Porsche Gandeng UP.Labs Bangun startup yang dibuat khusus

Otomotif1.com – Porsche sebagai salah satu merek kendaraan sport terkemuka di dunia memperluas jaringan venturanya dengan berkolaborasi bersama UP.Labs, model baru untuk membina startup yang inovatif.

Pabrikan mobil sport yang berbasis di Stuttgart itu telah menyepakati kerjasama tiga tahun dengan perusahaan AS yang bertujuan untuk mendirikan enam perusahaan dari 2023 hingga 2025 dengan model bisnis baru di berbagai bidang mobilitas.

Fokus startup akan berkisar pada aktivitas inti Porsche. Misalnya, ini dapat melibatkan pemeliharaan prediktif, transparansi rantai pasokan, atau ritel digital. Porsche sendiri sudah menginvestasikan sejumlah uang dalam jutaan dua digit untuk tujuan ini.

Startup akan menjadi minoritas yang dimiliki oleh Porsche, dengan opsi untuk membelinya sepenuhnya setelah tiga tahun. Pengembangan sudah berlangsung untuk dua startup pertama, yang akan didirikan sebelum akhir tahun 2022.

“Kami ingin memperkuat ekosistem startup berbasis luas yang ada dengan pertumbuhan eksternal,” ujar Lutz Meschke, Wakil Ketua Dewan Eksekutif Porsche AG dan Anggota Dewan Eksekutif untuk Keuangan dan TI.

“Melalui UP.Labs, Porsche mendapatkan akses ke talenta internasional dan pengetahuan mereka. Tujuannya adalah untuk lebih meningkatkan posisi Porsche dalam fase transformasi industri otomotif saat ini dalam jangka panjang. Di atas segalanya, kami berusaha untuk sumber inovasi baru,” imbuhnya lagi.

Porsche telah aktif sejak 2016 dalam mengidentifikasi dan mengambil saham di sekitar 40 startup dengan model bisnis baru dan teknologi baru.

Yang membedakan dari kolaborasi baru ini adalah UP.Labs akan bekerja secara langsung dengan Porsche untuk mengembangkan startup yang disesuaikan dengan bisnis Porsche. Porsche kemudian memiliki opsi untuk mengintegrasikan mereka ke dalam organisasi.

“Konsepnya menggabungkan keuntungan dari pengembangan startup gratis di pasar – misalnya, melalui partisipasi semua karyawan dalam kesuksesan perusahaan – dengan keterlibatan langsung karyawan kami dan hubungan dekat dengan Porsche,” jelas Lutz Meschke.

UP.Labs yang berbasis di Los Angeles telah merancang platform ventura jenis baru.

Hal ini didukung oleh apa yang digambarkan oleh salah satu pendiri dan CEO John Kuolt sebagai “model baru dan struktur insentif untuk menangkap semua kelincahan dan inovasi perusahaan rintisan di samping skala dan sumber daya perusahaan.”

Tim AS terdiri dari wirausahawan, pemimpin produk, dan teknolog yang telah terbukti dengan catatan mengembangkan bersama banyak usaha yang sukses dalam kolaborasi dengan mitra perusahaan. Pada peluncuran resmi mereka pada 7 Juni, tim UP.Labs sekarang mengejar konsep ini dengan Porsche sebagai mitra integral pertama.

UP.Labs diluncurkan sebagai bagian dari konsorsium perusahaan bersama UP.Partners, semuanya berfokus pada percepatan masa depan mobilitas. Ekosistem UP.Partners yang baru-baru ini diumumkan mencakup Dana Modal Ventura I senilai $250 juta yang akan diinvestasikan di perusahaan yang diluncurkan oleh UP.Labs.

“Sebagai salah satu pelopor mobilitas berkelanjutan, Porsche secara aktif mencari solusi baru dengan keberanian dan dorongan,” tegas CFO Lutz Meschke.
“Pendekatan UP.Labs menggabungkan kemampuan Porsche dengan insentif pasar eksternal demi membangun model bisnis yang menarik untuk kepentingan perusahaan,” tutup Lutz Meschke.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here