Sedan Generasi Ke-12 Toyota Corolla, Gelar Debut Dunia Pertama Diajang Guangzhou International Auto Show 2018

Otomotif1.com – Toyota Corolla generasi ke-12 meluncur semakin dinamis dan canggih diajang Guangzhou International Auto Show 2018. Setelah sebelumnya varian dari Toyota Corolla hadir dengan versi hatchback dan touring sport wagon, dengan hadirnya Corolla sedan ini yang akan melanjutkan generasi sedan paling laku di dunia dari Toyota.

Terpilihnya Guangzhou International Auto Show 2018 sebagai tempat debut pertama dari generasi ke-12 Toyota Corolla ini, bukan tanpa alasan. Tiongkok saat ini menjadi pasar otomotif terbesar pertama di dunia. Dan selanjutnya sedan legendaris akan masuk ke pasar international dengan Amerika sebagai pasar pembuka, selanjutnya  Jepang serta benua Eropa.

Jika melihat dari foto yang beredar, Toyota Corolla generasi ke-12 ini menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture), artinya sama dengan versi hatchback dan touring sport di bagian depan. Hal ini bisa kita lihat dari desain yang agresif dan dinamis lewat lampu utama yang panjang dan tegas. Sementara untuk versi hybrid, lampu utama seperti menyatu dengan lis chrome yang disematkan pada grille.

Dengan menggunakan platform TNGA, chasis Corolla menjadikan dinamis dalam pengendalian dan nyaman dengan mengandalkan suspensi MacPherson pada bagian depan dan multi-link pada bagian belakang.

Bergeser pada bagian belakang, justru sebaliknya. Lebih cenderung terlihat konservatif namun sporty. Hal ini dapat dilihat dari bagian bumper, yang disertai dengan aksen ala diffuser pada bagian tengah.

Pada kompartemen mesin, Toyota Corolla menggunakan mesin empat silinder 1.8 liter, dengan power 139 hp,  sementara pada mesin 2.0 liter Dynamic Force bertenaga 169 hp.

Untuk sistem transmisi, pihak Toyota menyediakan dalam dua pilihan transmisi, yaitu Direct-Shift CVT dan manual 6-speed dengan electronic rev-match.

Pada sistem hiburan, Toyota Corolla sedan ini memiliki kesamaan de ngan versi hatchback, tetap mengandalkan touchscreen 8 inchi yang mendukung Apple Car Play, Amazon Alexa, w-fi connect dan Qi wireless charging.

Model Toyota Corolla generasi ke-12 yang hadir untuk pasar Cina adalah salah satu yang kemungkinan akan datang ke pasar India (setidaknya dalam hal styling) sebagai Corolla Altis terbaru. Sementara model Corolla yang diluncurkan di sini, sebagai sedan eksekutif akan bersanding melawan saingan tradisional di segmen sedan seperti Hyundai Elantra, Skoda Octavia, dan Honda Civic generasi mendatang.

 

 

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here