SangLegenda Lahir Kembali Lewat International Online Channel, BMW Motorrad Luncurkan All-New BMW R 18

Jakarta, Otomotif1.com – Head of BMW Motorrad, Dr Markus Schramm pada Sabtu siang 4 April 2020 secara resmi memperkenalkan varian terbaru dari produk unggulan BMW Motorrad, “All-New BMW R 18”. Peluncuran ini dilakukan secara online melalui channel media social facebook dan youtube.

Dalam tayangan virtual online peluncuran tersebut, Dr. Markus Schramm memperkenalkan BMW All-New BMW R 18 sebagai dream bike di segmen cruiser bike.

Dalam penjelasannya, konsep motor ini sebenarnya hadir setahun yang lalu. BMW Motorrad menerima banyak sekali masukan dan tanggapan positif terhadap konsep ini dari pada penggemar motor diseluruh dunia.

“Hari ini adalah hari yang sangat special buat saya dan seluruh tim dari BMW Motorrad, ini menjadi sorotan utama kami di tahun 2020 ini. Peluncuran perdana di seluruh dunia untuk BMW R 18. Sudah hamper setahun ini sejak kami mengumumkan konsep perdana dari BMW R 18, kami sangat keawalahan dengan banyaknya masukan dan tanggapan positif dari para penggemar sepeda motor diseluruh dunia,”  papar Markus.

Lebih jauh Markus menjelaskan, kami sudah yakin berada pada jalur yang tepat dan ini telah menjadikan dorongan yang kuat bagi kami yang sukses memasuki segmen cruiser dengan motor idaman dari BMW, lanjut Markus lagi.

“All-new BMW R 18 berpijak sepenuhnya pada tradisi sejarah motor BMW, lebih dari model BMW Motorrad lainnya, dengan meminjam dari ikon terkenal BMW R 5, menggeser focus nya ke motor esensial dengan mesin boxer yang pernah menjadi kenikmatan dalam kemurnian berkendara,” jelasnya lagi.

Disain klasik dipadukan pada R 18 dengan paduan teknologi tercanggih sehingga tercipta konsep yang menakjubkan secara keseluruhan, menawarkan sisi intensitas emosional dalam pengalaman berkendara.

“Saya sendiri tak pernah dapat melupakan moment berkendara R 18 untuk yang pertama kalinya, dengan penampilannya yang mengesankan, Big Boxer 1800 cc yang baru melanjutkan tradisi lama dari pendingin udara mesin Boxer memberikan pengalaman berkendara yang menginspirasi dan unik dari awal mula BMW Motorrad pada tahun 1923 hingga saat ini,” tukas Markus kembali.

Dalam kesempatan yang sama, Edgar Heinrich, Head of BMW Motorrad Design, mengatakan, all-new R 18 ini adalah bentuk yang paling murni dengan proporsi yang tak akan lekang oleh waktu. Garis miring dengan posisi berkendara yang rendah melengkapi penampilannya yang elegan.

“Desain ikon karakteristik yang dibenamkan ini diambil dari motor klasik yang berasal dari tahun 1930-an, dan 1940-an telah ditransfer kedalam karya kontemporer ini. Dengan mengusung rangka double-loop, open-running shaft drive, tangki bahan bakar berbentuk drop-shaped, hasil akhir warna hitam dengan double pin stripes. Dan yang terakhir adalah yang paling monumental Boxer engine 1800 cc,” jelas Edgar.

Mesin Boxer 1800 cc yang dibenamkan pada all-new BMW R 18 menghasilkan tenaga 91 HP (67 kW) mampu memberikan daya tarik mesin yang luar biasa besar dengan torsi tertinggi melebihi 150 Nm.

“Tampilan kegagahan mesin R 1800 cc mengekspresikan DNA desain klasik kami dengan tampilan yang sangat modern, desain bodywork dalam bentuk komponen individual bertujuan untuk memperkuat tampilan klasik dari motor ini, dalam waktu yang bersamaan dapat pula mengaktualisasikan ruang untuk melakukan perubahan, customization/penyesuaian, dan modifikasi” papar Edgar menegaskan.

Desain double-loop steel tube frame dari R 18 adalah merupakan kelanjutan desain tipe rangka dari sebuah tradisi yang diciptakan dan dikembangkan oleh BMW Motorrad.

Yang menjadi ikonik dari tipe R 18 ini adalah mesin Boxer 1800 cc yang dibenamkan, yang menjadi pusat perhatian adalah desain yang bersih tanpa celah, hanya mekanika komprehensif yang dibuat lebih terlihat dan kami sebut sebagai “Mekanika sebagai kemewahan masa depan”, lanjut Edgar.

Detail lain yang diperlihatkan pada model R 18 ini adalah desain klasik yang melingkar pada panel instrument, seperti pada panel oddometer tertulis “Berlin Built” yang ditampilkan sebagai bentuk originalitas dari produk buatan negeri Bavarian ini. Karena memang, R 18 ini dibangun di kota Berlin, Jerman.

Detail lainnya dapat ditemukan juga pada handlebar clamp, tangki bahan bakar, tutup tangki bahan bakar, koneksi baut jok dan banyak lagi. R 18 memiliki rancangan yang sangat bersahabat dengan perubahan/konversi, ini sangat dimungkinkan karena adanya fokus pada arah penyesuaian sejak awal pengembangannya.

Sebagai hasilnya, R 18 dilengkapi dengan rangka belakang yang mudah dilepas dan set bagian cat yang mudah dibongkar. Proses pemasangan berbagai part juga sangatlah  mudah, ini memungkinkan bagi para pengguna untuk dapat berkreasi dengan motor impiannya hanya dengan sedikit usaha.

Reporter-SonnyWibz

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here