Persaingan di Kelas SUV Medium Semakin Panas Jelang 2 Hari Peluncuran New Mitsubishi Pajero Sport

Otomotif1.com – Persaingan di kelas SUV Medium semakin panas jelang dua hari peluncuran New Mitsubishi Pajero Sport. Pasalnya, Honda di Indonesia pun rencnanya akan meluncurkan New Honda CR-V pada 18 Februari 2021.

Sama-sama bermain sebagai SUV medium, sesungguhnya keduanya memiliki rentang harga yang tidak terlalu jauh. Yang membedakan adalah mesinnya, bila New Honda CR-V setia dengan bensin, maka New Mitsubishi Pajero Sport sehidup semati bersama diesel.

Kalau membandingkan antara keduanya jelas sampai disini saja. Jadi mari kita cari lawan sepadan, khususnya bagi New Mitsubishi Pajero Sport. Lawan yang tepat untuknya adalah New Toyota Fortuner karena sama-sama mengusung diesel.

Mesin New Mitsubishi Pajero Sport Lebih Buas

Sama-sama mengusung mesin 2,4 liter turbo dan intercooler, data teknis menunjukkan bahwa dapur pacu New Mitsubishi Pajero Sport lebih superior. Mesin diesel 4 silinder 16 katup segarisnya menghasilkan daya hingga 181 tenaga kuda pada 3500 rpm. Torsi maksimumnya 430 Nm pada 2500 rpm yang tersalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 8 percepatan.

Sementara mesin New Toyota Fortuner memberikan tenaga maksimal 150 tenaga kuda pada 3400 rpm dan torsi maksimalnya 400 Nm di 1600 – 2000 rpm. Wuih beda hingga 30 tenaga kuda tentu angka yang sangat signifikan!

Tapi ada solusi jika Anda menginginkan mesin yang lebih bertenaga, yaitu beli saja New Toyota Fortuner bermesin 2,7 liter yang berdaya 163 tenaga kuda. Yang ternyata masih kalah dengan setingan mesin dari New Mitsubishi Pajero Sport 2,4 liter.

Eksterior

Secara penampilan luar sesungguh New Toyota Fortuner lebih cenderung ke facelift atau minor change. Namun harus diakui Toyota berhasil menjadikan penampilan New Toyota Fortuner lebih maskulin dan sporty berkat sentuhan tajam di bagian depan. Sedangkan wajah New Mitsubishi Pajero Sport benar-benar berubah total, khususnya pada lampu utamanya. Mitsubishi Pajero Sport seakan menganut model lampu utama ala saudaranya, Xpander. Memakai lampu proyektor bi-LED dengan tambahan DRL yang menyala terang di siang hari.

Dimensi

Untuk perbandingan dimensi New Toyota Fortuner memiliki (Panjang) 4,795 x (Lebar) 1,855x (Tinggi) 1,835 mm, sedangkan New Mitsubishi Pajero Sport (Panjang) 4.825 x (Lebar) 1.815x (Tinggi) 1.835 mm. Tampak sekali Pajero lebih panjang 10 cm.

Tentang ground clearance Toyota Fortuner adaah 225 mm, sementara New Mitsubishi Pajero Sport 218 mm. Ada perbedaan 7 mm diantara keduanya.

Interior

Khusus bagian dalam kabin, sesungguhnya lumayan sekali fitur yang tersemat diantara keduanya. Namun kami menggaris-bawahi di masa pandemi seperti ini, ada fitur dari New Mitsubishi Pajero Sport yang telah menerapkan AC dengan sistem zona ganda. Dimana AC-nya telah dilengkapi filter udara Nanoe. Nah filter kesehatan ini diyakini mampu membunuh virus dan bakteri, semoga diantaranya adalah Covid-19.

Yang akan kita bahas lagi lebih mendalam ketika New Mitsubishi Pajero Sport telah meluncur resmi di Indonesia.***

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img