Pertamina Lubricants Suport Mobil Sapuangin Speed 6 Karya Mahasiswa ITS

Surabaya, Otomoti1.com – PT Pertamina Lubricants kembali menunjukkan komitmennya untuk selalu mendukung kiprah anak-anak bangsa yang mengharumkan nama baik bangsa dan negara dikancang international. Hal ini dibuktikan dengan menjadi supporting ITS Team Sapu Sangin (SA) yang meluncurkan mobil balap E-Formula yaitu Sapuangin Speed 6 dan Cartensz, Minggu (26/8) di Surabaya Town Square, Kota Surabaya.

Mobil balap electrik tersebut rencananya akan dilombakan pada ajang “Student Formukla Japan 2018” yang diselenggarakan pada 4-8 September 2018 di Ecopa Stadium, Shizuoka Prefecture, Japan.

Team Sapuangin sendiri fokus untuk menciptakan dua jenis mobil, yaitu mobil hemat energi dan mobil formula. Mobil formula yang karya ITS Team Sapuangin ini sudah mencapai generasi ke-6.

Pencapaian Sapuangin sendiri sudah terbilang bagus di mata dunia, terutama dalam ajang Student Formula Japan yang diikuti. Terbukti dari prestasi-prestasi yang di raih seperti menjadi Best Rookie Award, atau sebagai pendatang pertama terbaik di tahun 2013, serta peringkat Sapuangin yang menunjukkan trend meningkat selama keikutsertaannya.

“PT Pertamina Lubricants sebagai produsen pelumas dengan kualitas terbaik karya anak bangsa senantiasa mendukung kegiatan yang membuktikan prestasi Indonesia di kancah internasional dan ini merupakan salah satu langkah menuju Pertamina mendunia” tutur Budi Suharyanto selaku Sales Region Manager V Jatim Balinus, di hadapan wartawan disela-sela peluncuran mobil formula elektrik di Surabaya, Minggu (26/8).

Dukungan yang diberikan Pertamina Lubricants sebagai BUMN selaras dengan visi perusahaan untuk menjadi perusahaan pelumas kelas dunia.

Saat ini Pertamina Lubricants agresif memasuki pasar overseas dimana sudah memasuki 14 negara yang didukung fasilitas produksi di dalam dan luar negeri.

Selain dari ITS, tercatat terdapat beberapa universitas lain yang juga akan berlaga di kompetisi tersebut, yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Indonesia (UII) dan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS).

Student Formula Japan (SFJ) merupakan event tahunan yang diadakan oleh JSAE (Japan Society of Automotive Engineering). Kompetisi ini sangat ditunggu-tunggu oleh mahasiswa pecinta otomotif. Tidak hanya di Jepang (Asia), Student Formula juga diadakan di beberapa benua lain yaitu Australia, Eropa, dan Amerika.

SFJ memiliki beberapa sub-event yang harus dilewati oleh masing-masing peserta antara lain : design report, cost report, dan business plan pada static event, serta skid pad, acceleration, autocross, endurance, and efficiency pada dynamic event.

Masing-masing sub-event akan memiliki poin-poin tertentu yang nantinya akan diakumulasi menjadi poin akhir

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here