Pecinta Moge di Seluruh Dunia Siap-Siap Kehilangan Suara Unik Harley-Davidson

Otomotif1.com – Apa yang unik dari motor gede 9Moge) Harley-Davidson ? Sudah pasti jawabnya adalah suara.

Suara ‘ngeblar’ alias keras yang keluar dari mesin berkapasitas 1.500 cc ke atas bukan tidak mungkin akan menghilang dari jalanan. Suara ngeblar tidak lagi identik dengan sekumpulan pemotor ‘penikmat’ suara ini. Pasalnya, dari kantor pusat Harley-Davidson di milwaukee, Amerika Serikat sudah lebih dari setahun tengah mengembangkan sebuah notor listrik yang dinilai sebagian orang suaranya lebih ‘ramah’ di telinga.

Dari kantor pusat Hatley-Davidson saat ini tengah mengembangkan motor listrik yang diberi nama Livewire. Ya, semua itu dilakukan atas nama lingkungan, karena saat ini Harley-Davidson tengah concern kepada soal lingkungan. Suara keras yang keluar dari knalpot Harley-Davidson ditenggarai jadi persoalan bagi lingkungan sekitar.

Salah satu bukti kerusakan alam yang ditimbulkan oleh Harley-Davidson adalah penurunan termukaan tanah yang megakibatkan miringnya bangunan Candi Prambanan yang beberapa tahun lalu pernah menjadi lokasi berkumpulnya ribuan pemotor Harley-Davidson dari seluruh dunia, di pleataran candi termegah di dunia tersebut.

Mungkinkah para pecinta Harley-Davidson di seluruh dunia termasuk juga di Indonesia akan kehilangan keunikan dari motor asli kebanggan negeri paman Sam ini ?

Berdasar laman resmi HD, LiveWire dipasarkan dengan harga sekitar 29 ribu dolar AS. Sebagai sebuah cerminan motor masa depan, maka motor ini tak hanya ditunjang oleh powertrain mutakhir tapi juga didukung oleh sejumlah fitur canggih.

Selain itu, agar bisa tetap diterima masyarakat model motor ini pun cukup unik karena motor ini hadir dengan gaya Naked Bike yang super sexy.

Secara desain, motor ini hadir dengan desain yang menyerupai sebuah motor dengan mesin internal combustion engine (ICE). Apalagi, motor ini juga menonjolkan frame khas naked bike sehingga membuat tampilan LiveWire terlihat kekar.

Soal daya jelajah, motor ini hadir dengan electric range sekitar 150 hingga 235 kilometer. HD menyebut, kemampuan electric range itu sangat bergantung pada karakter berkendara dan kondisi jalan yang dilalui.

Agar memudahkan pengendara, maka motor ini juga ditunjang dengan teknologi fast charging. Dengan teknologi itu, maka baterai LiveWire dapat terisi penih hanya dalam durasi sekitar satu jam.

Nah, agar mampu dikendarai sesuai dengan kebutuhan pengendara, maka motor ini dilengkapi dengan fitur ride mode dengan sebutan Reflex Defensive Rider Systems (RDRS).

Fitur ini menyajikan opsi riding mode sport, road, range dan rain. Dengan fitur ini, maka sistem akan secara otomatis menyesuaikan power, regeneration, throttle response dan traction control settings.

Lewat produk ini, terlihat HD ingin mencoba menawarkan produk ramah lingkungan yang nyaman, aman dan tangguh untuk diajak berjelajah.***

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -