Inilah Penyebab Mobil Cepat Panas yang Wajib Anda Ketahui

Pernahkah anda merasakan jika kendaraan anda menjadi cepat panas ataupun suhu temperature mesin menjadi sangat panas? Jika hal ini pernah terjadi pada mobil anda, tentu saja anda tidak boleh meremehkannya.

Kondisi mobil yang sangat panas seperti itu, dapat menyebabkan mesin berhenti dan tentu saja hal itu akan membahayakan keselamatan anda sendiri. Umumnya, ini disebabkan karena usia mobil yang terlalu tua untuk dioperasikan tapi ada juga sebab-sebab yang lainnya. Berikut ini adalah sebab-sebab mobil anda cepat panas :

  1. Radiator dan Selang

http://www.salessuzukimedan.com

Salah satu sebab mengapa mobil anda cepat panas adalah kondisi radiator yang bocor. Untuk itu pastikan jika radiator dan selang radiator dalam kondisi yang baik dan juga tidak tersumbat.

Jika radiator mobil anda mengalami kerusakan yang membuat mesin menjadi cepat panas, maka akan lebih baik jika anda membawa mobil ke bengkel spesialis radiator untuk mengatasi kerusakan pada komponen didalam radiator.

Baca Juga ( Penyebab Mobil Bergoyang Saat Jalan )

  1. Cairan Radiator

automotivexist.blogspot.co.id

Penyebab mesin mobil anda cepat panas yang lainnya adalah penggunaan cairan radiator yang tidak tepat. Jika anda menggunakan air biasa ataupun air sumur untuk mengisi radiator, tentu saja radiator akan kotor nantinya. Hal ini dikarenakan banyaknya logam dan juga mineral maupun unsur-unsur lainnya yang dapat menyebabkan kerak pada elemen radiator.

Untuk itu, akan lebih baik jika anda menggunakan air radiator khusus sebagai pengisi radiator mobil anda. Jika anda memang bersikeras tetap ingin menggunakan air biasa maka ganti airnya secara rutin dalam waktu 5 minggu sekali.

Namun jika anda terbiasa menggunakan air biasa untuk mengisi radiator lalu tiba-tiba ingin menggunakan air khusus radiator, ada hal-hal yang perlu anda perhatikan. Hal ini karena kerak yang terdapat didalam radiator akan rontok bila terkena cairan khusus radiator. Sehingga akan menyebabkan kinerja radiator tidak akan maksimal. Untuk itu bersihkan terlebih dahulu radiator mobil anda sebelum menggantinya dengan air radiator lainnya.

Dan jangan lupa lakukan penggantian air pada radiator setiap 20.000 km dan juga menggunakan cairan anti karat. Bila kondisinya terlalu parah, anda juga bisa mengganti kisi-kisi pada radiator.

  1. Kualitas Oli yang Digunakan

www.apritos.com

Penyebab selanjutnya adalah oli yang digunakan mobil anda. Oli yang memiliki kualitas rendah akan mudah menyebabkan overheating pada mesin dan dapat mengakibatkan mobil menjadi mati mendadak. Ini dikarenakan karena oli tersebut tidak memiliki kemampuan untuk menahan panas yang berlebih.

  1. Kipas Trouble

Kondisi kipas radiator yang tidak bekerja dengan normal, tentunya akan membuat sensor switching tidak dapat membaca tindakan. Ini akan membuat panas mobil anda.

Misalnya saja yang seharusnya switching dapat menerima sensor yang dapat menyalakan kipas pendingin namun karena sensor tidak bekerja maka tentu saja kipas pendingin tidak berputar.

Untuk itu, rutin periksa selalu kondisi kipas radiator anda, lakukan pengecekan serta bersihkan dari hal-hal yang mengganggu seperti debu, kotoran dan lain sebagainya.

  1. Kondisi Thermostat Rusak

Penyebab selanjutnya adalah saat kondisi Thermostat rusak. Thermostat sendiri merupakan pengukur suhu yang ada didalam mesin mobil.

Jika ini rusak, maka tentu saja akan membuat pengukuran temperatur mesin menjadi tidak tepat. Untuk itu, lakukan pengecekan berkala untuk mengetahui kondisi Thermostat anda dalam kondisi baik-baik saja.

  1. Kadar Oktan BBM Tidak Sesuai

Ini penyebab yang sering menyebabkan mobil anda panas. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai tentunya akan membuat mesin anda cepat panas. Hal ini dikarenakan kadar oktan bahan bakar yang tak sesuai dengan mobil sehingga mengakibatkan mobil knocking. Sehingga jika dibiarkan terus menerus akan membuat mobil menjadi cepat panas. Untuk mengatasinya tentu saja anda harus menggunakan BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil anda.

Baca Juga ( Tips Merawat Ban Mobil Paling Mudah dan Tepat )

 

Nah, itu tadi beberapa penyebab mobil anda cepat panas. Setelah tahu penyebabnya, anda bisa mengantisipasi dengan benar, agar mobil anda tidak cepat panas saat dikendarai nantinya, terlebih saat perjalanan jauh. Terima Kasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel di otomotif1. Tunggu artikel-artikel luar biasa selanjutnya. Salam.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here