Pelatihan Terbatas GS Day East Java 2018 di Kawasan Trawas Camp Sukses Digelar

Pacet, Otomotif1.com – Gelaran apik dihelat jelang penutupan tahun 2018 oleh para pemilik motor BMW seri GS di Jawa Timur bersama main dealer BMW Motoratt Surabaya, dalam ajang yang diberi tema ‘GS Day East Java 2018’ yang dihelat di bumi perkemahan Dlundung, Trawas, Jawa Timur.

Gelaran pertama sekaligus pelatihan khusus untuk menaklukan medan ‘off-road’ mendapat sambutan antusia dari para penggila jalan non-aspal ini.

“Pelatihan khusus ini memang terbatas untuk para pemilik motor BMW seri GS, seperti GS 1200 K51 hingga GS terbaru 310 yang diikuti oleh 45 rider BMW GS. Saya sebut dengan nama GS Day East Java karena pelatihan ini memang dibatasi hanya bagi pemilik motor BMW seri GS tipe saja, dan inipun baru pertama diadakan di Indonesia dan mengambil lokasi di Trawas Jawa Timur,” ujar Muhammad Yunus sebagai organizer sekaligus sebagai Branch Manager BMW Motorrad Surabaya.

Dalam pelatihan yang digelar pada Sabtu (15/12), para rider diberi pelatihan bagaimana menaklukan jalan tanah, berpasir bahkan jalan menembus belukar, serta bagaimana mengangkat motor jika dalam kondisi terjatuh. Mengingat berat motor BMW seri GS sangat berat sekali.

“Setelah saya lihat bagaimana antusias peserta mengikuti acara ini, tidak menutup kemunginan saya akan adakan lagi dengan acara yang lebih besar mengundang pemilik motor GS se Indonesia bahkan mengundang tamu dari negara tetangga seperti Malaysia, dan bisa jadi acara ini akan digelar pertengahan tahun 2019 di Bali,” imbuh Yunus.

Motor BMW GS 1200 tipe K51 sudah terkenal karena dipakai oleh para petualang adventure kelas dunia, memiliki bobot yang berat dan tenaga yang besar. Bagi kebanyakan orang Indonesia motor ini hanya sebagai koleksi alias jarang dipakai. Hal ini mungkin karena masih takut atau ragu ketika melewati jalan “off road” padahal disitulah keunggulan motor GS ini.

Dengan adanya pelatihan ini setidaknya para pengendara motor BMW GS di Indonesia akan semakin paham dengan teknik-teknik dasar bagaimana membawa motor in tanpa rasa takut atau ragu saat melewati jalan tanah, jalan rusak, bahkan medan yang berat sekalipun.

“Jadi, sebenarnya membawa motor ini pastinya fun,atau menyenangkaan sekalipun sampai motornya jatuh,” papar Kadex Ramayadi yang dipercaya sebagai instruktur pelatihan saat itu.

Sementara itu, Stephen Langitan sebagai Solo Ride Adventure Jakarta – London 30.000 Km dan Bro Gunadi sebagai Solo Ride Jakarta – Himalaya 15.000 Km turut hadir di lokasi acara untuk berbagi cerita dan pengalaman berkendara jarak jauh seorang diri.

Pesan yang disampaikan adalah untuk memberikan inspirasi serta membangkitkan semangat untuk berkendara dengan jarak tempuh yang lebih jauh tanpa rasa takut maupun ragu.

Sebagai catatan bahwa overlander kelas dunia banyak yang menggunakan motor BMW seri GS dalam menjalankan misi keliling dunia, melalui pelatihan ini diharapkan para peserta GS Day East akan tumbuh semangat serta mau melakukan perjalanan jauh ke luar negeri melewati jalan-jalan yang menantang di berbagai negara, maupun kondisi alam yang berbeda

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here