SUN Star Probolinggo Gelar Fleet Training Bagi 10 Perusahaan di Probolinggo

Probolinggo, Otomotif1.com – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor kendaraan komersial di Indonesia, tidak tanggung-tanggung dalam memberikan pelayanan maksimal kepada konsumen setianya.

Kali ini KTB dengan menggandeng PT SUN Star Motor Probolinggo menggelar pelatihan seharian untuk para sopir kendaraan komersial dan staff perusahaan yang berhubungan dengan kendaraan pada perusahaan, yang bertajuk ‘In House Fleet Training Driver’, pada Sabtu (16/11) di dealer SUN Star Motor Probolinggo, Jalan Soekarno-Hatta No 81, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Diikuti sebanyak 20 driver yang berasal dari rekanan dan konsumen SUN Star Motor Probolinggo, mereka diberikan pemahaman dan pelatihan singkat bagaimana melakukan pengecekan kendaraan niaga Mitsubishi Fuso sebelum digunakan secara penuh untuk kendaraan angkutan harian.

“Acara ini sebenarnya acara rutin yang digelar KTB dengan dealer SUN Star, untuk menjalin hubungan kepada konsumen fleet atapun retail untuk memberikan wawasan tentang service harian dan service rutin seta prosedur pengecekan sebelum digunakan sebagai kendaraan angkutan harian,” ujar Suki, Service Head PT SUN Star Motor Probolinggo, Sabtu (16/11).

Kegiatan pelatihan ini bersifat nasional yang dilakukan oleh seluruh dealer Mitsubishi Fuso di seluruh Indonesia. Sampai tahun 2019, kegiatan bersama KTB dengan PT SUN Star Motor di Jawa Timur selama ini telah meluluskan kurang lebih 160 sopir bersertifikat.

Fleet training sendiri merupakan forum bertukar informasi mengenai bagaimana cara berkendara yang baik, serta perawatan kendaraan Mitsubishi Fuso sehingga peserta dapat mengetahui apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan pada kendaraan sehingga kendaraan selalu dalam kondisi optimal setiap harinya.

“Dengan semakin bertambahnya varian baru Mitsubishi Fuso, kami wajib memberikan edukasi kepada para konsumen,khususnya para mekanik dan pengemudi, agar ilmunya dapat langsung diterapkan pada kendaraan Mitsubishi Fuso yang mereka miliki,” sambung Suki.

Lebih jauh Suki menjelaskan, rata rata yang ditemui di lapangan sopir dan kernet hanya sebatas sebagai pengantar pesanan atau barang perusahaan dimana dia bekerja.

”Karena minimnya pengetahuan tentang kendaraan, mereka sebagian besar langsung start kendaraan dan kemudian langsung jalan. Tanpa pernah melakukan pengecekan kondisi kendaran terlebih dahulu. Nah, dengan kegiatan Fleet Training ini kita ingin merubah kebiasaan tersebut kepada para sopir,” jelas Suki.

Suki menegaskan, pengecekan harian kendaraan harus menjadi tugas dan kebiasaan para driver sebelum bekerja.

“Mindset driver harus dirubah, jangan sedikit-sedikit karena ada masalah sepele lantas kemudian lari ke bengkel. Disini kami mengajak driver maupun kernet lebih mandiri dan menghindari kendaraan ada masalah saat terjadi di jalan. Misalnya terbiasa melakukan pengecekan awal seperti kondisi air radiator, oli mesin, memeriksa bila ada kebocoran, lampu-lampu hingga tekanan ban. Bila ini rutin dilakukan driver, maka masalah pada kendaraan bisa dihindari sedini mungkin dan perusahaan pun bakal lebih efisien dan untung karena kendaraan fleet-nya jauh dari masalah,” papar Suki.

Disinggung mengenai materi pelatihan Suki menjelaskan,”Materi pelatihan yang diberikan selalu berkembang dari waktu ke waktu, dan hal ini semakin meningkatkan antusias peserta training. Materi varian terbaru juga kerap diberikan, karena biasanya varian yang satu dengan yang lain memiliki kondisi penanganan yang berbeda”.

KTB melaksanakan program fleet training dengan dibantu oleh jaringan dealer yang telah tersebar di seluruh Indonesia, sehingga lebih mudah menjangkau peserta pelatihan. Instruktur pelatihan merupakan instruktur terlatih yang berasal dari dealer resmi Mitsubishi Fuso, yang tentunya telah mendapat sertifikasi dari KTB.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here