Polygon Meluncurkan E-Bike Gili Apa Istimewanya, Simak di Bawah Ini

PORTALSURABAYA.com – Ketika banyak produsen lain meluncurkan berbagai jenbis sepeda lipat, tapi terobosan teknologi pada duniw gowes dilakukan oleh pabrikan asal tanah air. Polygon justru memperkenalkan electric bike atau sepeda listrik bernama Gili Velo, akhir Oktober 2020.

Menjawab pertanyaan wartawan alasan Polygon merilis sepeda listrik tersebut dikarenakan beberapa kasus pesepeda yang memaksakan diri untuk mengikuti rombongan, tapi akhirnya malah mengalami nasib tragis. Artinya, tidak semua orang memiliki kekuatan yang sama saat bersepeda.

Nah, menjawab hal tersebut Polygon meluncurkan E-Bike Gili Velo. Meskipun sebutannya sepeda listrik, untuk menjalankannya kita tetap harus mengayuhnya. Sepeda ini bisa difungsikan seperti sepeda biasa, namun kita juga bisa menambah tenaga kayuhannya dengan energi dari listrik.

Pada bagian stang (handel bar) kiri terdapat apat power assist yang terhubung pada baterai dan penggerang roda belakang. Jika dalam posisi off, pengguna Gili Velo akan merasakan seperti sedang menaiki sepeda kayuh biasa.

Tapi, jika pengguna menyalakan alat tersebut, maka baterai akan memberik energi tambahan pada tiap kayuhan yang dilakukan. Hasilnya sepeda akan melaju lebih cepat dan kayuhan terasa ringan. Pada Gili Velo terdapat 5 variasi power assist.

Setiap level power assit akan memberikan tenaga tambahan berbeda, sebagai berikut :

Level 1 : Pada level ini, tambahan tenaga pada kayuhan akan mulai terasa. Level ini cocok digunakan pada saat bersepeda santai atau saat ingin melakukan penghematan terhadap konsumsi baterai.

Level 2 : Berpindah ke level 2, pasokan tenaga listrik sedikit bertambah, dan dorongan pada kayuhan akan lebih terasa. Namun konsumsi arus baterai masih tergolong sedikit.

Level 3 : Pada level ini kamu akan merasa kayuhan semakin ringan karena tambahan tenaga terbilang pada level medium. Level ini cocok digunakan untuk bersepeda komuter di dalam perkotaan. Pengendara akan merasakan tambahan daya dorong cukup besar setiap kali mengayuh pedal.

Level 4 : Di level ini, pengendara akan merasakan dorongan tenaga lebih besar di tiap kayuhan, dan harus mulai menyadari bahwa sepeda ini bisa melaju dengan kencang bila kita mengayuh dengan cepat. Konsumsi arus baterai di level ini juga semakin besar.

Level 5 : Ini adalah tigkatan dengan tambahan tenaga paling besar dan torsi terasa paling kuat. Kamu bahkan akan terkejut dengan betapa mudahnya sepeda ini melibas tanjakan. Nyaris seperti tanpa usaha.

Di jalan yang datar, pada level ini sepeda bisa dipacu dengan sangat cepat dan akan membuat heran pengendara sepeda lain yang terlewati. Namun demikian pada level ini, konsumsi arus baterai paling besar.

Saat menggunakan tenaga power assist yang besar, pengendara harus menyadari bahwa setiap kayuhan akan membawanya melesat, sehingga sebaiknya penambahan tenaga dilakukan secara bertahap. Meski begitu, Gili Velo dirancang agar memiliki kendali yang stabil dengan performa pengereman yang akurat sehingga mudah dikendarai.

Dapat digunakan berapa lama baterai pada sepeda Gili Velo ?

Gili Velo dilengkapi dengan baterai Lithium-Ion berkapasitas 7Ah 252WH. Baterai ini dilengkapi sertifikasi ISO13849 untuk memastikan keamanannya.

Standart ini mencakup perlindungan anti meledak dalam kondisi apapun dan memiliki limbah yang lebih ramah lingkungan dibanding baterai lain.

Selain itu, baterai ini juga tahan air sehingga aman digunakan saat hujan atau melewati genangan air, asalkan tidak terendam dalam waktu lama.

Baterai juga dilengkapi sensor suhu di dalamnya untuk mendeteksi bila terjadi overheat. Dalam mode menyala, baterai dapat digunakan bersepeda hingga sejauh 80 kilometer.

Baterai pada sepeda Gili Velo hanya membutuhkan waktu charge atau isi ulang sekitar 4-6 jam. Tapi pengendara juga bisa mengayuh seperti sepeda biasa tanpa menyalakan tenaga listrik tambahan.

Dengan cara ini, baterai akan bertahan lebih lama. Si gesit yang gaya Salah satu hal yang menonjol pada Gili Velo adalah tampilannya yang bergaya urban. Tidak seperti sepeda balap yang cocok untuk pengendara dengan celana ketat dan jersey khusus, Gili Velo lebih pas digunakan dengan tampilan gaya, misalnya dengan celana chino atau jeans dipadukan kemeja dan kaos.

Sepeda ini juga tidak tampil garang seperti sepeda gunung, sehingga lebih cocok dipakai untuk commuting atau menjelajahi kota. Selain itu, karena menggunakan tenaga manusia dan tenaga listrik, sepeda ini tidak mengeluarkan gas buang sehingga tidak menghasilkan polusi.

Sepeda listrik Gili Velo mulai dijual hari ini, Jumat (30/10/2020) dengan cara pre order, dengan harga Rp 14.500.000.

Untuk spesifikasi, menurut Polygon sepeda listrik ini dilengkapi garansi rangka sepeda dan fork non suspensi berlaku 5 tahun sejak tanggal pembelian, sementara garansi untuk baterai dan motor berlaku 2 tahun sejak tanggal pembelian.**

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here