Review Daihatsu All New Sirion: City Car Terlengkap Dengan Kabin Terlapang di Kelasnya

Surabaya, Otomotif1.com – Daihatsu memang terkenal dengan produk kendaraan kecil (kei car) di negeri asalnya Jepang. Hal ini pernah dibuktikan Daihatsu saat ajang GIIAS 2016, Daihatsu memboyong jajaran key car dan diperkenalkan kepada pengunjung GIIAS saat itu.

Sejak merebaknya kendaraan kecil perkotaan tanpa buntut pada tahun 1980-an, Daihatsu terus menghadirkan line up jenis ini, sebut saja Charade hingga Sirion saat ini. Karena untuk urusan kendaraan kecil perkotaan tanpa buntut atau biasa disebut hatchback nampaknya bukanlah sesuatu yang baru bagi Daihatsu.

Selain dimensi yang kecil untuk membelah padatnya arus lalu lintas perkotaan juga irit penggunaan bahan bakar, hal ini yang menjadi alasan kenapa mobil hatchback yang juga city car laris di pasaran dan diminati sebagai kendaraan harian untuk beragam hal seperti bekerja, kuliah bahkan sekolah.

Generasi ketiga All New Sirion yang mengusung tagline “Sirion Generasi On” ini sangat signifikan sekali perbedaannya dari generasi sebelumnya. Kesan racing tertangkap dari berbagai sisi. Selain itu karena basisnya dari Perodua Myvi, mobil ini begitu terasa sekali kesan hatchbacknya. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang memang sedikit ada kesan retro karena memang masih ada kaitannya dengan Daihatsu Boon yang beredar di Jepang.

Eksterior

Dari segi desain All New Sirion pada bagian muka (depan), headlamp All New Sirion memiliki perubahan dimensi yang sedikit menyipit, secara desain memang sedikit mirip dengan milik headlamp Proton Saga. Namun, secara teknologi headlamp All New Sirion seluruhnya sudah mengunakan LED, kemudian ada foglamp yang diberi garnish chrome yang memberi kesan mewah pada kendaraan kecil ini.

Ditambah All New Sirion pada headlampnya sudah dilengkapi dengan headlamp adjuster artinya headlamp bisa diatur tinggi rendahnya dari dalam ruang kemudi.

Headlamp yang sudah dilengkapi LED dan bisa diatur ketinggiannya dari dalam kabin driver

 

Pada bagian grille juga terdapat crome dengan list dua bilah yang menyambung serta memanjang dari bagian dalam kedua headlamp.

Pada bagian buritan All New Sirion memiliki eskterior sangat bagus sekali, dan memang lagi-lagi kesan sporty tertangkap sangat kental di sini. Aplikasi air diffuser yang pada generasi sebelumnya memiliki ukuran besar ada All New Sirion diperkecil ditambah posisi penempatan plat nomor kendaraan yang sudah berpindah ke bawah.

Selain dua sensor parking yang ditempatkan dibelakang, All New Sirion sudah dilengkapi dengan kamera untuk parkir mundur.

Kesan racing juga semakin kentara dengan penempatan dual spoiler sewarna dengan body mobil dan yang satunya di cat warna hitam metalik.

Pada lampu belakang All New Sirion sangat berbeda dengan Sirion generasi sebelumnya, yang tampil berdiri sementara pada generasi ke 3 ini tampil rebah dengan tail lamp model lead bar dan sudah menggunakan LED. Dan kalau malam akan nampak bagus terkesan seperti sebuah mobil mewah.

Bentuk lampu belakang yang berubah dari generasi sebelumnya, juga dilengkapi dengan dua sensor parkir dan camera belakang untuk parkir mundur

 

Untuk lampu rem, All New Sirion mengguanakn LED titik yang yang dibiaskan kesamping sehingga aman karena tidak menyilaukan bagi pengendara lain yang berada di bebelakangnya.

Kemudian untuk model antenna, All New Sirion sudah menggunakan model shark fin. Dan model antena seperti ini tidak pernah ada pada jenis kendaraan sejenis dengan harga di bawah Rp200 juta.

All New Sirion memiliki doorhandle model grip yang sudah dilengkapi dengan smart key, artinya mobil ini sudah menggunakan keyless sama seperti Suzuki Ignis. Jadi sekarang bukan Cuma Ignis saja yang memiliki model keyless.

Pada bagian roda, All New Sirion menggunakan ring 15 dengan pelek twotone menggunakan merek Goodyear Assurance dengan ukuran 185/55-R15. Jarang sekali ada model mobil seperti ini yang menggunakan merek Goodyear.

Interior

Dashboard All New Sirion masih tetap menggunakan hard plastic yang diberi sentuhan warna piano black dan sedikit warna crome yang menampilkan kesan modern dan bentuk desainnya juga cukup manis. Pada bagian centre consolenya sendiri sedikit agak difokuskan kearah driver.

Tampilan MID mewah dengan layar biru lengkap dengan informasi informasi seatbelt warning

 

Pada fitur entertainment, All New Sirion dilengkapi dengan head unit yang sudah lengkap seperti CD Audio, Mp3, USB . Sementara agar bertelepon tidak menggangu konsentrasi mengemudi, koneksi Bluetooth phone pun tersedia melengkapi fitur Bluetooth untuk mengoneksikan lagu pada smartphone anda.

Beralih sedikit kebagian bawah headunit , disitu ada tombol engine start/stop, kemudian passanger seatbelt warning dan central lock, yang menyatu dengan modul AC yang sudah digital.

Dengan stir yang sudah dibalut kulit dan kursi driver yang sudah dilengkapi high adjuster All New Sirion memang berbeda sekali dari mobil sekelasnya.

 

Pada kursi driver dengan bentuk semi bucket sudah dilengkapi dengan high adjuster, selain itu undertie suportnya sedikit maju sehingga kaki tidak muda lelah. Untuk stir pada All New Sirion sudah dilapisi kulit yang juga terdapat audio steering swict untuk mengatur audio dari stir, dan posisi stirnya sendiri sudah bisa diatur tinggi rendahnya walau belum dilengkapi teleskopik.

Kabin Belakang Yang Super Lega

Jika anda duduk di kabin kedua All New Sirion, anda pasti akan terkejut dengan ruang kabin yang super lega untuk kelas city car. Untuk anda yang bertinggi badan 177 cm tidak perlu khawatir akan mentok dengkul anda dengan kursi depan, ini tidak akan terjadi.

Untuk seatbelt pada kursi belakang ternyata All New Sirion menggunakan seatbelt 3 titik. Tidak seperti biasanya seperti pada kendaraan sejenis yang hanya menggunakan 2 titik, yang sudah dilengkapi dengan standar keamanan international ISOFIX.

Selain kabin kedua yang lapang, kabin All New Sirion juga tidak kalah lapangnya dibandingkan dengan generasi sebelumnya atau bahkan dengan tipe sejenis dari merek lain, karena kapasitas bagasi All New Sirion bisa menampung sebanyak 277 liter.

Mesin

Dapur pacu generasi ke 3 All New Daihatsu Sirion menggunakan mesin 1NR-VE DOHC, Dual VVT-I berkapasitas 1.329 cc, dari bobot mesin sebesar itu dapat menghasilkan power sebesar 95 hp pada 6.000 rpm dengan torsi sebesar 120 Nm pada 4.400 rpm.

Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Daihatsu Sirion periode Januari-November 2017 terjual 1.685 unit. Itu artinya dalam satu bulan rata-rata terjual 150-an unit hingga 200 unit.

Menggunakan mesin 1NR-VE DOHC, Dual VVT-I berkapasitas 1.329 cc, dari bobot mesin sebesar itu dapat menghasilkan power sebesar 95 hp pada 6.000 rpm

PT Astra Daihatsu Motor selaku distributor All New Sirion merilis lima warna untuk All New Sirion, yaitu Lava red, Icy White, Mystical Purple, Glittering Silver dan Peppermint Green.

All New Sirion dipasarkan dalam dua tipe matik dan manual. Untuk wilayah Jawa Timur All New Sirion dibanderol Rp 189,175 juta untuk transmisi manual (MT) dan Rp 199,775 juta untuk transmisi matik (AT).

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

2 COMMENTS

  1. Mau koreksi mas. Untuk head unit tidak ada mode aux..
    Dan 0-100 km ga mungkin dibawah 10detik. Pengujian di malasyia aja kena 12,4 detik..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here