Porsche Hadirkan Kembali 3 Balutan Cover Ekslusive Era 1971-1978 untuk 911 Dakar

Otomotif1.com – Jika Anda lahir era 70-an Anda pasti pernah tahu film kartun Speed Racer yang terinspirasi dari sejarah reli Paris-Dakkar. Usut punya usut ternyata, cerita film kartun Speed Racer ada hubungannya dengan sejarah reli Porsche 911

Sebagai mobil sport jalanan aspal, Porsche 911 dikenal setelah kemenangan pertamanya diajang reli lintas negara Paris-Dakar Rally pada tahun 1984.

Meski demikian, sebenarnya Porsche 911 sudh menjadi jawara diajang East African Safari Rally pada tahun 1970-an, dan iini tebtu saja menjadi sejarah dan cerita yang kuat bagi Porsche 911.

Atas pencapaian tersebut, yang menginpirsi dari gaya dari Rallye Design Package opsional untuk 911 Dakar sangat menarik perhatian mobil pemenang tahun 1984 ini, Porsche menawarkan tiga cover eksklusif untuk 911 Dakar yang menampilkan kembali tampilan tahun 1971, 1974, dan 1978 di East African Safari Rally.

Rallye 1971: urutan kelima untuk tim 911 Polandia
Acara ini melibatkan peserta sejauh 5.000 km melalui sabana, semak belukar gurun dan dataran tinggi Kenya dan dianggap sebagai salah satu reli terberat dari semuanya. Porsche melakukan tantangan untuk pertama kalinya dengan tim kerja pada tahun 1971. Dari luar, model 911 S yang dimodifikasi hanya dapat dikenali dari stiker hitam sederhana di kap mesin, sayap depan, dan pintu. Set stiker Rallye 1971 untuk 911 Dakar direvisi kembali desainnya dan ditambahkan nomor kompetisi 19, yang dimiliki oleh 911 paling sukses dalam reli ini – sebuah mobil yang berada di urutan kelima pada tahun 1971, dikemudikan oleh pembalap Polandia Sobiesław Zasada dan Marian Bień.

Rallye 1974: Björn Waldegård memasuki medan pertempuran
East African Safari Rally menampilkan tahapan yang sangat panjang – pada tahun 1974, balapan dibagi menjadi tiga bagian sepanjang 1.450 hingga 2.019 kilometer, yang harus diselesaikan tim hanya dalam lima hari. Dari 99 mobil yang berpartisipasi, hanya 16 yang berhasil mencapai garis finish. Juara reli Swedia Björn Waldegård, yang telah memenangkan Rallye Monte Carlo dua kali dengan Porsche, memimpin waktu yang lama bersama co-driver Hans Thorszelius dengan 911 Carrera 2.7 RS dan memulai bagian ketiga dengan selisih waktu 36 menit di urutan kedua. Tapi wishbone yang rusak menghabiskan waktu 72 menit, dan pada akhirnya Waldegård bertahan untuk finish kedua. Ciri khas dari stiker sponsor utama adalah garis-garis biru yang menelusuri garis bahu mobil yang berwarna putih. Cover saat ini mengambil tema tersebut, meskipun dengan garis-garis yang lebih sempit dan ditambah dengan logo Porsche di tepi bawah pintu.

Rally 1978: desain balap legendaris
Björn Waldegård belum selesai. Dengan salah satu dari dua mobil 911 SC Grup 4 yang dibuat khusus untuk tujuan tersebut, pembalap Swedia itu mencobanya lagi di Kenya dan dengan cepat menunjukkan di kompetisi bahwa ia siap meraih kemenangan. Namun, pada akhirnya East African Safari Rally sekali lagi terbukti berbahaya: wishbone, shock absorber, drive shaft – Porsche Waldegård mengalami terlalu banyak kerusakan dalam beberapa kasus. Petenis Swedia yang cepat itu harus menerima dengan posisi keempatnya, sementara duo Afrika Selatan Vic Preston Jr. dan John Lyall menempati posisi kedua. Stiker sponsor terdiri dari permukaan berbentuk gelombang berwarna oranye dan abu-abu terang dan gelap, yang dikenal di seluruh dunia karena aktivitas Martini Racing Team yang didirikan pada tahun 1958. Sekali lagi, desainer Porsche dengan hormat menafsirkan ulang stiker bersejarah di sini.

Semua set stiker dapat dipesan melalui Porsche Exclusive Manufaktur. Set stiker Rallye 1971 dan Rallye 1974 juga dapat dipesan melalui Porsche Tequipment di Porsche Centre.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here