Perbedaan Mobil Avanza dan Xenia Mana Yang Lebih Baik?

 

Siapa yang tidak mengenal kedua mobil ini? Avanza dan Xenia adalah dua jenis mobil yang berada di dalam satu kelas yakni Low MPV. Bentuknya hampir sama bahkan beberapa spesifikasi kedua mobil ini pun juga cukup sama. Kedua mobil ini juga cukup laris di pasaran Indonesia, apalagi bagi mereka yang memilih mobil keluarga yang aman dan nyaman. Namun terkadang beberapa konsumen bingung dalam memilih kedua mobil ini.

Maka dari itu, artikel dibawah ini akan membahas apa saja perbedaan mobil Xenia dan juga Avanza sebagai bahan perbandingan. Berikut ini beberapa perbedaan Avanza dan Xenia :

  1. Desain Eksterior dan Interior

Hal yang paling terlihat adalah bagian eksterior mobil. Perbedaan paling jelas yang dapat anda lihat adalah bagian eksterior kedua mobil ini, tepatnya bagian depan. Anda dapat melihat pada desain bumper depan. Pada Suzuki Avanza (tipe G) dan Daihatsu Xenia terdapat grille serta aksesori tambahan untuk fog lamp. Untuk daihatsu Avanza memiliki desain grille chrome yang cukup terbatas yang berada di bagian tengah serta bawah mobil.

Sedangkan untuk Xenia, desain grille tergantung dari tipe mobil tersebut. Namun rata-rata Xenia tidak dilengkapi dengan akseseoris chrome yang melapisi bagian fog lamp. Untuk tipe Veloz, Avanza dilengkapi dengan front fascia dengan tampilan yang lebih sporty dan modern pada bagian bumper serta grille yang khusus.

Bukan hanya pada bagian depan saja. Desain eksterior bagian belakang mobil juga cukup berbeda. Pada Toyota Avanza, terdapat aksesoris rear bar yang memang menjadi standar dari setiap jenis tipe Avanza. Untuk tipe avanza G sendiri sudah dilengkapi dengan rear spoiler yang mana dapat mempermanis tampilan luar mobil ini. Sedangkan untuk Daihatsu Xenia, tidak dilengkapi dengan rear bar dan spoiler kecuali pada tipe Xenia yang tertinggi.

Sedangkan jika bicara masalah perbedaan interior diantara kedua mobil ini. Desain interior bagian kabin diantara keduanya cukup terlihat berbeda. Xenia lebih memilih tampilan dengan kombinasi dua pilihan warna yang berbeda. Terkesan mewah dan elegan yang semakin kuat. Pada bagian dashboardnya, anda akan melihat kombinasi dari cokelat gelap dan cokelat terang. Selain itu, terdapat pula panel layar MID (Multi Information Display) yang terdiri dari tombol audio dan AC. Selain itu panel tersebut juga berisi fitur-fitur unggulan mulai indikator bahan bakar, indikator lampu sein, indikoator ECO lamp, serta indikator lampu utama

Untuk Avanza sendiri memang tampil dengan konseo modern dan elegan. Konsep yang digunakan pada dashboardnya menggunakan aksen-aksen gelap, sesuai dengan tema nya yaitu dashboard panel design with all new black tone. Tidak hanya modern namun juga terlihat sporty. Selain itu didukung pula dengan panel layar berukuran 6.1 inci yang dilengkapi dengan berbagai fitur mulai dari koneksi ke CD, DVC, AUX, USB dan bluetooth. Bahkan terdapat pula slot khusus untuk Ipod dan Phone

  1. Mesin Yang Digunakan

Perbedaan lainnya terletak pada spesifikasi mesin yang digunakan. Kedua mobil ini memang sama-sama hadir dengan dua pilihan mesin, namun tipe mesinnya berbeda satu sama lain. Untuk tipe mesin 1.300 cc tersedia pada Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Namun tipe mesin 1.000 cc hanya ada pada Daihatsu Xenia saja, sedangkan 1.500 cc hanya pada Toyota Avanza. Walaupun begitu, ketiga tipe mesin ini sama-sama sudah dilengkapi teknologi VVT-i yang membuat mesin menjadi lebih bertenaga.

  1. Velg Mobil

Terlihat dari sisi eksteriornya. Perbedaan dapat terlihat jelas pada penggunaan velg mobil antara Daihatsu Xenia dan Avanza. Untuk Daihatsu Xenia, dengan mesin 1.000 cc menggunakan velg ukuran 13 inchi. hal ini berbeda dengan Toyota Avanza yang seluruh tipe menggunakan velg mobil 14 inchi. Untuk Avanza tipe E, hanya dibekali dengan velg kaleng yang sama dengan varian Xenia pada tipe standar. Namun pada Toyota Avanza Veloz memiliki desain velg yang berbeda, dan jelas lebih terlihat sporty dan keren saat dikendarai di jalanan.

Baca Juga ( Macam-macam Velg Mobil Terlengkap )

  1. Sistem Pendingin (Fitur AC)

Fitur AC dari kedua mobil ini cukup berbeda juga. Untuk Daihatsu Xenia mesin 1.300 CC memang dilengkapi dengan fitur AC Double Power, namun pada Xenia mesin 1.00 cc tidak menggunakan fitur AC Double Power, namun hanya menggunakan single blower. Berbeda dengan Toyota Avanza yang sudah melengkapi semua tipe mobil dengan AC Double Power meskipun varian paling rendah sekalipun.

  1. Head Unit

Fitur-fitur Head Unit kedua mobil ini juga memiliki perbedaan cukup signifikan. Memang patut diakui Untuk head unit  sendiri, Xenia memang jauh lebih unggul dibandingkan dengan Avanza. Hal ini dikarenakan adanya fitur-fitur yang mampu memutar MP, CD, AUX, hingga support USB serta Ipod Control yang bermerk JV dan Pioneer. Hal ini sangat jelas berbeda dari Toyota Avanza (tipe G) yang hanya dibekali dengan fitur pemutar CD dan MP3 saja. Namun pada varian Toyota Veloz sudah dilengkapi dengan head unit jenis indash double din dengan kemampuan yang sama seperti fitur head unit yang ada pada Daihatsu Xenia serta adanya steering switch control.

  1. Fitur Keamanan

Pada dasarnya Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia belum dibekali dengan perangkat keamanan yang terlalu canggih dan berat, kecuali seatbelt. Namun Toyota Avanza pada varian mesin 1.500 cc serta Veloz, sudah dilengkapi dual SRS Airbags untuk melindungi penumpang di dalamnya dari resiko tabrakan yang mungkin terjadi serta teknologi ABS pada sistem pengereman kendaraan.

  1. Harga Mobil

Hal lain yang menjadi perbedaan diantara keduanya yakni masalah harga. Pada Toyota Avanza tipe yang standart deibanderol dengan harga sekitar 155.000.000, Sedangkan untuk Daihatsu Xenia tipe standar dibanderol dengan harga sekitar 134.000.000. Untuk masalah harga, memang Toyota Avanza memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan Daihatsu Xenia.

Baca Juga  ( Perbedaan Mobil Rush dan Terios )

Nah, itulah tadi perbedaan-perbedaan yang ada pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Dengan anda mengetahui perbedaan dari kedua mobil ini, tentu saja akan mempermudah anda dalam memilih mobil yang tepat untuk kebutuhan anda. Namun baik Xenia maupun Avanza memang direkomendasikan bagi anda yang memilih jenis mobil MVP yang cocok untuk keluarga. Terima kasih telah menyempatkan waktu membaca artikel di Otomotif1. Salam.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here