Perkuat Fundamental SDM, Pura Trans dengan Menggandeng Hino Kembali Gelar Pelatihan Soft Skill Karyawan

Foto: Dok HINO

Otomotif1.com  – Berlangsung di Kota Surabaya yang menjadi Kantor Pusat PT Putra Rajawali Kencana Tbk, bersama denan perusahaan angkutan yang berada di bawah bendera Rajawali Group, dengan menggandeng PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), kembali menggelar pelatihan online training kepada karyawan perusahaannya pada 16-17 Juni 2020.

Menurut Corporate Secretary PT Putra Rajawali Kencana Tbk, Ratna Hidayati, ini adalah komitmen perusahaan untuk meningkatkan hard skill dan soft skill karyawan. Setelah hard skill training untuk mekanik dan sopir truk, kini giliran seluruh staf dari berbagai divisi mengikuti soft skill training.

“Salah satu bentuk investasi yang penting bagi perusahaan adalah memberikan pelatihan bagi karyawannya,” ujarnya.

Pada materi program soft skill training kali ini meliputi; team work, service excellent, self-leadership dan planning and time management.

“Dengan adanya pelatihan ini diharapkan seluruh karyawan dapat meningkatkan kinerja, memberikan pelayanan prima kepada seluruh pemangku kepentingan dan meningkatkan kepemimpinan dalam diri masing-masing. Kemampuan mengorganisasikan diri, baik mengatur waktu dan rencana kerja akan berdampak pada kinerja perusahaan,” imbuh Ratna.

Selain itu, dengan adanya kerja sama yang baik, pekerjaan akan dapat diselesaikan secara lebih efektif dan efisien serta memberikan dampak positif bagi perusahaan.

Program pelatihan ini difasilitasi Hino Academy, sebagai salah satu bentuk kontribusi Hino dalam mencetak dan meningkatkan sumber daya manusia yang unggul.

Selain karyawan PT Putra Rajawali Kencana Tbk, soft skill training ini juga diikuti oleh karyawan PT Rajawali Inti, PT Rajawali Dwi Putra Indonesia, dan PT Rajawali Trans Global Sejahtera yang berada dalam satu bendera Rajawali Group.

Atas terlaksananya pelatihan ini, Irwan Supriyono, Senior Excecutive Officer Service & Spart Part HMSI sangat mengapresiasi kepada pihak Rajawali Group.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Rajawali Group yang sudah menggunakan produk Hino. Mudah-mudahan terus berlanjut menggunakan produk Hino. Kami menyadari di situasi pandemi ini semua bisnis mengalami penurunan termasuk dalam juga customer Hino. Dengan kondisi seperti ini adalah momen yang sangat tepat untuk memperkuat fundamental atau dasar dari perusahaan seperti SDM dan manajemen. Setelah beberapa hari lalu kami melakukan training yang fokus di hard skill untuk mekanik dan pengemudi, hari ini kami fokus training soft skill karyawan Rajawali Group di Jakarta, Surabaya, Probolinggo dan Karawang,” terang Irwan.

Lebih lanjut Irwan menambahkan, materi soft skill meliputi self-leadership mengenai kepemimpinan yang memang dimulai dari diri kita sendiri. Ada juga mengenai service excellent, yakni bagaimana memberikan pelayanan yang baik dan berkomunikasi secara efektif.

Pelayanan ini tidak selalu customer tapi rekan kita juga bagian dari customer kita. Lalu ada juga kerjasama tim, maksudnya bagaimana tujuan suatu organisasi bisa tercapai melalui kerja sama tim. Terakhir, manajemen waktu yaitu bagaimana bisa memaksimalkan waktu secara produktif.

“Training yang kami berikan adalah bagian total support Hino. Itu adalah bagaimana memaksimalkan operasional kendaraan dan meminimalkan downtime. Akhirnya adalah meningkatkan profit atau keuntungan perusahaan. Saya sangat berharap materi dalam dua hari ini bisa membantu dalam meningkatkan produktivitas dan teamwork, jadi nanti diharapkan setelah pandemi ini selesai, Rajawali Group bisa lebih maju lagi karena fundamentalnya sudah kuat dari sisi hard skill, soft skill maupun manajemen. Saya berharap pandemi ini cepat berlalu dan kembali ke kondisi normal, beraktivitas lagi sehingga Rajawali Group bisa memaksimalkan operasional yang lebih efektif,” papar Irwan.

Bahkan Pieter Andre selaku Hino Training Center Division Head juga menyampaikan dukungan untuk Rajawali Group. HMSI sangat senang bisa berbagi dan berkontribusi bersama dengan Rajawali Group. Ini salah satu bentuk kolaborasi HMSI dan Rajawali Group yang tidak hanya dari produk dan layanan after-sales, namun juga dari sisi training. Ini adalah bentuk total support dari kami, kolaborasi yang sangat baik.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pelanggan setia kami terutama Rajawali Group karena sudah memberi perhatian lebih terhadap pengembangan SDM demi membangun SDM yang unggul. Kami juga berharap dukungan ini tidak sebatas pada hari ini saja, kami berkomitmen melalui diler-diler untuk siap memberikan support kepada Rajawali Group terkait training ke depan yang bisa dilakukan langsung bertatap muka baik untuk mekanik, pengemudi, dan manajemen. Kami memiliki fasilitas training center yang cukup memadai untuk bisa membantu meningkatkan kemampuan mekanik maupun driver. Dengan kegiatan ini kita bisa menciptakan hubungan yang baik dan menjadi lebih dekat lagi dengan Rajawali Group,” tandas Pieter.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here