Perang Duo China di Indonesia, Sama-sama Bermesin Turbo Ini Dia Komparasi DFSK i-Auto dan MG HS

Foto : Istimewa

Otomotif1.com – Persaingan kendaraan di kelas SUV semakin jelas kentara. MG Motor Indonesia sebagai pendatang baru di industri otomotif tanah air, nampaknya harus memiliki strategi jitu untuk bisa merebut pasar di segmen SUV menengah menengah ini, karena pada segmen ini persaingan begitu keras.

MG Motor Indonesia yan rencananya akan mengeluarkan produk keduanya yaitu MG HS, nampaknya harus siap bersaing dengan DFKS i-auto yang juga akan meluncur di tahun ini.

Keduanya sama-sama mengusung mesin turbo dengan beragam teknologi di dalamnya. Sama-sama berada di segmen menengah sebagai kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV).

Apa saja sih kelebihan dari kedua kendaraan yang sama-sama Blasteran Cina ini, mari kita simak di bawah ini.

DFSK Glory i-Auto

Teknologi Voice Command yang disematkan pada DFSK i-auto adalah salah satu produk unggulan dalam jajaran mobil pintar DFSK, yang mengakumulasikan teknologi baru dengan kecerdasan mobil yang membuat cara berkendara menjadi atraktif.

Hanya dengan perintah suara, setidaknya ada lima kategori suara control yaitu untuk fungsi mobil, multimedia, menjawab panggilan, navigasi suara dan Bluetooth.

Dengan teknologi voice command, pengemudi dan penumpang DFSK i-auto dapat mengontrol perangkat elektronik yang sesuai di dalam mobil dengan serangkaian perintah suara seperti “Open Sunroof”, “Turn On GPS” dan “Close Window”. Selain itu, dapat secara cerdas mengenali instruksi lainnya seperti “Terlalu panas” dan menjalankannya dengan cepat dan akurat.

Interior.

Tidak sekadar menampilkan fitur canggih dan lengkap di kelasnya, DFSK Glory i-Auto juga ditunjang dengan desain elegan dan modern yang sudah disesuaikan dengan karakteristik konsumennya. Seluruh panel instrumen mengadopsi gaya desain interior unik DFSK “Premium Soft Touch Interior”, yang lembut dan nyaman saat disentuh.

Panel Instrument

Selain fitur i-Talk, DFSK Glory i-Auto juga dilengkapi dengan New LED Headlights with Auto Lights yang hidup secara otomatis saat kondisi gelap, Sequential Turn Signal dengan respon yang lebih cepat dan desain yang atraktif, Auto Wiper with Rain Sensor yang otomatis bekerja saat hujan, Foot Operated Tailgate yang berfungsi untuk membuka pintu bagasi dengan mengarahkan kaki ke bagian  bawah bumper, kemudian 360 Degrees Surround View Camera yang bisa memberikan kemudahan saat melihat area sekitar kendaraan, floating head unit 6,9 inci dengan menu-menu hiburan yang dibutuhkan selama perjalanan, Auto AC with Climate Control System dengan pengaturan secara otomatis, Cruise Control untuk menjaga kecepatan kendaraan secara konstan, Electronic Stability Program (ESP) terbaru yang dilengkapi dengan Anti-Lock Brake System, Electronic Brake Distribution, Traction Control System, dan Hill Hold Control, hingga Sensor parkir di depan dan belakang.

Mesin

Glory i-Auto menggendong mesin 1.5L turbocharged + kombinasi daya CVT, dengan horse power maksimum 150ps, torsi maksimum 220 rpm, dengan daya yang kuat dan putaran yang halus, kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai kondisi jalan kompleks telah ditingkatkan secara komprehensif.

Foto : MG HS

 

MG Motor Indonesia MG HS

MG Motor Indonesia sebagai pendatang baru dalam waktu dekat akan meluncurkan SUV terbarunya untuk kelas milenial ke atas, yaitu MG HS.

Jika melihat tampilan fisik dari model HS 2020 memang agak mirip dengan SUV Mazda, hal ini bisa dilihat dari tampilan kisi-kisi depan bergaya titik-titik, sorot lampu depan dengan model sedikit meruncing.

Foto : Autovaganza

 

Interior

Jika melihat dari tampilan foto yang disampaikan pihak MG Motor Indonesia, interior MG HS banyak dibalut lapisan kulit lembut alias softtouch. Hal ini bisa dilihat pada bagian atas meters cluster dan tepi atas panel pintu. Dan nampaknya ada beberapa material lapis sintesis sebagai penyusun ruang dalam yang dipadu dengan dua warna hitam dan merah.

Panel Instrumen

Fitur yang disematkan pada MG HS, sebenarnya banyak digunakan pada mobil premium. Contohnya saja kita bisa mengakses beragam info kondisi mobil, mulai dari kecepatan, jarak tempuh, penggunaan rata-rata bahan bakar, pencahayaan, suhu mesin, info mode berkendara, penunjuk waktu dan tekanan seluruh ban.

Pada HS 2020 ini, turut dibekali pula dengan tuas persneling elektronik. Termasuk paddle shift guna memudahkan perpindahan gigi secara manual. Urusan fitur keamanan MG HS sudah dilengkapi dengan Anti-lock Braking System and Electronic Brakeforce Distribution, EBA (Electronic Brake assist), SCS (Stability Control System) plus CBC (Curve Brake Control).

Foto : Autovaganza

 

Tak ketinggalan ada imbuhan TCS (Traction Control System), HAS (Hill Start Assist System), ESS (Emergency Stop Signal), Follow Me Home Light, Isofix. Lalu Front Seat Belt With Pretensioners and Load Limiters, 3 Point Rear Seat Belts 3 Points, Front Airbags dan Tire Pressure Monitoring System.

Mesin

MG HS ditopang mesin berkapasitas 1.5 turbo yang memiliki daya maksimum 175 PS, dengan torsi 250 Nm, yang dikawinkan dengan gearbok kopling ganda 7 percepatan. Untuk mesin MG HS sudah memenuhi sertifikasi standar emisi Cina VI atau setara Euro 6.

Jadi mana yang lebih baik, DFSK i-Auto yang blasteran China Jepang atau MG HS yang blasteran China Inggris ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here