7 Penyebab Rem Cakram Seret dan Cara Mengatasinya

Pada Mobil, fungsi rem terbilang sangat vital. Hal ini karena fungsi rem yang berkaitan dengan keselamatan saat berkendara. Untuk itu lah penting melakukan perawatan rutin pada komponen sistem pengereman mobil agar kondisinya tetap terjaga dengan baik. Namun sama halnya seperti komponen lainnya, komponen rem juga bisa mengalami kendala atau masalah jika tidak dirawat dengan baik. Salah satunya yang sering terjadi adalah kondisi rem cakram seret. Masalah seperti ini tentunya akan sangat membahayakan bagi pengendara.

Lalu apa yang menjadi penyebab rem menjadi seret? Bagaimana cara memperbaiki rem cakram mobil lengket atau seret? Nah, berikut ini penjelasannya:

  1. Piston Berkarat

Piston berkarat menjadi salah satu penyebab yang sering membuat rem menjadi macet dan seret. Minimnya perawatan yang dilakukan pada komponen ini memang cukup dapat membawa masalah yang serius. Misalnya saja karet penutup piston yang rusak dan robek. Hal tersbut akan menyebabkan kondisi piston rem menjadi karat dan lengket. Kondisi seperti ini menyebabkan piston tidak bisa kembali ke posisinya yang semula karena lengket dan membuat piston akan terus menerus mendorong kampas rem. Sehingga, sudah seharusnya sebagai pemilik mobil melakukan pengecekan secara rutin pada bagian komponen rem Jika terjadi kerusakan maka sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk dilakukan perbaikan dan pergantian.

  1. Pen Kaliper Rem Macet

Penyebab rem cakram seret lainnya dapat dikarekana pen kaliper rem yang macet. Fungsi dari pen kapiler adalah sebagai tempat dudukan rumah piston yang bekerja maju dan mundur ketika pedal rem ditekan. Jika kondisi pen kalipernya macet, maka sama halnya dengan masalah pada piston sebelumnya yaitu rumah piston tidak dapat kembali ke posisi awal saat pengereman terjadi yang mana menyebabkan piston akan ditekan secara terus menerus. Jika kerusakan ini terjadi maka segera membawanya ke bengkel untuk mengganti dan memperbaikinya dengan komponen yang baru.

  1. Kampas Rem Mobil Habis

Kondisi kampas rem juga sangat berpengaruh pada kualitas rem. Jika kondisi kampas rem sudah habis hingga logam kampas rem bersentuhan secara langsung dengan piringan rem cakram, bahkan hingga mengeluarkan asap tentu saja hal ini akan menyebabkan rem cakram menjadi macet ketika digunakan. Kondisi ini menyebabkan cakram pada rem menjadi rusak dan bermasalah. Mungkin masih bisa dilakukan pembubutan pada permukaan disc rem, namun jika kerusakannya cukup parah maka harus dilakukan penggantian dengan komponen yang baru agar tidak menganggu kinerja komponen lainnya.

  1. Selang Fleksibel Rem Yang Macet

Penyebab yang lainnya ialah pada selang fleksibel rem. Selang ini merupakan selang minyak rem yang mana berada di dalam kaliper rem. Selang ini haruslah bertahan dalam tekanan yang tinggi. Meskipun kasus seperti ini jarang terjadi, namun selang rem yang macet juga bisa menjadi penyebab jika rem cakram menjadi seret digunakan. Untuk mengatasi hal ini maka segeralah untuk mengganti komponen selang ini dan jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara rutin.

  1. Pushrod Rem Menekan Terlalu Maju

Hal ini memang sering terjadi dan hanya terjadi dalam beberapa kasus saja. Pushrod rem sebenarnya tidak dapat dirubah apabila sebelumnya tidak distel. Sehingga, penting untuk mengetahui bagaimana cara menyetel rem cakram. Jika kondisi pushrod ini terlalu maju sehingga saat pedal rem tidak ditekan sekalipun maka pushrod tetap akan mendorong piston yang terdapat pada master rem yang membuat seolah olah rem tetap terus bekerja hingga macet. Tidak hanya rem depan, bahkan rem belakang juga akan mengalami kemacetan.

  1. Jarak Bebas antara Pedal Rem Rapat 

Penyetelan rem yang tidak tepat juga bisa menjadi masalah tersendiri bagi sistem pengereman mobil. Hal ini dapat menyebabkan rem tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini juga bisa disebabkan switch lampu rem yang kurang terlalu masuk serta menekan ruas pedalm rem.

Bila jarak bebas ini terlalu rapat maka dapat menyebabkan cairan hidrolik yang ada di dalam rem dapat tertahan dan menyebabkan menekan sistem pengereman. Untuk memperbaiki masalah ini, maka lakukan penyetelan ulang pada rem cakram mobil. Lakukan penterelan yang membuatnya ada jarak bebas di antara pedal  rem.

  1. Master Rem Macet

Jika master rem mobil mengalami kemacetan, maka tentunya saja akan menyebabkan roda menjadi sulit untuk bergerak. Hal ini biasanya terjadi jika master pada mobil anda jarang sekali dibersihkan dan lama tidak dibuka. Selain itu rem yang sering kali terendam air juga menyebabkan kerusakan pada rem cakram. Hal ini biasa terjadi pada mobil-mobil yang sering berkendara di daerah banjir. Sebenarnya master rem jarang sekali mengalami masalah jika karet penutup dan penahan debu di dalamnya tidak rusak atau robek. Sehingga pastikan kondisi master rem mobil tetap dalam keadaan baik. Jika memang kondisinya rusak atau sobek, maka segera lakukan penggantian dengan komponen yang baru.

Di atas telah dijelaskan apa saja kondisi yang dapat menyebabkan rem cakram macet pada mobil. Segera perbaiki apabila terjadi hal-hal yang tidak biasa di kondisi rem anda. Anda dapat membawanya ke bengkel untuk penanganan lebih lanjut. Jangan membiarkan kondisinya semakin parah, sebab akan memperparah kondisi rem anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda! Salam otomotif!

UPDATE TERBARU

Related news

Hati-Hati Jika Ingin Memodifikasi Ban Pada Kendaraan Anda! Bisa Berakibat Fatal Saat Berkendara

Otomotif1.com l – Penggunaan ban bagi sebagian orang seringkali dianggap sebagai hal yang biasa-biasa saja. Perhatian dan pengetahuan tentang ban tidak banyak dimiliki oleh kebanyakan...

Hadapi Musim Penghujan, Mulailah Lakukan Pengecekan Kendaraan dan Persiapan Berkendara Saat Hujan

Otomotif1.com – Beberapa bulan ini beberapa wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Ketika memasuki musim hujan tentu ada hal yang perlu disiapkan sebelum...

Tips Berkendara Aman Melewati Genangan di Kala Musim Penghujan dari Mitsubishi

Otomotif1.com – Berbagai wilayah di Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan, akibatnya ketika hujan lebat terdapat area yang tergenang banjir. Berkendara di tengah guyuran...

Berkendara Aman dan Nyaman Saat Hujan Untuk Sahabat Daihatsu

Otomotif1.com l – Saat ini disebagian besar wilayah Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan, intensitas hujan yang tinggi mengharuskan pengendara untuk lebih berhati-hati dalam...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here