Penyebab Rem Tromol Macet yang Perlu Diketahui

Rem dapat membantu pengemudi dalam mengendalikan laju kendaraan, mengurangi kecepatan, dan menghentikan laju kendaraan jika diperlukan. Terdapat beberapa jenis rem yang dikenal dalam kendaraan. Diantaranya adalah rem cakram dan rem tromol.

Rem cakram merupakan tipe rem yang menggunakan kaliper dalam menjepit sepasang cakram pada roda atau yang biasa disebut rotor untuk menciptakan gaya gesek. Gaya gesek inilah yang akan menghambat rotasi ban sewaktu berputar.

Sebenarnya rem cakram dan rem tromol tidak terlalu jauh berbeda cara kerjanya. Namun, rem tromol bekerja atas dasar gesekan antara kapas rem dan tromolnya. Ketika pedal rem diinjak, kampas rem akan menahan laju tromol hingga kendaraan melambat. Rem cakram dianggap lebih pakem dibanding dengan rem tromol karena rem cakram menjepit rotor kendaraan secara langsung.

Baik rem tromol maupun rem cakram akan menurun fungsinya jika digunakan terus menerus. Selain itu, masalah yang sering terjadi pada rem tromol adalah rem tromol yang macet. Artikel ini akan mengulas lebih jauh mengenai Penyebab Rem Tromol Macet.

Tanda-Tanda Rem Tromol Macet

  • Terasa janggal ketika pedal rem diinjak
  • Terdengar bunyi gesekkan ketika menginjak pedal rem
  • Rem tangan yang kendur

Penyebab Rem Tromol Macet

  1. Terhambat Kotoran

Kotoran seperti lumpur yang sudah menumpuk pada sistem rem maupun roda, akan sangat menghambat sistem rem itu sendiri dan laju kendaraannya. Oleh karena itu, sistem rem kendaraan perlu dibersihkan secara rutin agar dapat bersih dari berbagai kotoran yang mungkin menumpuk.

  1. Terpapar Air Hujan Terus-Menerus

Air hujan memiliki sifat korosif. Sehingga jika ban mobil terus-menerus terpapar air hujan, kemungkinan terjadinya karat akan semakin besar.

Karat ini yang akan menghambat kinerja roda maupun rem tromol. Untuk mencegah korosi, yang dapat dilakukan adalah mencuci mobil dengan air bersih agar zat asam air hujan yang menempel pada roda dan perangkat rem dapat dihilangkan.

  1. Lama Tidak Digunakan

Selain itul, kendaraan yang sudah tidak lama digunakan dapat menimbulkan kemacetan pada rem dan laju kendaraan. Alasannya karena cairan hidrolik penggerak piston akan menimbulkan korosi dan mengerak jika dibiarkan terus menerus.

  1. Lama Tidak Diganti

Jika kendaraan Anda sudah berumur di atas 8 tahun, ada baiknya Anda segera mengganti rem atau melakukan perawatan terhadap rem tersebut. Agar rem dapat berfungsi lagi seperti semula.

Untuk itu, setelah mengetahui beberapa penyebab rem tromol macet, sebaiknya pemilik mobil segera memperbaikinya agar kerusakan tidak semakin parah dan tidak lupa untuk merawat mobil dengan benar.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here