SIS Siap Boyong Burgman, Konon Skuter Bongsor Suzuki ini Jauh Lebih Mewah dan Lebih Oke

Surabaya, Otomotif1.com – Saat ini pemain skuter matik bongsor di Indonesia hanya didominasi oleh Yamaha dan Honda, dengan produk NMax dsn XMax, dan Honda hadir dengan PCX dan Forza.

Meski Suzuki sukses meluncurkan skutik entry level Nex II di Surabaya pada bulan Mei 2018 lalu, namun rasa penasaran masyarakat terhadap pabrikan belogo ‘S’ ini masih saja menggayut tentang kapan Suzuki mengeluarkan produk andalannya di kelas matik gembot.

Sebagaimana diketahui, Suzuki bukan pemain baru untuk skutik gembot alias bongsor. Suzuki sudah lama menjadi produsen skutik bongsor lewat produk andalannya yang sukses di daratan Eropa, yaitu Suzuki Brugman.

Meski sempat ramai diberitakan tentang kehadiran Burgman varian street yang terlebih dahulu muncul di India dengan mesin 125 cc, berbasis Suzuki Access. Namun ternyata hal ini dibantah pihak SIS, jika yang kelak hadir di Indonesia bukan tipe varian Suzuki Burgman yang muncul di India.

Suzuki Burgman 400 tahun 2017, hasil improvisasi dari Skywave 400 yang baru saja menmdapat ubahan warna di Jepang.

 

Hal ini diperkuat dengan pernyataan Section Head of Sales Area 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Jawa Timur, Aceng Ulumuddin, beberapa waktu lalu saat ditemui Otomotif1 di ruang kerjanya di IJMG Surabaya.

“Kalau Burgman yang di India, sudah pasti tidak akan pernah muncul di Indonesia. Dari segi tampilannya saja jauh dari yang sedang dirakit di Indonesia. Saya sudah lihat sendiri blue printnya, Burgman yang akan hadir di Indonesia mengadopsi Burgman 400 dengan mesin 180 cc, dah itu aja clue-nya,” ungkap pria berkacamata dengan nada ceplas-ceplos ini.

Perlu diketahui, Burgman memang memiliki versi 400cc di negara asalnya. Burgman 400 ABS yang hadir di Jepang, adalah model yang sepenuhnya hasil dari improvisasi dari Skywave 400 yang pernah dirilis pada tahun 1998, dan menjadi skuter bermesin besar pertama pertama di Jepang.

Namun yang sedikit membedakan antara Burgman dan Skywave 400 dari sisi tampilan Skywave memiliki bodi sedikit lebih ramping, sporty dan desain yang impresif. Headlamp Suzuki Skywave sudah menggunakan LED dan juga lampu kombinasi belakang.

Mesin Burgman 400 pun meningkatkan torsi kecepatan rendah dan respon throttle yang cepat, serta akselerasi yang lebih kuat.

Seperti diberitakan response.jp, Burgman 400 ABS baru mendapatkan pilihan varian warna terbaru di negara asalnya. Motor mewah itu memiliki varian warna baru Matt Stella Blue. Varian warna baru itu mulai dijual di Jepang, 25 September 2018.

Sebelumnya Burgman 400 hanya memiliki varian warna Matte Black Metallic No. 2 dan Pearl Grezher White. Perubahan Burgman hanya didapat dari warna bodinya, sisanya tak ada yang berubah.

Nah, yang jadi pertanyaan jika benar pada tahun 2019 nanti Burgman akan meluncur di Indonesia dan konon katanya akan menggunakan body dari Burgman 400 yang tidak lain dari hasil improvisasi Skywave 400 ABS yang beredar di Jepang, ini artinya Suzuki Burgman yang hadir di Indonesia kelak, bukan lawan NMax apalagi PCX.

 

UPDATE TERBARU

Related news

Mitsubishi Ungkap Kehadiran Xpander Versi Hybrid di Tahun 2023

Otomotif1.com – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), sebagai distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan dari Mitsubishi di Indonesia, menawarkan delapan...

Kia Motors Sebarkan Wujud Masa Depan Compact SUV Kia Sonet di Indonesia

Otomotif1.com – Render (gambar) resmi dari Kia Sonet dengan menampilkan ciri khas dengan desain DNA Sonet yang berani dan kuat, ditampilan untuk pertama kalinya...

Kia Motor Corporation Ungkap Detail New Kia Carnival Generasi Keempat

Otomotif1.com – Kia Motors Corporation telah mengungkapkan gambar pertama new Kia Carnival, generasi keempat dari minivan andalan merek tersebut. Dirilis dalam spesifikasi Korea, New Kia...

MG Motor Indonesia Siap Hadirkan MG HS Sebelum GIIAS 2020

Otomotif1.com – Setelah sukses menghadirkan kompak SUV MG ZS di Indonesia, Moris Garage (MG) Motor Indonesia diam-diam sudah menyiapkan produk SUV barunya yang akan...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here