PT Indotruck Utama Perkenalkan Bus Premium Volvo B11R Kepada Pengusaha Otobis di Indonesia

Sentul, Otomotif1.com“Bus premium Volvo B11R” siap diluncurkan dan mengaspal menelusuri jalan-jalan ditanah air, setelah satu tahun Volvo Buses Indonesia meluncurkan produknya ke pasar bus Indonesia. Kini saatnya bagi Volvo Buses membuat gebrakan baru dengan mengajak para pengusaha otobis untuk merasakan pengalaman dalam berkendara dan merasakan kenyamanannya secara langsung.

PT Indotruck Utama (ITU), sebagai distributor tunggal dari Volvo Buses Indonesia, hari Kamis, 5 Maret 2020, memperkenalkan produk unggulan terbarunya yakni ; ‘Volvo B11R’ kepada masyarakat pecinta bis dan khususnya para pengusaha otobis Indonesia.

Dalam kesempatan ini, PT ITU mengundang para pengusaha yang bergerak dibidang Perusahaan Otobis (PO) ini bersama dengan rekan media untuk dapat merasakan langsung pengalaman mengendarai bus premium Volvo B11R secara langsung dengan melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Sentul, Bogor.

Seperti dikutip dari sambutan yang disampaikan oleh Mats Nilsson, Direktur Volvo Buses APAC Central yang mengatakan bahwa Volvo ingin memberikan pengalaman baru kepada pelanggan setianya karena menurutnya pengalaman pelanggan itu sangatlah penting.

“Ini adalah janji kami untuk menjadi rekan bisnis terbaik dan terpercaya kepada para pelanggan kami. Tujuan utama dari acara Ride and Drive ini adalah untuk memberikan pengalaman baru kepada pelanggan kami, hingga mempelajari lebih lanjut terkait kelebihan yang dimiliki oleh bus premium Volvo B11R ini dan keuntungan yang akan diberikan oleh Volvo untuk menunjang kemajuan bisnis mereka,” jelas Nilsson.

Lebih jauh Nelson menambahkan, hubungan Volvo dengan pelanggan tidak berhenti hanya saat Volvo melakukan serah-terima kunci kendaraan baru mereka saja.

“Kami tidak hanya memiliki produk yang memenuhi setiap persyaratan yang dibutuhkan pelanggan tetapi juga layanan yang mendukung. Volvo Buses sangat bersemangat untuk menghabiskan waktu dengan pelanggan kami secara langsung,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Presiden Director of PT Indotruck Utama, Bambang Prijanto menegaskan perihal kegiatan ini, Volvo memberikan pengalaman bagus bagi pelanggan untuk dapat merasakan bagaimana Volvo Buses beroperasi, selain itu, pelanggan juga dapat merasakan kenyamanan dan kemewahan yang dimiliki oleh Volvo Buses sehingga dapat meninggkatkan brand Volvo Buses Indonesia itu sendiri.

“Ini adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan,” tegasnya.

Sebagai anak perusahaan dari Indomobil Group, PT Indotruck Utama (ITU) selaku distributor tunggal Volvo Buses di Indonesia, menawarkan pengetahuan yang luas terkait peningkatan daya, kinerja, efisiensi, dan kehandalan Volvo B11R dan sejumlah layanan perbaikan ekstensif yang disediakan oleh ITU. Pelatih pengemudi professional juga turut dihadirkan untuk memberikan fasilitas keamanan dan kenyamanan selama berkendara kepada pelanggan yang akan mencoba Volvo Buses secara langsung.

Acara ini dapat terselenggara atas dukungan dan kerjasama dengan salah satu rekanan dan pelanggan Volvo, PT Rosalia Indah Transport yang menggunakan unit Volvo B11R ultra-high deck. Dengan panjang badan 13.5 meter yang dibuat oleh Karoseri PT Adiputro Wirasejati, bis ini memiliki beberapa fitur unggulan antara lain konfigurasi penggerak 6X2 dengan suspense udara, mesin diesel bertenaga 430 HP, dan transmisi I-Shift 12 speed dengan system pengereman hydraulic retarder terintegrasi.

Bus ini didesain dengan ketinggian lantai tinggi sehingga memungkinkan terciptanya ruang bagasi yang lapang dan tinggi serta dapat menampung hingga lima unit sepeda motor sekaligus. Chassis Volvo Buses juga hadir dengan berbagai pilihan transmisi di antaranya 12 speed I-Shift AMT Transmission yang merupakan transmisi terbaik dari Volvo yang didesain untuk berbagai kebutuhan di antaranya untuk operasional jarak jauh dan transportasi antarkota.

Selain itu, untuk tipe tertentu tersedia juga transmisi full automatic 6 speed dengan sistem pengereman hydraulic retarder terintegrasi.

Alasan PO Bus Rosalia Indah Memilih Volvo Buses B11R

Rosalia Indah Transport adalah salah satu operator bus terbesar di Jawa Tengah dan sudah melakukan banyak perjalanan pulang-pergi dari Jakarta ke Jawa Timur. Rosalia kini memiliki dua unit Volvo Buses B11R ultra high deck dan lima unit lagi yang sedang dalam pembuatan – yang diharapkan bisa selesai pada pertengahan 2020.

Volvo Buses akan terus berupaya mempromosikan merek Volvo dan manfaat yang ditawarkan kepada operator bus yang ada di pasar bus Indonesia.

Armein Effendy, Marketing & Logistik Dept. Head, saat ditemui dalam wawancara eksklusifnya mengatakan bahwa PT ITU saat ini sudah menyiapkan 25 unit B11R series untuk kebutuhan pemesanan. Sedangkan target penjualan sendiri ditetapkan dikisaran 30 – 50 unit per tahun 2020 untuk penyebaran secara nasional.

“Untuk saat ini pulau Jawa masih dominan dalam hal penyebaran unit, karena infrastruktur jalannya yang sudah memadai untuk dilalui oleh bus sekelas B11R diikuti oleh Pulau Sumatera, Sulawesi dan beberapa daerah lainnya,” jelas Armein Effendy.

Lebih lanjut Armein Effendi menjelaskan, produk Volvo Buses memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan produk sejenis dari kompetitor lainnya, karena Volvo mempunyai ‘Core Value’ seperti standar kwalitas, keamanan (safety), environmental care (ramah lingkungan).

“Semua kendaraan yang dipasarkan oleh Volvo harus memiliki standar kwalitasnya yang terbaik, contohnya dari segi performance, produktivitas, reliability, safety,” sambungnya.

Harga Chasis B11R ditawarkan dengan harga Rp. 1,7 –  Rp. 1,8 Miliar per-unit, patokan harga ini sangat dipengaruhi oleh perubahan dan fluktuasi nilai valuta asing, karena unit chasis ini dibeli dengan standar valuta asing.

Untuk setiap pemesanan, unit didatangkan langsung dari Swedia sebagai negara pembuat chasis B11R sehingga pembeli masih harus menunggu waktu indent selama lebih kurang 2-3 bulan hingga unit tiba di Indonesia setelah melalui proses pengiriman.

Volvo Buses memiliki standar tersendiri dalam hal pengerjaan body bus pada proses karoseri, perusahaan karoseri harus lulus dari program sertifikasi sesuai dengan standar pabrik Volvo Buses.

Perusahaan karoseri harus memiliki sertifikasi dari pabrik Volvo buses untuk dapat membangun body bus Volvo. Tanpa ada sertifikasi ini sebuah perusahaan karoseri belum dapat rekomendasi dari PT ITU untuk membangun Body bus Volvo ini.

Untuk dapat memenuhi standar sertifikasi yang ditetapkan oleh PT ITU ini Volvo Buses akan mendatangkan seorang assessor dari Eropa yang akan menilai berbagai hal hingga dinyatakan lulus sertifikasi.

Volvo Buses tidak mengijinkan perusahaan karoseri jika belum memiliki sertifikasi dari assessor untuk membangun body Volvo Buses sesuai standar Volvo Buses Indonesia. Dalam hal standar sertifikasi ini, PT ITU tidak menetap jumlah minimum pembelian terhadap chasis Volvo Buses.

Beberapa perusahaan karoseri terkemuka sudah memiliki standar sertifikasi ini sehingga sudah mendapatkan rekomendasi langsung bagi pembeli chasis Volvo Buses untuk melakukan pembangunan body Volvo Buses sesuai standar yang ditentukan.

Saat disinggung soal keikut sertaan Volvo Buses Indonesia di GIICOMVEC 2020, Armein Effendy hanya memberikan keterangan tentang penyerahan unit Volvo B11R yang akan dilakukan oleh perusahaan karoseri Adi Putro kepada Livery Herby, hari Sabtu, (7/3).

Reporter-SonnyWibz

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here