internet untuk mendukung update peta navigasi, akses Google Street View dan laporan lalu lintas langsung. Ada fitur aplikasi Nissan Connected Services. Memungkinkan pelacakan posisi mobil dan mengunci dari jauh pakai smartphone. Kala dihubungkan, bisa mengetahui kondisi mobil pakai perintah suara. Misal untuk menanyakan tekanan angin pada ban.

Selain itu, teknologi dan fitur keselamatan pada Juke generasi kedua ini hadir dengan banyak teknologi terbaru yang mampu membantu pengemudinya. Misalnya saja, pada Juke generasi kedua ini sudah dibenamkan teknologi Nissan ProPILOT, bantuan pengemudi semi-otonom.

Apakah mobil ini akan hadir di Indonesia, sampai sejauh ini pihak Nissan Indonesia belum bisa memberikan keterangan perihal Nissan Juke generasi kedua ini.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here