Porsche Gaet Tim Penske Dibawah Nama “Porsche Penske Motorsport”

Otomotif1.com l – Porsche Motorsport dan Team Penske telah sepakat untuk bekerja sama erat dalam meluncurkan kendaraan LMDh baru yang dimulai pada tahun 2023.

Tim AS yang sukses akan bekerja sama dengan para ahli dari Weissach untuk menjalankan entri pabrik di FIA WEC World Endurance Championship dan the North American IMSA WeatherTech SportsCar Championship (IWSC).

Di bawah nama Porsche Penske Motorsport, dua dari prototipe LMDh yang spektakuler akan bersaing memperebutkan kemenangan secara keseluruhan di kelas atas dari masing-masing dua seri balap.

Kontrak antara pabrikan mobil sport asal Stuttgart dengan tim balap AS yang didirikan pada 1966 itu akan berlangsung selama beberapa tahun.

Pernyataan tentang ini ditandatangani oleh Oliver Blume – Ketua Dewan Eksekutif Porsche AG, Michael Steiner – Anggota Dewan Eksekutif untuk Penelitian dan Pengembangan, dan Roger Penske, Ketua Tim Penske.

Mulai tahun 2023, kendaraan LMDh akan mewakili yang terbaik dalam balapan ketahanan bersama dengan apa yang disebut hypercar (LMH).

Prototipe tersebut juga akan dimasukkan oleh tim pelanggan Porsche di kedua kejuaraan tersebut pada awal tahun 2023.

Mobil-mobil tersebut, memiliki berat sekitar 1.000 kilogram dan didasarkan pada sasis LMP2, ditenagai oleh drivetrain hybrid 500 kW (680 PS).

“Kami sangat senang bisa mendapatkan Team Penske untuk membentuk kemitraan ini,” kata Oliver Blume, Ketua Dewan Eksekutif Porsche AG.

Oliver Blume mengatakan, Untuk pertama kalinya dalam sejarah Porsche Motorsport, perusahaan kami akan memiliki tim global yang berkompetisi dalam dua seri ketahanan terbesar di dunia.

“Untuk tujuan ini, kami akan mendirikan basis tim di kedua sisi Atlantik. Ini akan memungkinkan kami untuk menciptakan struktur yang optimal, kami perlu meraih kemenangan secara keseluruhan di Le Mans, Daytona dan Sebring, misalnya,” lanjut Oliver Blume dalam siaran pers nya kepada redaksi otomotif1.com.

“Pada tahun 2023 nanti, Porsche akan bersaing di seri balap ketahanan utama. Tujuan kami adalah untuk mendukung dan membentuk era baru dengan prototipe LMDh kami,” pungkas Michael Steiner menekankan.

Michael Steiner menegaskan bahwa, Porsche tidak hanya akan terus berharap untuk total empat mobil pabrikan yang kami miliki, tetapi juga untuk tim pelanggan kami.

Kendaraan LMDh baru juga akan dimasukkan sebagai mobil pelanggan di kedua seri pada awal musim 2023.

“Tim mitra akan mendapatkan dukungan penuh kami. Apa pun wawasan yang kami peroleh dari upaya pabrik kami juga akan dibagikan kepada mereka,” tukas Michael menjelaskan.

“Porsche dan Penske berbagi rekam jejak keberhasilan yang telah terbukti. Kemitraan ini memiliki dampak yang bertahan lama dari 2006 hingga 2008 pada apa yang kemudian disebut Seri Le Mans Amerika,” kata Fritz Enzinger, Kepala Porsche Motorsport, yang senang dengan kolaborasi baru dengan tim AS.

Team Penske telah membuat nama untuk dirinya sendiri dengan kisah sukses yang hampir tak tertandingi di motorsport.

Namun, dalam daftar panjang kemenangan hingga saat ini, nama Le Mans telah hilang. “Saya berharap akhirnya kami dapat menorehkan kesuksesan ini, pada 2023 dengan Porsche Penske Motorsport. Ini akan menandai kemenangan ke-20 Porsche secara keseluruhan di Sarthe – mimpi yang menjadi kenyataan,” ujar Fritz Enzinger.

Dengan Porsche RS Spyder, Tim Penske telah merebut semua gelar di kelas LMP2 selama tiga tahun berturut-turut antara 2006 dan 2008, mengalahkan prototipe LMP1 yang lebih cepat beberapa kali.

Kembali ke tahun 1970-an, tim yang berbasis di AS telah sangat sukses dengan Porsche 917 legendaris dalam seri Can-Am.

“Ini adalah hari yang membanggakan bagi kami dan seluruh organisasi Penske. Kami telah mewakili Porsche di trek atau dalam bisnis selama lebih dari enam dekade. Warisan dan kesuksesan yang telah kami nikmati bersama tak tertandingi sepanjang sejarah,” komentar Roger Penske.

“Saya tidak sabar untuk memulai saat kami membangun program balap global dengan Porsche yang akan bersaing untuk mendapatkan kemenangan dan kejuaraan di masa depan,” lanjut Roger Penske.

Porsche Motorsport akan mengoperasikan basis tim di AS bersama dengan Tim Penske di markas tim Amerika di Mooresville di Negara Bagian Carolina Utara.
***

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here