Penyebab Mobil Berasap yang Wajib Diketahui

Pernah melihat sebuah mobil mengeluarkan asap? Sangatlah mengganggu dan membuat tidak nyaman bukan?  Selain itu juga salah satu faktor yang menyebabkan polusi udara. Kita mungkin sering menemui kasus sebuah mobil mengeluarkan asap putih atau asap hitam dari ujung knalpotnya atau bahkan, kasus tersebut anda alami pada kendaraan pribadi anda.

Jika hal tersebut terjadi, maka anda perlu memeriksa keadaan mobil anda dan  memastikan apakah terjadi kerusakan pada mesin mobil anda atau tidak. Karena mungkin seringkali anda mengabaikan keberadaan asap berwarna yang keluar dari knalpot mobil anda atau knalpot milik orang lain. Kemudian anda hanya berpikir bahwa asap knalpot berwarna hitamlah yang bermasalah.

Nah, pada artikel ini kita akan membahas penyebab mobil berasap. Berikut penjelasannya!

  1. Asap berwarna hitam

Penyebabnya, ialah:

  • Adanya kelebihan bahan bakar yang masuk ke ruang silinder. Bahan bakar tersebut tidak dapat dibakar sepenuhnya di ruang bakar. Jika asap hitam keluar dari knalpot, maka akan mengakibatkan anda merasakan mobil tersebut sangat boros bahan bakar.
  • Karburator yang tidak distel dengan baik. Fuel pump yang rusak dan sensor bahan bakar yang kacau sehingga akan mengakibatkan ECU menyemprotkan bahan bakar lebih banyak.
  1. Asap berwarna biru

Penyebabnya, ialah:

  • Setetes oli yang masuk ke dalam ruang bakar akan menghasilkan asap berwarna biru dari knalpot. Asap biru ini banyak dijumpai pada mobil yang sudah diatas 5 tahun atau mobil berjarak tempuh tinggi.
  • Oli mesin masuk ke ruang silinder lewat berbagai jalan. Di antaranya adalah seal, gasket, o-ring yang berfungsi untuk mencegah oli masuk ke dalam ruang silinder. Biasanya kerusakan terjadi pada seal yang telah getas atau ring piston yang rusak. Apabila oli yang masuk ke ruang silinder menyebabkan busi yang basah, maka akan mengakibatkan kesalahan pengapian dan menyebabkan silinder yang bersangkutan tidak menghasilkan pembakaran yang sempurna.

Baca juga: Cara Merawat Mobil Baru

  1. Asap berwarna putih

Jika Knalpot mobil anda mengeluarkan asap putih tipis ini tidak menandakan mobil dalam bermasalah. Sifat asap ini adalah sementara dan akan hilang dengan sendirinya karena asap putih yang timbul adalah akibat kondensansi terutama ditengah-tengah udara dingin. Anda tidak perlu khawatir akan hal ini.

Namun, apabila anda menjumpai ada asap berwarna putih tebal dan diikuti dengan tanda bau hangus, suara knocking atau ticking, suhu mesin yang panas dipantau dari jarum indikator, getaran mesin yang berlebihan dan keberadaan oli yang cepat habis maka anda harus memeriksa keadaan mobil anda. Adapun penyebabnya yaitu :

  • Air Coolant yang terbakar di dalam mesin. Air coolant berfungsi untuk menjaga temperatur mesin supaya tetap stabil. Namun jika cairan ini  masuk ke mesin karena suatu hal seperti adanya kerusakan pada packing head dan silinder head, bahkan keretakan pada mesin. Maka air coolant tersebut akan ikut terbakar sehingga akan mengeluarkan asap putih.
  • Adanya kerusakan pada PCV (Positif Crankcase Ventilation). Fungsi PCV adalah menghisap udara panas dari mesin ke intake manifold. Jika terjadi kerusakan maka uap oli juga akan terhisap ke arah intake manifold sehingga knalpot mengeluarkan asap berwarna putih.

Baca Juga: Pemilihan Bahan Bakar yang Tepat

Nah, artikel di atas telah menjelaskan penyebab mobil berasap. Untuk itu kenali lebih dini kerusakan yang terjadi pada mesin mobil anda. Semoga bermanfaat!

UPDATE TERBARU

Related news

Hati-Hati Jika Ingin Memodifikasi Ban Pada Kendaraan Anda! Bisa Berakibat Fatal Saat Berkendara

Otomotif1.com l – Penggunaan ban bagi sebagian orang seringkali dianggap sebagai hal yang biasa-biasa saja. Perhatian dan pengetahuan tentang ban tidak banyak dimiliki oleh kebanyakan...

Hadapi Musim Penghujan, Mulailah Lakukan Pengecekan Kendaraan dan Persiapan Berkendara Saat Hujan

Otomotif1.com – Beberapa bulan ini beberapa wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Ketika memasuki musim hujan tentu ada hal yang perlu disiapkan sebelum...

Tips Berkendara Aman Melewati Genangan di Kala Musim Penghujan dari Mitsubishi

Otomotif1.com – Berbagai wilayah di Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan, akibatnya ketika hujan lebat terdapat area yang tergenang banjir. Berkendara di tengah guyuran...

Berkendara Aman dan Nyaman Saat Hujan Untuk Sahabat Daihatsu

Otomotif1.com l – Saat ini disebagian besar wilayah Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan, intensitas hujan yang tinggi mengharuskan pengendara untuk lebih berhati-hati dalam...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here