Perbedaan Alphard dan Vellfire – Lengkap

Alphard dan Vellfire keduanya adalah sama-sama mobil keluaran Toyota dan berada dikelas mewah yang meramaikan pasar otomotif Indonesia. Kedua mobil ini mengusung tema MPV premium, maka dari segi kualitas, sudah dipastikan tidak bisa diragukan lagi. Alphard maupun Vellfire disenjatai dengan mesin yang canggih serta fitur-fitur lengkap yang menjamin keamanan dan juga kenyamanan selama berkendara.

Namun meskipun Alphard dan Vellfire sama-sama produk Toyota dan berada dikelas yang sama, keduanya tetap memiliki perbedaan yang patut dipertimbangkan. Bagi anda yang bingung memilih diantara dua jenis mobil ini, berikut ini ada beberapa perbedaan dari Toyota Alphard dan Toyota Vellfire yang dapat anda ketahui ;

  1. Tipe Mobil

Perbedaan pertama yang juga paling terlihat adalah terletak pada tipenya. Toyota Alphard, ditawarkan dalam 3 tipe varian yaitu 2.5 X, 2.5 G, dan 3.5 G. Sedangkan Vellfire sendiri tersedia dalam beberapa tipe antara lain adalah tipe X,Z, ZA, ZG, dan Royal Lounge. Baik Alphard maupun Vellfire tersedia dalam 2 pilihan jenis mesin yaitu 2500 cc dan 3500 cc.

Baca Juga ( Perbedaan Mendasar Mobil Eropa dan Asia Lengkap )

  1. Konsep Mobil

Perbedaan kedua terletak pada konsep kedua mobil ini. Jika dilihat, anda akan melihat jika Alphard didesain dengan konsep mobil yang elegan dan mewah dari segala sisi. Sedangkan pada Vellfire lebih terlihat sporty. Sehingga anda bisa memilih yang mana sesuai dengan kebutuhan anda.

  1. Desain Eksterior

Desain Eksteriornya pun berbeda. Alphard didesain dengan bentuk grille yang besar dibandingkan dengan Vellfire. Untuk lampu, Alphard dibekali dengan lampu utama berukuran lebih besar. Sedangkan untuk Vellfire, dibekali dengan lampu utama dengan bentuknya yang langsing mengikuti alur grill.

Sedangkan untuk bagian belakang mobil, Toyota Alphard sangat dominan dengan warna merah. Sedangkan Toyota Vellfire menggunakan desain lampu berwarna bening seperti layaknya yang ada pada mobil SUV Lexus RX.

  1. Desain Interior

Perbedaan selanjutnya terdapat pada desain interior kedua mobil ini. Walaupun desain interior kedua mobil ini sama-sama elegant. Hanya saja untuk Toyota Alphard lebih didominasi dengan aksen kayu di bagian kemudi, sandaran tangan di bagian pintu depan, serta di baris kedua.

Sedangkan untuk Vellfire, interiornya lebih sedikit menggunakan aksen kayu. Toyota Vellfire lebih menggunakan aksen hitam baik pada jok mobil, dashboard hingga panel mobil. Selain itu anda juga akan melihat banyaknya tombol pengaturan pada Toyota Alphard jika dibandingkan dengan Vellfire. Namun meskipun begitu, itu sama sekali tidak mengurangi kenyamanan anda dalam berkendara. Selain itu, bangku Toyota Alphard yang ada di bagian belakang dapat digeser hingga sepanjang 20 cm.

  1. Mesin

Untuk masalah mesin, keduanya juga memiliki perbedaan. Alphard dan Vellfire memang sama sama menggunakan jenis mesin terbaru kapasitas 2500 cc. Tak hanya bisa memberikan peforma yang tangguh, namun juga didesain lebih efisien dengan penambahan fitur start/stop system. Namun untuk Toyota Alphard pada tipe 3.5 Q, ia memiliki mesin kendaraan dengan kapasitas 3.500 cc yang mana memiliki peforma yang cukup baik untuk MPV kelas premium.

  1. Safety

Toyota Alphard maupun Vellfire memiliki fitur safety yang sama mulai dari SRS airbags, sabuk pengaman, Impact beams, dan lainnya. Akan tetapi, pada Toyota Alphard tidak dibekali dengan teknologi Anti Lock Braking System pada sistem pengeremannya. Sedangkan Toyota Vellfire sudah dibekali dengan teknologi ini dalam sistem pengeremannya.

Toyota Vellfire  juga dibekali dengan fasilitas keamanan yang cukup lengkap, misalnya struktur rangka GOA yang mana dapat meredam benturan serta terdapat pula radar (sensor) yang dapat menginformasikan ketika mobil memiliki resiko tabrakan. Tak hanya itu, Toyota Vellfire juga memiliki 7 titik aribags yang dapat memaksimalkan penumpang saat terjadi tabrakan.

  1. Spion Mobil

Spion Toyota Alphard dan juga Vellfire juga terdapat perbedaan. Pada Toyota Alpahrd, ia sudah dibekali dengan Spion Lipat Elektrik. Sedangkan untuk Vellfire sendiri, fitur seperti ini belum tersedia di dalamnya. Pengaturan spion elektrik seperti ini akan memudahkan pengemudi untuk mengatur spion langsung dari dashboard.

  1. Fitur Hiburan

Perbedaan selanjutnya adalah pada fitur hiburan. Kedua mobil ini sama-sama menggunakan sistem audio tipe 2 DIN, akan tetapi pada Toyota Vellfire tidak didukung dengan support Bluetooth. Yang mana pengendara tidak bisa memutar musik melalui smartphone mereka. Namun fitur support bluetooth ini bisa anda temukan pada Toyota Alphard.

  1. Pilihan Warna

Toyota Alphard dan Vellfire sama-sama hadir dalam 3 warna yang menarik, tetapi pilihan warna pada Toyota Alphard dan Toyota Vellfire berbeda satu sama lain. Toyota Alphard hadir dalam pilihan warna Black, Silver Metallic, White Pearl Mm. Sedangkan untuk Toyota Vellfire hadir dalam pilihan warna Black, Black Crystal, Silver Metallic.

  1. Harga Mobil

Perbedaan yang lainnya terletak pada harganya. Harga kedua mobil ini cukup berbeda sehingga ini juga dapat anda jadikan pertimbangan. Untuk masalah harga, Toyota Vellfire memang memiliki harga yang sedikit lebih unggul jika dibandingkan dengan Toyota Alphard.

Untuk Alphard sendiri dibanderol dengan harga mulai dari Rp 904,2 Juta. Sedangkan untuk Toyota Vellfire dibanderol dengan harga mulai dari Rp 1,04 Milyar. Perbedaan harga ini tentu saja sesuai dengan fitur-fitur yang ada di dalam mobil ini.

  1. Distribusi

Untuk masalah penjualan, Toyota Alphard dan Vellfire juga terdapat perbedaan yang cukup mencolok. Bagi anda yang ingin membeli Toyota Alphard, maka anda bisa langsung mendatangi Dealer resmi dari Toyota terdekat. Hal ini dikarenakan Toyota Alphard merupakan kendaraan resmi yang diperjual belikan di seluruh dealer Toyota di Indonesia. Sedangkan untuk Toyota Vellfire, anda harus terlebih dahulu menghubungi pihak importir yang khusus mendatangkan mobil ini dikarenakan pada awalnya pasar dari toyota Vellfire ini hanya untuk Negara Eropa dan Jepang.

Baca Juga ( Kelebihan dan Kekurangan Alphard yang Harus Anda Ketahui )

Nah, kira-kira itulah tadi perbedaan dari Toyota Alphard dan Vellfire. Semoga menambah wawasan anda sekalian terkait dua mobil mewah ini. Terima kasih telah menyempatkan waktu membaca artikel di Otomotif1. Salam.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here