Porsche Sukses Merestorasi 959 S Milik Nick Heidfeld’s

Otomotif1.com l – Ini merupakan Pit Stop paling luar biasa setelah Porsche sukses merestorasi Porsche 959 S milik Nick Heidfeld’s di Porsche Classic.

Nick Heidfeld, mantan pembalap ini memiliki versi sport Porsche 959 S yang sangat langka karena hanya ada 29 unit saja didunia.

Seperti diketahui, pada masa nya Porsche 959 adalah tipe yang menjadi favorit penggemar mobil tahun 1980 – 90an yang memiliki horse power, akselerasi, berkecepatan tinggi dan harga yang fantastis menjadi idola bagi penggemar mobil dikala itu.

Porsche 959 adalah sebuah mobil super sport yang memiliki kecepatan tertinggi hingga 315 Km/jam, dan hanya diproduksi sebanyak 292 unit saja oleh Porsche.

Nick Heidfeld adalah salah satu pemilik versi sport yang sangat langka dan lebih bertenaga, Porsche 959 s miliknya mampu menghasilkan tenaga 515 PS dan mencapai kecepatan tertinggi 339 Km/jam.

Porsche Sukses Merestorasi 959 S Milik Nick Heidfeld’s

Item kolektor ini juga memiliki string pemecah rekor lainnya, seperti jarak tempuh rendah 959 S milik Heidfeld hanya mencatat 4.183 kilometer pada odometer ketika ia membawanya ke Porsche Classic pada musim panas 2017.

Meskipun hampir tidak pernah rusak, 959 ini sudah membutuhkan perbaikan teknis yang ekstensif.

Menurut Uwe Makrutzki, Kepala Restorasi Pabrik di Porsche Classic, mengatakan, “Jika mobil dengan teknologi inovatif seperti itu tidak dikendarai secara teratur, kerusakan penyimpanan, sayangnya, tidak dapat dihindari.”

“Powertrain dan sasis harus dirombak secara keseluruhan; pengalaman menunjukkan bahwa setiap pengurangan ruang lingkup pekerjaan menyebabkan masalah di masa depan,” lanjut Uwe Makrutzki.

Seperti semua pemilik Porsche klasik, bagi yang memiliki 959 di garasi mereka mendapat manfaat dari keahlian dan peralatan unik dari departemen perusahaan yang terintegrasi penuh ini.

Ketika produksi mobil super sport berakhir, Porsche Classic mengambil alih kepemilikan semua pengujian dan restorasi alat dari semua area pabrik. Selain itu, ada banyak pengalaman dengan model langka ini.

“Hampir semua 959 telah bersama kami setidaknya sekali dalam hidup mereka,” kata Makrutzki.

“Jadi kami sudah banyak latihan. Namun, berkat teknologi yang sangat kompleks, perombakan 959 selalu menjadi misi yang sangat istimewa dan luar biasa,” tukasnya lagi.

Dalam kasus 959 S milik Heidfeld, diagnosis mengungkapkan antara lain, bahwa sistem manajemen mesin telah dimodifikasi. Setelah berkonsultasi dengan pemiliknya, staf Porsche Classic mengembalikan unit Motronic ke kondisi aslinya.

Mantan pebalap Formula Satu 959 S itu kemudian siap untuk kembali ke jalan raya pada Desember 2021.

Heidfeld: “Saya memiliki hak istimewa untuk mengendarai banyak mobil berperforma tinggi, tetapi mengendarai legenda teknologi tinggi ini adalah sesuatu yang istimewa bagi saya. Saya adalah remajan penggemar mobil di akhir 1980-an, dan bagi saya Porsche ini selalu luar biasa. Pada saat itu, 959 adalah mobil produksi tercepat di dunia dan sejauh ini yang paling canggih. Jadi bahkan hari ini, 959 tidak seperti layaknya mobil berusia 30 tahun, tetapi seperti kendaraan yang jauh lebih modern.”

Porsche Sukses Merestorasi 959 S Milik Nick Heidfeld’s

Untuk memastikan perbaikan tersebut sukses dalam jangka panjang, Makrutzki menyarankan perjalanan rutin: “Meliputi sekitar 100 kilometer dalam operasi campuran setidaknya sebulan sekali memberikan perlindungan dari kerusakan karena tidak dikemudikan. Hal ini juga merupakan umpan balik dari pelanggan kami.”

959 S yang sekarang telah direstorasi awalnya dibuat dengan spesifikasi berikut pada tahun 1987:

Length/width/height                                      mm           4,260/1,840/1,240

Wheelbase                                                    mm          2,272

Kerb weight (DIN)                                           kg          1,350

Engine                                                Number of          Six-cylinder boxer

cylinders/arrangement

Gearbox/powertrain                                                      6 speed/all-wheel drive

Displacement                                               cm³          2,848

Power output                                 kW/PS at rpm          379/515 at 6,900

Torque                                                Nm at rpm         561 at 6,500

Acceleration 0 – 100 km/h                             sec.          3,7

Top speed                                                   km/h         339

Base price (1987)                                           DM         420.000

Tentang Porsche 959
Bagi banyak pecinta mobil, 959 adalah salah satu mobil sport paling menarik di abad terakhir. Pada tahun 1983, Porsche mempresentasikan studi ‘Group B’, yang dirancang untuk memenuhi peraturan untuk kelas reli yang spektakuler ini, di IAA.

Pada Reli Dakar Paris 1986, ketiga 959 menyelesaikan balapan, mengambil tempat pertama, kedua dan keenam. Versi trek 961 yang dimodifikasi juga finis ketujuh dalam lomba ketahanan 1986 di Le Mans dan meraih kemenangan kelas di kelas IMSA/GTX.

Model produksi memulai debutnya di IAA pada tahun 1985. Inovasinya termasuk speed-sensitive dan shock absorber yang dapat disesuaikan, suspensi self-levelling, penggerak semua roda variabel yang dikontrol secara elektronik dengan pemilihan program mengemudi dan ABS, sistem pemantauan tekanan ban dan aerodinamis, dan badan yang dioptimalkan (Cd 0,31).

Desain bodi menggabungkan teknologi dari desain mobil balap dan pesawat: kulit luar terbuat dari Kevlar dan resin epoksi yang diperkuat serat kaca dalam konstruksi hibrida, sedangkan spoiler depan terbuat dari busa integral poliuretan. Pintu dan kap mesin terbuat dari paduan aluminium khusus.

Porsche Sukses Merestorasi 959 S Milik Nick Heidfeld’s

959 adalah mobil produksi pertama yang memiliki mesin boxer biturbo dengan turbocharging berurutan: kedua turbo ini yang beroperasi secara berurutan membantu mengurangi turbo lag.

Titanium conrods mengurangi massa berosilasi pada poros engkol. Silindernya berpendingin udara, seperti yang biasa dilakukan di Porsche pada saat itu, tetapi kepala empat katupnya berpendingin air.

Untuk pembuangan panas yang lebih baik, katup buang memiliki pengisian natrium. Hanya 292 unit Porsche 959 yang dibuat dalam produksi seri dari 1987 hingga 1988.

Versi Sport bahkan lebih jarang: hanya 29 unit yang terjual. Varian ini memiliki turbocharger yang lebih besar yang beroperasi dengan tekanan boost yang lebih tinggi, dengan 515 PS dibandingkan dengan 450 PS pada model dasar.

959 S tidak memiliki suspensi self-leveling. Pendingin udara otomatis, sistem penguncian sentral, jendela elektrik, kaca spion kanan dan kursi belakang juga dihilangkan untuk membantu menghemat berat.

Informasi lebih lanjut tentang Porsche dapat mengunjungi laman resmi Porsche di www.porsche.com.

Porsche Sukses Merestorasi 959 S Milik Nick Heidfeld’s

Tentang Nick Heidfeld
Dengan 183 Grand Prix dimulai di Formula One, Nick Heidfeld adalah salah satu pembalap Jerman yang paling terkenal. Selama 12 tahun, pembalap asli Mönchengladbach itu mengendarai Formula One untuk tim-tim papan atas termasuk BMW, Lotus-Renault, Sauber dan Williams.

‘Quick Nick’, begitu ia disapa, finis di podium sebanyak 13 kali. Ia finis kelima di klasemen Formula Satu pada tahun 2007. Kemenangan balap terbesarnya datang pada tahun 2014, ketika dia memenangkan kelasnya dan finis keempat secara keseluruhan di 24 Hours of Le Mans.

Pada tahun yang sama, ia juga menjadi pengemudi tamu di Porsche Mobil 1 Supercup. Antara 2014 dan 2018, Heidfeld berkompetisi di Formula E.

Pria berusia 45 tahun yang telah menikah dan ayah dari tiga anak ini tinggal di Swiss. Dengan pendapatan Formula One pertamanya, Heidfeld membeli Porsche 911 GT2 (996).

Saat ini, garasi penggemar mobil klasik ini memiliki Ford Mustang Fastback 1965, convertible Volkswagen Beetle tua, dan Porsche Carrera GT. Belum lagi Porsche 959 S yang baru saja dirombak oleh Porsche Classic.

***

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here