8 Penyebab Kaca Mobil Macet yang Wajib Diketahui

Kaca mobil yang rusak merupakan salah satu hal yang sangat menjengkelkan. Apalagi di saat kita berada pada kondisi tertentu, misalkan saat akan membayar tol, ketika tiba-tiba turun hujan, atau keadaan mendesak yang lainnya. Hal ini tentunya membuat pengendara sangat tidak nyaman

Lantas, mengapa kaca mobil bisa macet? Simak penjelasan berikut ini ya!

1. Power Window Rusak

Power window merupakan salah satu bagian perangkat alat elektronik yang mempunyai fungsi untuk menaik turunkan kaca mobil secara otomatis. Rusaknya kaca mobil biasanya disebabkan karena bagian power window tidak menjalankan fungsinya dengan baik yang mengakibatkan kaca mobil menjadi macet.

Penyebab utama rusak power window yakni fuse atau sikring ada yang korsleting, fuse atau sikring merupakan alat elektronik yang memfungsikan sikring jika terjadi korsleting listrik yang sangat fatal, jika sikring korslet maka dipastikan power window akan rusak dan tidak akan berfungsi lagi, inilah penyebab utama kaca mobil macet.

2. Korsleting Power Window

Adanya korsleting pada power window disebabkan saklar yang terbakar. Selai itu, bisa juga dikarenakan plastik pada saklar aus hal ini juga menjadi penyebab tidak maksimalnya fungsi dari power window. Hal inilah yang menjadi kaca mobil sulit dibuka atau pun macet. 

3. Kerusakan Pada Dinamo Power Window

Fungsi penting dari dinamo power window ini yaitu untuk menjalankan regulator naik turunnya pada kaca mobil, dinamo power window terletak di bagian pintu mobil atau dibalik door trim mobil.

Jika terjadi kerusakan pada kumparan tenaga motor power window karena korsleting, itu dipastikan akan merusak power window dan menyebabkan kinerja power window tidak maksimal.

4. Lepasnya Dudukan Kaca Pada Regulator Kaca

Regulator kaca mempunyai fungsi sebagai penggerak kaca dengan bantuan dari motor power window untuk menaik turunkan kaca mobil. Masalah atau kerusakan yang sering timbul dibagian ini disebabkan oleh gerigi yang telah aus selain itu penyebab lain dikarenakan dudukan kaca terlepas dari regulator kaca.

5. Kurangnya Perawatan

Banyaknya debu yang menempel pada kaca anda saat kaca mobil dinaik turunkan setiap hari. Tanpa anda sadari debu tersebut akan bersarang pada bagian power window dan lama – kelamaan akan menyebabkan kaca tersebut menjadi macet.

Untuk itu sudah sewajarnya anda sering membersihkan mobil dengan mencuci mobil tersebut secara rutin. Selain itu debu – debu yang menumpuk bisa menyebabkan kaca film mobil menjadi baret – baret.

6. Digunakan Untuk Bermain

Biasanya anak – anak cenderung senang memainkan kaca mobil karena dianggap sebagai hal yang baru dan menarik. Anak-anak menaikturunkan kaca berulang kali bahkan memaksa kaca untuk turun dengan menekannya menggunakan tangan. Sudah sewajarnya anda sebagai orang tua untuk mengajarkan dan bahkan mengingatkan agar tidk membuat kaca menjadi macet atau rusak.

7. Kebiasaan Menutup Pintu Mobil Terlalu Keras

Selain menyebabkan bagian pintu menjadi rusak, ternyata kebiasaan menutup pintu mobil terlalu keras bisa berdampak pada macetnya kaca mobil saat sedang digunakan. Sebaiknya, tutuplah pintu mobil sewajarnya saja agar membuat mobil anda tidak rusak.

8. Berkaratnya Pintu Mobil

Selain itu, kaca macet juga disebabkan oleh adanya pengkaratan pada bagian pintu mobil.

Untuk menyiasati masalah ini, anda bisa memberi minyak goreng pada bagian ujung rel kaca jendela mobil. Caranya dengan menyemprotkan minyak goreng sedikit demi sedikit ke bagian jendela mobil. Namun, kita harus hati-hati dan jangan memberi minyak goreng terlalu banyak. Dengan cara ini, maka kaca mobil akan kembali bisa dibuka dan tidak akan macet lagi.

Demikian artikel tentang penyebab kaca mobil macet. Semoga bermanfaat bagi pembaca! Salam otomotif!

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here