Penyebab Mobil Bergoyang Saat Jalan dan Cara Mengatasi

Dalam berkendara, kita pasti pernah merasakan bahwa mobil yang kita naiki terasa limbung atau bergoyang. Hal ini tentunya menimbulkan ketidaknyamanan. Hal terparah yang bisa terjadi adalah dapat menyebabkan resiko kecelakaan yang mungkin saja bisa terjadi. Sehingga kondisi mobil yang bergoyang saat dikendarai inii tidak bisa dibiarkan begitu saja karena tentunya akan sangat membahayakan. Ada beberapa penyebabnya, yaitu:

  1. Masalah Pada Mesin

Hal yang paling utama terjadi dikarenakan kerusakan pada mesin kendaraan. Kondisi mesin yang bergetar ini bahkan dapat membuat mobil yang baru sekalipun dapat terasa limbung ketika dikendarai. Hal ini dipicu karena proses pembakaran yang tidak sempurna akibat kombinasi udara dan bahan bakar yang tidak seimbang di dalamnya.

Penyebab lainnya bisa jadi dikarenakan tekanan bahan bakar yang kurang memadai di dalam ruang bahan bakar. Untuk mengetahui kondisinya, sebaiknya dilakukan pengecekan dengan melihat langsung pada kondisi busi dan aki. Pastikan tidak terdapat percikan api di sekitar 2 komponen tersebut.

Lalu, kerusakan bagian mesin lainnya juga bisa dikarenakan komponen EM yang mungkin sudah lama digunakan. Apalagi jika akselerasi dan deselerasi sering dilakukan secara tiba-tiba, hal ini mengakibatkan kerja EM menjadi terlalu ekstra untuk bisa menahan gerakan. Untuk mengatasi hal ini maka tentu saja teknik mengendarai yang anda lakukan juga perlu diperhatikan sehingga tidak merusak komponen-komponen di dalam mesin. Selain itu, anda harus mengerti bagaimaa cara merawat mobil dengan baik.

  1. Kondisi Permukaan Ban Sudah Tidak Mulus

Kondisi ini lah yang memicu mobil terasa bergoyang ketika dikendarai terutama saat kecepatan tinggi. Penyebabnya dikarenakan adanya benjolan yang ada pada permukaan ban mobil. Biasanya disebabkan oleh ban mobil menghantam benda yang keras saat kecepatan tinggi sehingga menimbulkan adanya gelombang pada bagian permukaan ban.

Solusi satu-satunya adalah dengan mengganti ban mobil dengan yang baru jika memang kondisinya sudah kurang baik. Selain itu penting melakukan perawatan untuk ban mobil guna mencegah kondisi tersebut terjadi apda mobil anda.

Merawat ban mobil sebenarnya sangat mudah, anda hanya perlu mengendarai mobil dengan benar. Jangan lupa untuk melakukan spooring dan balancing serta selalu jaga tekanan ban mobil dalam kondisi ideal.

  1. Masalah Pada Roda

Bagian yang bermasalah mungkin saja pada bagian roda. Biasanya ini dikarekanakan salah satu roda atau lebih menahan beban berlebihan. Untuk mengatasi hal ini diperlukan penggantian pada bantalan roda. Pada mobil-mobil modern saat ini, bantalan roda yang digunakan ditujukan agar dapat memperpanjang usia mobil. Bantalan yang rusak biasanya dikarenakan medan yang buruk sehingga membuat bantalan menjadi cepat aus.

Penting pula untuk mengecek seberapa banyak roda yang menyimpang dari rotasi lingkaran sempurna ketika berputar. Teknisi biasanya menggunakan instrumen yang presisi agar tepat dalam menentukan jarak setiap roda. Penyebab lainnya bisa jadi dikarenakan ball joint yang sudah aus menyebabkan roda menjadi tidak sempurna lagi. Sehingga membuat kondisi mobil menjadi oleng. Jika kondisi kerusakan sudah terlanjut parah, maka tidak ada salahnya untuk mengganti roda mobil yang rusak.

  1. Masalah Pada Poros Roda

Penyebab mobil bergoyang lainnya bisa jadi dikarenakan kondisi poros roda yang sudah tidak lurus lagi. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya tabrakan atau kecelakaan yang pernah dialami mobil. Sehingga bagi anda yang berkeinginan membeli mobil bekas, penting untuk tahu ciri-ciri mobil bekas tabrakan agar tidak beresiko dikemudian harinya.

Getaran atau goyangan mobil tersebut juga akan bertambah parah seiring dengan kecepatan mobil. Masalah ini biasanya terkait dengan kondisi gardan sehingga penting dilakukan pemeriksaan rutin. Gardan berputar cepat memberikan dorongan pada bagian as roda. Jika bentuk nya tidak normal lagi, maka menyebabkan getaran akan sangat terasa ketika mobil dikendarai.

  1. Kondisi Rem Terlalu Keras

Seiring dengan usia pakai, tentu saja komponen rem akan mengalami perubahan bentuk, misalnya bergelombang. Kondisi ini mengakibatkan getaran yang kuat saat menginjak pedal rem sehingga terasa getaran saat mobil dikendarai. Untuk mengatasi nya, maka segera lakukan penggatian kampas rem mobil dengan yang baru. Sebisa mungkin pilih kampas rem dengan tekstur yang lunak. Hindari penggunaan kampas rem yang terlalu keras karena bisa merusak piringan cakram.

  1. Velg Mobil

Velg mobil yang rusak bisa diakibatkan karena benturan dengan benda yang keras atau berkarat. Jika mobil pernah terguling sebelumnya pada bagian sisi luar akan mengalami perubahan bentuk yang diakibatkan benturan.

Sekalipun diperbaiki, namun tetap saja tidak bisa kembali seperti semula. Kondisi velg seperti ini akan sulit untuk dibalance. Jika dipaksa untuk digunakan terus menerus akan terasa meliuk-liuk yang mana membahayakan saat dikendarai. Untuk mengatasinya, maka disarankan untuk segera mengganti dengan velg yang baru.

Velg yang rusak juga bisa dikarenakan usia penggunaan yang sudah lama sehingga menyebabkan velg berkarat bahkan hingga berlubang. Lubang-lubang ini lah yang akan menyebabkan perubahan bentuk. Sisi dekat yang ada pada bagian baut roda sudah tidak bisa rata kembali. Sehingga solusi satu-satunya untuk memperbaikinya adalah dengan membawa mobil ke bengkel las dengan mesin bubut sehingga nantinya perbaikan velg dapat lebih baik lagi.

Demikian artkel terkait penyebab mobil bergoyang. Semoga pembaca dapat mengambil manfaat dari artikel ini!

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here