Road to Pahlawan Tour : HDCI Surabaya Ajak Kumpul Bareng Seluruh Biker di Kota Surabaya

Otomotif1.com – Perlehatan akbar dua tahunan Pahlawan Tour hanya tinggal menghitung hari. Gelaran acara yang dilatarbelakangi untuk memperingati Hari Pahlawan di Kota Pahlawan, Surabaya ini telah dilakukan untuk ke-12 kalinya oleh komunitas Harley-Davidson Surabaya dan sudah menjadi agenda tetap 2 tahunan HDCI Surabaya.

Dengan tema ‘Ride The Legend’ Pahlawan Tour 2018 kali ini rencananya HDCI Surabaya akan mengundang 10.000 klub motor seluruh Indonesia. Dan hebatnya, klub motor yang diundang tidak memandang jenis motor, besar kecil kapasitas mesinnya.

Hal ini diungkapkan sendiri oleh Ketua HDCI Surabaya Tony Wahyudi di Surabaya saat jumpa pers dengan media di Sekretariat HDCI Surabaya, House Of Biker Surabaya (HOBIS) yang sekarang memiliki base camp yang berlokasi di Jl Diponegoro, Kota Surabaya, Senin (29/10).

Rencananya gelaran biker yang skalanya sudah international ini akan digelar selama dua hari mulai 2-3 November 2019, di parkir timur Plaza Surabaya (d/h Delta Plaza).

Beragam agenda sudah disiapkan oleh pihak penyelenggara yaitu HDCI Surabaya selaku tuan rumah dan punya gawe besar ini.

Tony Wahyudi Ketua HDCI Surabaya dalam jumpa pers tersebut mengatakan, Pahlawan Tour ke-12 ini diperkirakan akan didatangkan setidaknya oleh 10.000 biker yang datang dari berbagai kota bukan hanya Surabaya, dan Jawa Timur tetapi dari seluruh Indonesia da nada beberapa perwakilan dari negara ASEAN.

“Ini acara skalanya international, dan bukan hanya acara biker semata, tetapi juga memperkenalkan khasanah dan budaya Jawa Timur. Rencananya akan dihadiri oleh 10.000 biker, dan sekitar 200 biker dari negara-negara ASEAN, seperti Thailand, Brunai Darussala dan Malaysia akan datang ke Surabaya memeriahkan acara Pahlawan Tour 2018,” jelasnya dalam konfrensi pers di Kantor Sekretariat HDCI Surabaya, HOBIS Jl Diponegoro, Senin (29/10).

Lebih lanjut Tony mengatakan, acara Pahlawan Tour sendiri akan digelar selama dua hari, dan terpusat di Parkir Timur Plaza Surabaya. Tapi acara pembukaannya sendiri akan digelar di Gedung Grahadi dan akan dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

“Acara pembukaan akan dilangsungkan di Grahadi sekaligus untuk menyambut kedatangan para peserta Indonesia Rally yang digagas oleh HDCI Pusat. Pahlawan Tour sendiri akan dibuka Gubernur Jawa Timur, dan disaksikan oleh HDCI Pusat dan Forkopimda Jatim. Acara ini juga akan dihadiri Kapolda Jatim, dan Pangdam V Brawijaya,” paparnya lagi.

Seperti sudah dijelaskan di atas, gelaran akbar Pahlawan Tour bukan hanya kegiatan yang dipenuhi oleh raungan mesin motor yang akan memecah Kota Surabaya, tapi juga menjadi pesta budaya dan kuliner khas Jawa Timur.

“Dalam acara Pahlawan Tour kita juga akan menggelar beragam kegiatan kebudayaan termasuk kuliner khas Jawa Timur yang akan digelar di pelataran Gedung Negara Grahadi sambil menjamu para tamu asing yang datang,” tambahnya lagi.

Pada even Pahlawan Tour 2018 kali ini, semakin special karena HDCI Surabaya akan menyambut kedatangan Indonesia Rally yang bergerak mulai dari Maumere, sampai finish nanti di ujung Barat Indonesia yaitu Titik Nol Barat Indonesia.

“Indonesia Rally bersama seluruh peserta Pahlawan Tour nanti akan dilepas oleh Gubernur Jawa Timur untuk selanjutnya melakukan kegiatan tabor bunga di Taman Makam Pahlawan Surabaya, di Jl Mayjen Soekono. Dan selanjutnya Indonesia Rally akan melanjutkan perjalanannya menuju Titik Nol di Pulau Weh, Banda Aceh,” jelas Tony.

Tony sendiri menjelaskan, dalam kegiatan Pahlawan Tour ini HDCI Surabaya akan membaur dengan masyarakat Kota Surabaya.

“Saya berharap stigma buruk tentang pengguna Moge yang selama ini menjadi momok di masyarakat bisa hilang dengan gelaran Pahlawan Tour ini. Di sini kita adakan beragam kegiatan yang disajikan bukan hanya untuk para biker tapi juga masyarakat Surabaya dan sekitarnya,” tegasnya.

Acara Pahlawan Tour kali ini juga melibatkan komunitas motor kecil selain Harley-Davidson. Setidaknya ada 60 klub komunitas motor berkapasitas mesin kecil akan hadir pada kegiatan Pahlawan Tour yang digelar di Parkir Timur Surabaya Plaza.

Disinggung mengenai keamanan dan antisipasi lalulintas Kota Surabaya pada saat kegiatan Pahlawan Tour, lebih jauh Tony menuturkan hal tersebut sudah diantisipasi oleh pihak Polda Jatim dan Satpol PP.

“Kami sudah memikirkan keamanan dan kondisi lalu lintas di Surabaya yang pastinya akan padat. Kami juga sudah menggandeng dan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan Satpol PP Kota Surabaya. Kami usahakan tidak terlaly banyak motor peserta yang lalu-lalang, karena kami sudah siapkan shuttle bus dari masing-masing hotel dimana mereka menginap,” ujar Tony.

Pahlawan Tour sendiri sebenarnya even Nasional yang gaungnya sudah sampai ke negara-negara ASEAN, sehingga menjadi agenda dua tahunan HDCI Surabaya.

“Dari kegiatan Pahlawan Tour ini banyak hal positif bagi Jawa Timur, khususnya Kota Surabaya. Karena lewat kegiatan ini dapat mendongkrak pendapatan pariwisata Kota Surabaya, dan nama Surabaya akan semakin banyak dikenal oleh masyarakat bukan hanya di Indonesia, tapi juga di ASEAN dan manca negara,” tandas Tony penuh harap.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here