Singkirkan Beat, Suzuki NEX II Masuk Nominasi 5 Motor Terbaik Pilihan Wartawan Otomotif

Surabaya, Otomotif1.com – Belum genap setahun diluncurkan diajang IIMS 2018 pada April lalu, Suzuki NEX II terpilih sebagai 5 nominator FORWOT Motorcycle of The Year 2018, bersama Honda PCX, Honda PCX Hybrid, Yamaha Lexi dan Kawasaki W175.

Masuknya Suzuki NEX II diajang bergengsi tidak mudah. Karena disini ada sedikitnya 30 sepeda motor yang dirilis Agen Pemegang Merek (APM) selama periode September 2017 hingga Agustus 2018.

Dan Suzuki NEX II harus bersaing ketat dengan Honda Beat, yang selama ini memang begitu mendominasi pasar skuter entry level di tanah air.

Proses seleksi dilakukan oleh 73 jurnalis yang tergabung dalam FORWOT, yang tentunya dengan banyak pertimbangan sesuai dengan pengetahuan, perkembangan dan pengalaman yang dimiliki oleh masing-masing wartawan.

Setelah melalui seleksi alot dan ketat, akhirnya terpilih 5 finalis, yaitu : Honda PCX, Honda PCX Hybrid, Kawasaki W175, Suzuki NEX II dan Yamaha Lexi.

Menariknya pada ajang FORWOT Motorcycle of The Year 2018 kali ini, para nominator banyak didominasi oleh motor matik dan hanya satu motor bergaya retro yang masuk dalam nominasi ini.

Raju Febrian, Ketua Dewan Juri FORWOT Motorcyclec of The Year 2018 yang juga seorang wartawan senior sebuah media besar di Jakarta menuturkan, tidak aneh jika pada tahun ini didominasi oleh skuter matik, karena memang segmen ini pasarnya cukup besar dan diminati oleh banyak masyarakat.

“Ada beberapa catatan menarik dalam daftar finalis tahun ini. Pertama motor didominasi segmen matic yang memang menjadi pasar terbesar Tanah Air. Namun masuknya motor bergaya retro juga menunjukkan trend yang tengah berkembang,” ujarnya.

Mencermati terpilihnya Suzuki NEX II dalam the big five ini, tentu banyak mengundang pertanyaan, bagaimana bisa Suzuki NEX II menyingkirkan Honda Beat.

Jika kita flash back beberapa bulan kebelakang, dari beragam berita bahkan informasi yang beredar tentang hadirnya Suzuki NEX II ini, tentunya kita pasti akan tahu bagaimana Suzuki NEX II sukses mengkudeta Honda Beat diajang bergengsi ini.

Suzuki NEX II memang bukan produk yang sama sekali baru. Karena sebelumnya Suzuki NEX pernah hadir, dan kemudian pihak Suzuki Indonesia memberikan banyak perubahan desain dan tambahan fitur yang memang tergolong baru di kelas entry level.

Perubahan yang terjadi pada Suzuki NEX II bukan hanya dari segi bentuk saja, tapi juga penambahan bodi yang sedikit membesar, hal ini disebabkan floorboard (lantai pijakan kaki) Suzuki NEX II jauh lebih besar kompetitornya.

Kemudian adanya soket charger yang ditanamkan pada kompartemen depan bagian kiri, fitur ini tidak ada sama sekali pada Honda Beat maupun Yamaha Mio. Hebatnya lagi, Suzuki NEX II dilengkapi dengan Led Lamp Line, yang berada di sisi kiri dan kanan di bawah body belakang.

Intinya, biar kecil dan masuk kategori skutik entry level Suzuki NEX II memiliki banyak fitur assesoris yang akan membuat pengendaranya begitu percaya diri.

Pada kompartemen mesin, mesin yang dibenamkan pada Suzuki NEX II adalah hasil penyegaran dari generasi sebelumnya. Suzuki NEX II menggunakan mesin berkapasitas 115 cc dengan teknologi SEP (Suzuki Eco Performance).

Dari hasil test ride yang dilakukan oleh beberapa rekan-rekan media umumnya mereka sangat puas dengan mesin yang digunakan pada Suzuki NEX II. Meski tergolong kecil, dengan kapasitas mesin standar entry level, motor ini dapat dipacu sampai 100 km/jam tanpa kendala apapun.

Dari sisi tampilan eksterior Suzuki NEX II memang sangat berbeda, yang biasanya desain Suzuki cenderung membulat, desain pada NEX II ini lebih tajam dan tegas. Hal ini berkat kolaborasi antara desainer Indonesia dan Jepang yang ada pada Suzuki NEX II.

Kerja keras PT SIS akhirnya berbuah manis, Suzuki NEX II berhasil merebut perhatian para juri diajang FORWOT Motorcyle of The Year 2018 sehingga masuk dalam the big five diajang bergengsi ini.

Meski ini belum final, tapi harapan besar untuk Suzuki NEX II menjadi yang terbaik, masih terbuka lebar. Semoga saja.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here