Suzuki Bandit 150 Jadi Lawan Berat Yamaha Vixion

Surabaya, Otomotif1.com – Sulitnya mendongkrak penjualan GSX-S150 nampaknya hal ini yang menjadikan pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memunculkan Bandit 150. Nama besar Bandit dengan karakter “bengal dan galak” nampaknya yang menarik pihak pabrikan Suzuki untuk menciptakan Bandit 150.

Kehadiran Suzuki Bandit 150 tetap mengusung mesin yang sama dengan yang digunakan Suzuki GSX-R dan Suzuki GSX-S.

Alasan Suzuki untuk menggunakan mesin GSX-R 150 pada Bandit 150 memang cukup beralasan, karena saat ini mesin GSX-R150 adalah yang terkencang di kelasnya. Hal ini yang membuat performa mesin Bandit 150 di atas para kompetitornya.

Hal ini juga pernah disampaikan Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), beberapa waktu lalu kepada Otomotif1, di Jakarta.

“Kenapa kita pakai mesin ini? Pertama karena mesinnya baru, kedua GSX mesinnya acceptable, dan sudah bisa diterima konsumen. Dalam arti orang sudah menyukai performance GSX, bukan cuma kencang tapi juga irit BBM,” ungkapnya.

Namun demikian, apakah kehadiran Suzuki Bandit 150 akan menggerus atau bahkan menenggalamkan GSX-S 150, hal ini dibantah oleh Section Head of Sales Area 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Jawa Timur,  Aceng Ulumuddin saat ngobrol santai diacara Goyang Nex II, di Benowo, Surabaya.

Skema mesin injection pada Suzuki GSX dan Suzuki Bandit 150.

 

“Meski sama-sama mengusung sport naked bike, kehadiran Bandit 150 tidak akan menenggalamkan GSX-S, karena mereka punya pangsa pasar sendiri-sendiri,” ujar orang nomor satu di Suzuki Motor Jawa Timur ini.

“Andai jika respons pasar cukup baik terhadap kehadiran Suzuki Bandit 150, tidak serta merta Suzuki untuk lantas langusng menyetop produksi GSX-S. Contohnya matik, ada yang standar, ada yang sport, ada yang premium, kan jadi sama-sama matik. Sport kita pun kita pilah-pilah, dan masing-masing ada segmennya sendiri-sendiri,” sambung Aceng.

Suzuki Bandit 150 sendiri sudah diperkenalkan kepada masyarakat pada GIIAS 2018 yang berlangsung di ICE-BSD, Tangerang Selatan beberapa waktu lalu, meski demikian pihak Suzuki belum memberikan harga resmi bagi Suzuki Bandit 150.

Ada banyak pihak mengatakan, jika kehadiran Suzuki Bandit 150 akan menjadi lawan berat bagi Yamaha Vixion dan Honda CB150, itu memang ada benarnya. Terutama dari sisi performa mesin, karena mesin Suzuki Bandit 150 memiliki performa yang lebih baik dari kedua penantangnya tersebut.

Suzuki Bandit 150 menggunakan mesin DOHC dengan kapasitas 147,3 cc, 4 katup, silinder tunggal dan berpendingin cair. Memang sedikit sama dengan mesin yang digunakan Suzuki Satria F150FI. Perbedaannya terletak pada gir rasio, mapping engine control unit dan desain injector.

Jika mesin Satria F150FI menggunakan injector 8 lubang, sementara untuk mesin yang digunakan GSX ataupun Bandit menggunakan 10 lubang.

Meski secara angka mesin Suzuki lebih kecil, power yang dikeluarkan mesin Suzuki ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 19,17 Ps pada 10.500 rpm.

Bandingkan dengan CB150 dengan mesin DOHC 4 katup berkapasitas 150 cc hanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 18,0 hp pada 10.500 rpm. Bahkan jika kita membandingkan lagi dengan Yamaha Vixion yang dibekali mesin berkapasitas 149,8 cc SOHC, hanya mampu menyemburkan tenaga 16,3 hp.

Jika kita melihat data tersebut, jelas Suzuki Bandit 150 bukan lawan yang seimbang bagi Yamaha Vixion.

Karena itu, untuk mensiasati performa yang tinggi dengan semburan tenaga yang dikeluarkan oleh mesin Suzuki, pihak Suzuki pun mendesain radioator yang cukup besar untuk kelas 150. Hal ini dilakukan agar mesin lebih stabil dan tetap dingin.

Satu lagi kelebihan Suzuki Bandit 150 selain memiliki mesin yang bertenaga, motor ini juga irit bahan bakar. Efisiensi terjadi karena sudah dibenamkan sistem fuel injection (FI).

“Bandit akan menjadi pelengkap dari jajaran motor sport 150 yang telah di pasarkan Suzuki saat ini,” pungkas Aceng.

Menurut informasi Suzuki Bandit 150 akan hadir di Jawa Timur pada Oktober 2018. Namun demikian, pihak SIS sampai saat ini masih belum bisa memastikan harga jual Suzuki Bandit 150 di Jawa Timur.

Mesin
Jenis Mesin DOHC
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Kompresi 11.5:1
Volume Silinder 147  cc
Torsi Maksimal 14.0 Nm/ 9000 rpm
Daya Maksimal 19.1 PS/ 10.500 rpm
Transmisi 6 Manual

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here