Suzuki Hayabusa Kembali Bertahta Sebagai Sepeda Motor Terkencang di Dunia

Yorkshire-London, Otomotif1.com – Hayabusa kembali bertahta sebagai motor terkencang sejagat. Bahkan jika dibandingkan dengan kecepatan yang pernah dibuat oleh Kawasaki H2R beberapa waktu lalu bukanlah apa-apa jika dibandingkan dengan rekor yang dipecahkan Suzuki Hayabusa ini.

Dikendarai oleh pembalap drag top dunia, Phil Wood pria asal Yorkshire, Inggris yang sekaligus sang pemilik Hayabusa adalah motor yang digunakannya sehari-hari. Hanya saja, Phil mempercayakan mesin motor Hayabusa miliknya digarap oleh Steelheart Engineering, yang membuat mesin torsi dan power motor miliknya melonjak hingga 900 Hp.

Secara basis, Suzuki Hayabusa dirancang sebagai motor yang sudah bisa berlari super kencang. Hal ini juga yang membuat para teknisi Steelheart Engineering tidak kesulitan untuk mengubah bagian dalam mesin Suzuki Hayabusa milik Phil Wood, termasuk dengan mencangkokkan mesin GTX4 Turbo yang membuat torsinya seketika meningkat menjadi 677 Nm. Selain itu juga, power motor ini melejit 4 kali lipat sampai menembus 900 Hp.

Suzuki Hayabusa milik phil wood usai melakukan test dyno.

 

Sebagai penahan keseimbangan dari pressure sprocket (roda bergerigi yang berpasangan dengan rantai) saat power meledak, teknisi Steelheart memasangkan lengan ayun yang kuat, agar membuat motor ini bisa seimbang ketika menembus kecapatan tinggi. Termasuk dengan memasangkan velg besar di bagian belakang, dengan grip ban berpenampang lebar dengan ukuran 8”. Hal ini dilakukan supaya transfer tenaga ke roda bisa maksimal.

Steelheart Engineering memilih ban Michelin Power RS berukuran 240/45’17 spek Motogp untuk meminimize spin atau selip. Beberapa perombakan lain termasuk filter udara, mengingat performa tinggi butuh asupan angin yang lebih deras.

Dari hasil uji coba tersebut, Suzuki Hayabusa hasil racikan Steelheart Engineering akhirnya memecahkan rekor dunia sebagai sepeda motor non-konvensional yang menembus top speed 258.545 Mph atau setara dengan (425 km/jam). Rekor di pecahkan Phil Wood pada bulan Mei 2018 lalu.

grafik hasil test dyno Hayabusa milik Phil Wood, lihat bagaimana lonjakan powernya.

 

Dari kesimpulan semua ini, yang paling hebat kecepatan tertinggi ini dipecahkan oleh sebuah motor non-konvensional dengan menggunakan spek asli tanpa adanya perubahan pada spek standar Suzuki Hayabusa.

Untuk referensi, kecepatan tertinggi saat ini masih dipegang oleh mobil Bugatti Chiron yang bisa melesat dari 0 hingga 400 km/jam hanya membutuhkan waktu 3,115 menit. Tetapi Hayabusa di sini melakukannya dari 0 – 400 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 2.415 menit.

Spesifikasi Singkat

Kecepatan Tertinggi: 258.545 Mph (425,2 km/jam)

Mesin: Mesin turbocharged 1000 hp yang dimodifikasi dengan bahan bakar metanol

HP: 1000 hp

Torsi: Tidak tersedia

Harga: Sepeda Modifikasi modifikasi pribadi. Not for Sale.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here