Penyebab Mesin Mobil Sering Mati Mendadak Saat Dikendarai

Berkendara jadi tidak nyaman karena mobil sering mati mendadak? Memang penting rasanya bagi setiap pemilik mobil untuk selalu dirawat agar kinerja mesin maksimal dan terhindar dari bermacam resiko kerusakan. Salah satu masalah yang diakibatkan dari mesin yang kurang dirawat adalah mesin mobil sering mati mendadak saat dikendarai.

Tentu saja hal seperti ini tidak dapat dibiarkan terus menerus. Penting untuk mengetahui penyebabnya dan mencari solusi mengatasinya.

Lantas apa yang menjadi penyebab mesin mobil yang sering mati mendadak? Bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini penjelasannya:

  1. Tidak Ada Suplai Bahan Bakar Ke Mesin

Jika supply bahan bakar yang menuju mesin terganggu bahkan tidak ada, maka tentu saja akan  menyebabkan mesin mobil menjadi mati mendadak saat dikendarai. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi hal ini.

Salah satu nya yaitu indikator bbm yang mengalami error dan menipu pengendara. Misalnya anda melihat jika indikator bbm anda penuh, namun ternyata bahan bakar yang ada di dalam tangki sudah habis.

Hal ini umumnya disebabkan karena pelampung bahan bakar yang mengalami kemacetan akibat penyok atau benturan. Selain itu pompa bensin yang rusak juga seringkali membuat bahan bakar tidak dapat naik ke mesin. Sedangkan untuk mobil injeksi, bisa jadi ini disebabkan karena immobilizer sehingga membuat injektor tidak dapat menghembuskan bahan bakar menuju mesin mobil.

  1. Mesin Mobil Mengalami Overheat

Mesin mobil yang mengalami panas terlalu tinggi atau overheat  juga dapat menyebabkan mobil tiba-tiba mati mendadak saat dikendarai. Pada kasus-kasus umumnya, mesin mobil cepat panas bisa terjadi karena mobil yang dipaksa bekerja keras non stop 1-2 hari.

Sehingga jika anda menggunakan mobil terus menerus, maka usahakan untuk mengecek temperatur agar jangan sampai melebihi 3/4. Mesin mobil yang overheat dapat menyebabkan mesin mati mendadak dan beresiko menimbulkan kerusakan pada komponen-komponen lainnya di dalam mesin.

  1. Kerusakan Pada Radiator

Di saat suhu mesin meningkat, maka radiator akan mendinginkannya agar tidak terjadi overheat. Namun jika kondisi radiator rusak, maka tentu saja akan menyebabkan mesin menjadi panas dan mati mendadak saat dikendarai.

Ada 2 hal yang dapat menyebabkan kondisi radiator rusak, yang pertama adalah kerusakan pada kipas radiator. Jika kipas radiator rusak, maka akan menyebabkan mesin menjadi cepat panas. Untuk itu cek putaran kipas, apakah berputar atau tidak. Jika tidak, maka segera lakukan perbaikan dengan mengganti kipas radiator.

Selain itu, air radiator yang habis juga dapat membuat mobil menjadi panas dan membuat mesin mati mendadak. Untuk itu cek selalu volume air radiator mobil anda. Jangan sampai kurang atau bahkan habis.

  1. Gangguan Sistem Kelistrikan

Jika sistem kelistrikan mobil terganggu, maka akan menyebabkan arus listrik yang menuju koil menjadi tersendat atau hilang. Arus listrik ini lah yang membuat bunga api, jika sistem kelistrikan mati maka akan menyebabkan sistem pengapian ikut mati. Sehingga tidak ada pembakaran yang terjadi di dalam mesin mobil.

Sistem kelistrikan mobil berkaitan erat dengan aki mobil. Untuk itu pastikan memilih aki mobil yang bagus dan sesuai dengan spesifikasi mobil.

Selain itu, pastikan jika tegangan aki berada di rentang 12-13 volt sehingga kualitas listrik yang dihasilkan menuju koil juga baikdan menyebabkan komponen mobil lainnya berjalan dengan baik pula.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here