Perbedaan Mobil Agya dan Ayla serta Kelebihan dan Kekurangannya

 

 

Kedua mobil ini termasuk yang tengah populer di pasar otomotif Indonesia. Dua-duanya juga berada di dalam kelas yang sama dengan kategori LCGC (Low Car Green Car). Meski keduanya dari pabrikan yang berbeda, namun kedua mobil ini memiliki bentuk hingga spesifikasinya terlihat hampir sama. Bahkan kedua mobil ini juga sering dijadikan perbandingan bagi orang-orang yang ingin memilih mobil  kategori LCGC.

Meskipun hampir sama, namun kedua mobil ini tetaplah berbeda. Bagi anda yang kebingungan memilih dari kedua jenis mobil ini, akan lebih baik jika anda mengetahui perbedaannya terlebih dahulu. Nah berikut ini beberapa perbedaan mobil agya dan ayla yang harus anda ketahui :

  1. Desain Eksterior

Meski seklias terlihat sama namun dari segi eksterior, kedua mobil ini tetaplah berbeda. Pada mobil agya, desain eksterior nya lebih mengedepankan konsep stylish dan elegan dengan desain grill yang minimalis. Toyota Agya lebih memilik desain yang wise. Sedangkan Daihatsu Ayla, grill depan mobil tampil lebih dinamis dan kalem yang dipadu padankan dengan headlampnya.

Selain itu, pada bagian samping pun, anda juga bisa melihat perbedaan yang cukup signifikan. Pada agya, terdapat desain side skirtserta list body. dan anda juga akan melihat adanya minor yang ada di emblem TRD Sportivo (varian tertinggi agya). Sedangkan pada Daihatsu Ayla, list chrome  hanya berada di bagian bawah dari kaca belakang.

Baca Juga ( Memelihara Eksterior dan Interior Mobil )

  1. Penggunaan Lampu Depan atau Headlamp

Masih bicara tentang eksterior. Pada lampu depan Agya dan Ayla juga tedapat perbedaan dari penggunaannya. Pada Agya, mereka lebih mengandalkan sektor LED dengan tipe LED positioning lamp. Sedangkan pada Daihatsu Ayla, ia menggunakan LED DRL. Meski tidak tergabung langsung kedalam headlamp, namun letaknya masih di bumper depan bagian bawah.

Baca Juga ( Penyebab Lampu Depan Mobil Mati dan Cara Mengatasinya )

  1. Spesifikasi Mesin dan Performa

Sebenarnya Agya dan Ayla versi terbaru sama-sama hadir dengan dua pilihan mesin yakni 3 silinder 1.0L DOHC & 4-silinder. Keduanya sama-sama menggunakan jenis mesin yang sama pada jenis 1.2 L, tetapi tetap saja hal ini berbeda pada jenis mesin 1.0 L. Pada New Ayla mesin 1.0 L tidak mengalami perubahan dan tetap tidak menggunakan teknologi VVT-i atau Variable Valve Timing Intelligent.

Sedangkan pada New Agya mesin 1.0 L, sudah didukung dengan teknologi VVT-i. Teknologi VVT-i ini dapat mempengaruhi kerja mesin. Tidak hanya itu, teknologi VVT-i pada New Agya bisa membuat penggunaan bahan bakar lebih irit hingga 30% sekaligus mengurangi getaran pada mesin. Sehingga membuat peforma Agya lebih besar daripada sebelumnya yaitu 67 PS

  1. Interior

Ternyata tidak hanya bagian eksterior yang mengalami perbedaan tapi juga konsep interior kedua mobil ini juga berbeda. Daihatsu Ayla sendiri, konsep interiornya menggunakan desain yang minimalis dan lebih mengutamakan kenyamanan serta kursi bagian belakang yang bisa dilipat. Sedangkan pada Toyota Agya, menggunakan konsep desain interior yang fungsional dan stylish. Hal ini dapat dilihat dari jok yang nyaman serta bagasi yang cukup luas menjadi keunggulannya

  1. Head Unit

Untuk sektor hiburan, juga terdapat perbedaan diantara keduanya. Khususnya pada head unit. Tak hanya bentuknya yang berbeda namun fitur-fitur didalamnya juga berbeda. Toyota Agya, Head Unit nya disebut dengan New Advanced Entertaiment yang sudah dilengkapi support Bluetooth. Namun pada Daihatsu Ayla, fitur-fitur tersebut sudah lebih canggih. Tak hanya dengan support bluetooth, namun juga dilengkapi dengan support DVD dan touchscreen. Sedangkan pada Daihatsu Agya hanya dibekali dengan MP3, CD, WMA, AUX serta USB.

  1. Headrest dan Seatbelt

Masih berbicara masalah interior. Perbedaan yang mencolok lainnya adalah pada Headrest dan seatbelt yang ada didalam kabin. Pada Toyota Agya, headrest sudah ada di jok belakang bahkan ia dapat diatur ketinggiannya. Sedangkan pada Daihatsu Ayla hanya tersedia pada sisi kanan dan kiri saja, sehingga penumpang bagian tengah tidak mendapatkannya.

Selain itu untuk fitur seatbelt, pada Agya dilengkapi seaatbelt 3 titik pada semua jok mobil. Sedangkan pada Daihatsu Ayla, pada baris belakang masih menggunakan seatbelt 2 titik.

  1. Handling

Perbedaan lainnya terletak pada handlingnya. Pada Toyota Agya TRD S A/T ia menggunakan velg diameter 144 inci dengan profil ban mobil 175/65. Sedangkan Ayla X A/T menggunakan velg dengan diameter 13 inci dengan profil bank 155/80. Jika dilihat secara keseluruhan, sistem handling kedua mobil ini memang mirip. Namun tetap saa gerakan Agya memang lebih presisi dikarenakan tapak ban nya yang mencapai 175 mm.

Sesuai dengan teori dan dasar yang ada, semakin lebar tapak ban maka akan membuat pergerakan ban tersebut lebih presisi serta handling mobil semakin lebih baik. Namun dengan velg yang lebih besar dan ban yang lebih tipis, sehingga rasio nya sekitar 65% dan tentunya memiliki kenyamanan yang berbeda jika dibandingkan dengan mobil Ayla yang memiliki rasio profil ban sekitar 80%. Sehingga karakter dari pengendalian kedua mobil ini memang cukup berbeda.

  1. Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan kedua mobil ini juga terlihat jelas terdapat perbedaan. Misalnya fitur keselamatan untuk anak-anak, Daihatsu Ayla terlihat kurang memperhatikan hal ini. Berbeda dengan Toyota Agya yang saat ini sudah dilengkapi dengan ISOFIX yang mana mendukung baby seat yang ada di kursi bagian belakang. Selain itu fitur keamanan lainnya seperti Dual SRS Airbags serta Side Impact Beam, meskipun keduanya sama-sama memilikinya. Namun fitur keselamatan tersebut hanya dimiliki oleh toyota Agya pada varian 1.2 TRD.

Baca Juga ( Daimler Pelopor Pelatihan Khusus Keselamatan Lalu Lintas Bagi Supir Truck )

  1. Harga

Setelah membahas hampir semua perbedaan Ayla dan Agya, sampai kita pada masalah harga. Perbandingan harga ini juga akan sangat mempengaruhi anda, akan menjatuhkan pilihan pada Ayla ataupun Agya.

Meski secara umum memiliki spesifikasi yang hampir sama, namun harga kedua mobil ini sangat berbeda. Untuk Daihatsu Ayla sendiri pada varian tertingginya ditawarkan pada harga 146.250.000 sedangkan Toyota Agya pada varian tertinggi ditawarkan pada harga 151.900.000. Sedangkan untuk varian termurahnya, Daihatsu Ayla tipe X dijual sekitar 125.250.000 sedangkan untuk Toyota Agya dibanderol dengan harga 134.600.000.

 

Nah itulah tadi perbedaan signifikan antara Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing disetiap produksinya. Yang mana yang membuat anda lebih tertarik?

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here