Penyebab Kampas Kopling Mobil Cepat Habis

Kampas kopling yang bermasalah tentunya akan berpengaruh pada kinerja mobil. Banyak gejala-gejala yang menandakan jika kampas kopling mobil anda mengalami kerusakan ataupun habis, sehingga pemilik mobil harus segera melakukan penggantian kampas kopling mobil.

Jika tidak, tentu saja kampas kopling tidak akan bekerja maksimal dalam menyalurkan tenaga, hal ini pula lah yang akan membuat tenaga yang disalurkan menuju roda menjadi berkurang. Bahkan kabar buruknya adalah, kampas kopling yang habis membuat konsumsi bahan bakar menjadi semakin boros.

Kampas kopling mobil memiliki usia pakai dan hal tersebut bergantung pada waktu dan jarak tempuh dari mobil. Dalam kondisi normal, kampas kopling mobil harus diganti setelah menempuh jarak 20.000 km. Jika sudah mencapai angka tersebut maka mulai terlihat gejala-gejala kampas kopling mobil habis. Namun, biasanya karena faktor-faktor tertentu membuat gejala kopling mobil habis bahkan sebelum waktunya. Terkadang ini dikarenakan cara penggunaan kopling yang kurang tepat sehingga menyebabkan kampas kopling menjadi cepat habis.

Berikut ini ada beberapa penyebab kampas kopling mobil cepat habis, bahkan sebelum mencapai usia pakai normalnya:

  1. Meletakkan Kaki di atas Pedal Kopling Meski Tidak Digunakan

Kebiasaan ini seperti mungkin banyak dilakukan pengemudia mobil, terutama bagi pengendara-pengendara baru. Namun cara ini sebenarnya sangat salah untuk diterapkan, apalagi jika anda terlalu sering menempatkan kaki diatas peda kopling meskipun sedang tidak menggunakannya.

Hal ini lambat laun akan mempercepat keausan pada kampas kopling dan release bearing karena secara tidak langsung anda akan melakukan penekanan pada kopling secara terus menerus. Sebaiknya jika kopling mobil sedang tidak gunakan, hindari untuk menaruh kaki diatas pedal kopling. Hal ini akan membuat kampas kopling menjadi lebih awet dan usia penggunaan lebih lama, bahkan kaki anda tidak akan merasa pegal saat mengemudi.

  1. Menginjak atau Melepas Pedal Kopling Dengan Kasar

Penyebab kampas kopling mobil cepat habis lainnya bisa dikarenakan kebiasaan anda yang menginjak maupun melepas pedal kopling dengan kasar. ketika transmisi belum berpindah dengan penuh, pengemudi biasanya sudah melepaskan pedal kopling. Saat hal ini terjadi maka akan muncul seperti bunyi yang cukup kasar pada sistem transmisi mobil Anda.

  1. Menginjak Pedal Kopling Setengah Setangah

Penyebab lainnya dapat dikarenakan kebiasaan pengguna mobil yang menginjak pedal kopling setengah-setengah. Biasanya hal ini sering dilakukan ketika berada di jalanan tanjakan ataupun kemacetan. Namun justru hal ini yang membuat keausan pada kampas kopling menjadi lebih cepat. Bahkan tak hanya kampas kopling saja, komponen lainnya seperti clutch cover juga akan mengalami penipisan.

Apabila ingin membuat kampas kopling tidak begitu cepat habis maka solusinya adalah mengurangi ketiga kebiasaan tersebut.

UPDATE TERBARU

Related news

Tips, Riding Off-Road Bersama Yamaha WR 155 R

Otomotif1.com - Yamaha WR 155 R menjadi pilihan yang pas untuk menemani pecinta adventure Tanah Air. Agar pengalaman berkendara bersama WR 155 R lebih menyenangkan...

Mitsubishi Berbagi Tips, Pengecekan dan Perawatan Ban Mobil untuk Kondisi Optimal

Otomotif1.com – Ban mobil mungkin menjadi salah satu komponen yang sering luput dari pengecekan pengguna. Padahal komponen ini memiliki peran vital pada perjalanan dan...

Mobil Lama Terpakir, Begini Tips Mengganti Oli Mobil untuk Siap Hadapi New Normal Adventure

Otomotif1.com - Memasuki fase transisi di era kehidupan baru dibutuhkan berbagai persiapan baik kesehatan diri sendiri maun kondisi kendaraan yang harus tetap prima untuk...

Ini Dia Penyebab Air Bisa Masuk ke Dalam Lampu Besar Mobil

Otomotif1.com - Sebagai salah fitur penting bagi kendaraan, lampu ibarat mata yang memberikan rasa aman dan nyaman ketika berkendara di malam hari, sehingga lampu menjadi...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here