Roll-Royce Rayakan 110 Tahun Sang Ikon Patung Spirit of Ecstasy

Otomotif1.com – Melihat sebuah kendaraan legendaris Roll-Royce, yang terbetik adalah sebuah kendaraan mewah super nyaman dengan logo patung di depannya yang menjadi ikon mobil yang diproduksi di Goodwood, Sussex Barat Inggris ini.

Mengenai asal usul ikon itu, tidak terlepas dari nama Lord Montagu yang berasal dari Beaulieu yang pernah hidup pada tahun 1866 hinga 1929.

Dia adalah salah satu pelopor dari otomotif di negeri Ratu Elizabeth. Ia juga sebagai pendiri dan editor dari majalah otomotif legendari terkemuka di dunia The Car Illustrated, dimana pada media itu dia mempekerjakan seorang ilustrator bernama Charles Sykes.

Pada tahun 1909, Lord Montagu menugaskan Sykes (yang juga seorang pematung) untuk membuat maskot untuk Rolls-Royce Silver Ghost miliknya. Sykes menghasilkan patung perunggu seorang wanita muda berjubah berkibar, yang dia beri nama ‘Whisper’.

Segera, pemilik lain membuat ornamen mereka sendiri, yang membuat Direktur Pelaksana Umum, Claude Johnson merasa tidak senang. Pada tahun 1911, Johnson menginstruksikan Sykes untuk merancang maskot ‘resmi’ untuk melindungi produk perusahaan dari penambahan yang ‘tidak enak dipandang’ ini.

Sykes yang selalu praktis dengan halus menafsirkan ulang ‘The Whisper’ menciptakan apa yang kemudian dikenal sebagai Spirit of Ecstasy.

Desainnya didaftarkan sebagai kekayaan intelektual perusahaan pada tahun 1911 dan menjadi fitur penentu merek Rolls-Royce dan salah satu lambang paling terkenal, ikonik, dan diinginkan di dunia.

Awalnya sebuah patung setinggi tujuh inci (c. 18cm), Spirit of Ecstasy saat ini berdiri setinggi tiga high inci (9,5cm) yang lebih mungil.

Pada 1970-an, beberapa negara mencoba melarang maskot dengan alasan keamanan. Di Swiss, misalnya, pelanggan tidak diizinkan untuk memamerkannya sama sekali, dan saat menerima mobil, mereka akan menemukannya di laci sarung tangan.

Solusi Rolls-Royce yang biasanya elegan dan cerdik adalah memasang maskot pada alas pegas, memungkinkannya masuk ke dalam radiator agar tidak membahayakan dengan sentuhan ringan.
Mekanisme retraksi ini telah berkembang menjadi gerakan halus dan anggun yang dikenal sebagai ‘the rise’ dan merupakan fitur standar pada setiap mobil buatan tangan Rolls-Royce di Goodwood.

Sampai saat ini patung ‘Whisper’ asli Sykes dan patung-patung Spirit of Ecstasy lainnya dipajang secara permanen di National Motor Museum, Beaulieu.

Merayakan dengan Gaya

Pada Januari 2011, Roll-Royce meluncurkan The Spirit of Ecstasy Centenary Collection untuk menandai ulang tahun ke-100 maskot yang terkenal itu.

Produksi patung tersebut sangat terbatas dan hanya dibuat 100 model Bespoke Phantom, koleksinya menampilkan warna body eksklusif, kombinasi kulit, veneer kayu, dan detail interior.

Pada tahun 2020, Spirit of Ecstasy dengan tampilan baru sebagai bagian dari pembaruan yang lebih luas dari identitas brand Rolls-Royce. Dikenal sebagai The Expression, ia tampil halus dan anggun, namun dengan keunggulan teknologi yang sangat kontemporer yang mencerminkan visi perusahaan sebagai Rumah Mewah modern.***

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -