Perawatan Mobil Matic Honda Yang Perlu Anda Lakukan Rutin

Honda merupakan salah satu produsen mobil ternama di Indonesia. Penjualan produknya juga sangat laris di pasaran otomotif Indonesia. Terdapat beragam produk andalan Honda tetapi rata-rata mobil matic Honda diincar banyak konsumen di Indonesia. Bahkan penjualan mobil matic Honda dapat dikatakan cukup tinggi diantara pesaing-pesaing lainnya. Tak heran jika banyak sekali konsumen yang memilih mobil matic Honda sebagai pilihan untuk berkendara.

Sama halnya dengan mobil-mobil lainnya, mobil matic Honda tentu perlu perawatan khusus yang sebaiknya dilakukan secara rutin oleh pemiliknya. Artikel kali ini akan membahas mengenai perawatan mobil matic Honda yang perlu anda lakukan rutin. Lalu bagaimana cara perawatan mobil matic Honda yang tepat? Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Penggantian Oli Mobil Rutin

Sama dengan mobil matic yang lainnya, oli mobil matic Honda sebaiknya juga dilakukan pergantian secara berkala. Penggantian oli tersebut dilakukan pada jarak 20.000-25.000 km. Dengan rutin melakukan penggantian oli, maka tentu saja komponen mesin mobil anda akan terlumasi sempurna. Sehingga menyebabkan akselerasi mobil maksimal serta ringan digunakan ketika berkendara.

Sistem transmisi otomatis akan sangat bertumpu dalam sistem hidrolis yang mana membutuhkan oli sebagai sebagai sebuah media penyalur tekanan. Sehingga penting untuk menggunakan oli yang berkualitas. Dibandingkan dengan sistem transmisi manual, oli pada sistem transmisi otomatis memiliki kerja yang lebih berat dibandingkan dengan transmisi manual. Sehingga penting untuk memperhatikan kualitas dari oli transmisi sehingga menghindari terjadinya slip kopling yang mana berakibat pada efisiensi penggunaan bahan bakar.

Baca Juga ( Mobil Matic Terbaru dan Termurah )

  1. Servis Berkala

Tidak hanya melakukan penggantian oli saja. Servis berkala juga penting dilakukan. Service mobil ini dapat anda lakukan di bengkel-bengkel Honda resmi sesuai dengan buku panduan manual yang tertera.

Service ini memiliki tujuan untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh pada komponen-komponen mobil anda. Sehingga jika nantinya mungkin terdapat kerusakan, dapat langsung ditangani dengan baik. Sehingga hal ini akan mencegah resiko-resiko yang cukup fatal yang bisa saja terjadi.

  1. Teliti Dalam Menggunakan Persneling

Mungkin menurut anda, ini adalah hal yang sepele. Sebagai pemilik mobil matic, penting untuk anda memahami mengenai beberapa hal yang perlu anda hindari ketika menggunakan persneling. Yang pertama, hindari menggunakan persneling P saat mobil matic anda sedang berhenti. Jika anda melakukan kebiasaan ini terus menerus, maka akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada persneling mobil matic anda.

Dan juga perhatikan juga  posisi persneling ketika anda sedang memarkirkan mobil anda. Hindari penggunaan persneling D saat memarkirkan kendaraan. Menggunakan persneling D saat memarkirkan kendaraan hanya membuat kerusakan pada mobil matic anda. Sehingga gunakan persneling pada posisi P saat memarkirkan kendaraan.

  1. Rutin Mengecek Performa Mobil

Jangan lupa untuk selalu rutin mengecek performa mobil anda secara rutin. Hal ini dapat anda lakukan dengan cara mengendarai mobil anda. Sehingga nantinya anda akan mengetahui jika terdapat keanehan-keanehan pada performa mobil anda.

Selain itu, anda juga dapat melakukan uji jalan, hal ini menjadi salah satu perawatan mobil honda matic yang dapat anda lakukan. Anda hanya perlu menjalankan mobil anda dan mencba untuk memindah-mindahkan persneling. Saat perpindahan tersebut, anda bisa merasakan jika terjadi hal-hal yang tidak wajar pada mobil anda. Selain itu jika anda mendengarkan adanya suara-suara yang aneh ketika perpindahan persneling, maka hal ini menunjukkan jika ada masalah pada sistem transmisi mobil matic anda.

Jika masalah ini terjadi pada mobil anda, maka akan lebih baik untuk segera membawanya ke bengkel terpercaya dan resmi.

Baca Juga ( Inilah Ciri-ciri Mobil Matic Anda Bermasalah )

  1. Periksa Bagian Slip Kopling

Masalah yang terjadi pada mobil matic yang akan terasa langsung biasanya adalah pada bagian slip kopling. Jika terjadi kerusakan pada bagian ini, maka akan menyebabkan ketidakseimbangan ketika mobil anda melaju dalam kecepatan tinggi. Sehingga penting untuk memeriksa slip kopling pada mobil matic anda secara rutin. Sehingga hal ini akan menghindari resiko laju mobil yang tidak seimbang saat anda kendarai.

  1. Pahami Penggunaan Transmisi Matic yang Baik

Cara terakhir untuk merawat mobil matic anda adalah dengan memahami benar penggunaan transmisi mobil matic anda dengan baik. Pastikan selama anda mengendarai mobil matic anda, anda sudah mengendarainya dengan benar. Tentunya penggunaan mobil matic berbeda dengan mobil transmisi manual. Untuk itu, ketika anda membeli jenis mobil transmisi otomatis, maka segeralah untuk mempelajari cara kerja dari mobil tersebut.

Agar sistem transmisi mobil matic tetap baik, maka akan lebih baik jika anda mengendarai mobil dalam kondisi yang stabil. Hindari jalanan-jalanan yang buruk yang itu dapat mengakibatkan kerusakan pada mobil anda dan juga jangan biasakan mengerem kendaraan namun tetap menarik gasnya, hal ini akan sangat berpengaruh pada sistem transmisi mobil.

Baca Juga ( Mobil Bekas Termurah Terbaik )

Nah, itulah tadi cara merawat mobil matic Honda yang perlu anda lakukan secara rutin. Sebaiknya anda lakukan secara rutin, Sehingga peforma mobil matic Honda anda tetap terjaga dengan baik. Terima kasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel di Otomotif1. Salam.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here