Suzuki Luncurkan V-Strom 1050XT dan V-Strom 1050 Diajang EICMA 2019

Otomotif1.com – Suzuki secara resmi meluncurkan dua model terbaru dari seri V-Strom diajang EICMA 2019, yaitu V-Strom 1050XT dan V-Strom 1050. Motor ini dikembangkan dengan konsep ‘The Master of Adventure’ untuk para penggila petualangan.

Desain motor ini sangat dipengaruhi oleh legenda pembalap gurun DR-Z yang menjadi ikon Suzuki dan DR Big. Motor ini memiliki lampu LRD persegi panjang terbaru yang ditumpuk secara vertical yang menjadi ciri khasnya.

Untuk versi Euro 5 terbaru memiliki mesin V-Twin yang fleksibel dan berkarakter menghasilkan power sebesar 107,4PS (79kW), peningkatan 7% dari generasi sebelumnya.

V-Strom 1050XT dibekali dengan fitur terbaru dari Suzuki yaitu Intelligent Ride System (SIRS) termasuk unit pengukuran inersia (IMU), ABS sensitif sudut ramping dengan dua pengaturan, rem terhubung yang dapat mendeteksi dan beradaptasi dengan memuat dan tanjakan, plus kendali bukit dan kendali jelajah.

V-Strom 1050XT dan V-Strom 1050 dirancang untuk memungkinkan setiap pengendara memaksimalkan petualangan mereka sendiri, ke mana pun mereka pergi.

Suzuki V-Strom 1050XT

V-Strom 1050XT dilengkapi dengan paket elektronik yang komprehensif dan menggunakan Suzuki Intelligent Ride System (SIRS) yang baru, yang ditujukan untuk meningkatkan segala sesuatu mulai dari kenyamanan pengendara hingga kinerja dan kepraktisan.

Throttle pengendaraan by-wire yang baru menghadirkan perasaan alami dan linier, sementara pengendaraan yang lambat dibantu dengan idle yang lebih stabil. Throttle pengendaraan merupakan bagian dari Jaringan Area Pengendali (CAN) yang lebih luas; jaringan informasi yang saling berhubungan yang menggantikan kabel standar, dengan manfaat menjadi lebih sedikit kabel dan transmisi data lebih cepat. Juga bagian dari jaringan itu adalah unit pengukuran inersia (IMU) enam arah baru dari Bosch. Unit kompak ini memantau pitch, roll, dan yaw berdasarkan sudut miring dan akselerasi.

Informasi dari IMU membantu mengatur Sistem Rem Track Suzuki yang diperbarui, yang mencakup ABS lean-angle. Sistem ini juga secara otomatis menerapkan tekanan ke rem belakang untuk membantu deselerasi yang terkendali ketika tekanan rem depan naik ke tingkat tertentu. Sistem mendukung pengendara, jika mereka tiba-tiba mengerem sudut, membantu mereka untuk melanjutkan jalur yang dimaksud dengan tendangan balik minimal di tuas.

Pengendara dapat memilih dari dua mode ABS, tergantung pada permukaan dan kondisi berkendara.

Motion Track Brake System V-Strom 1050XT juga mencakup kontrol yang bergantung pada kemiringan, yang mengoptimalkan tekanan di rem depan dan belakang untuk mempertahankan kontrol dan menghindari pengangkatan roda belakang di bawah pengereman yang berat, dan kontrol yang bergantung pada beban, di mana unit ABS terus-menerus belajar perubahan deselerasi melalui input tekanan hidraulik saat beban naik atau turun, saat mengendarai bagasi atau dengan pembonceng. Sistem ini mengingat hubungan optimal antara deselerasi dan tekanan hidrolik.

Sistem ini juga dilengkapi dengan kontrol penahan ketika jalan dalam kondisi miring atau bergelombang, yang berarti rem diterapkan secara otomatis ketika berhenti pada kemiringan ke atas untuk mencegah roll-back dan membantu memulai lebih mudah, terutama ketika dibebani dengan pembonceng dan bagasi.

Sistem kontrol traksi tiga mode menggantikan sistem dua mode pada generasi sebelumnya, itu juga bisa dimatikan. Pengendara juga dapat memilih dari salah satu dari tiga mode engine, yang mengubah respons throttle sambil tetap memberikan tenaga puncak yang sama. V-Strom yang baru juga mendapatkan versi terbaru dari bantuan RPM rendah Suzuki sesuai dengan fungsi dan kegunaan.

Handguards, sebagai sistem keamanan dari benturan dirancang ulang sudut yang sudah dipaskan agar lebih aman dari benturan langsung, sementara kaca spion pada V-Strom 1050 XT benar-benar baru. Melengkapi tampilan baru yang mencolok adalah lampu LED persegi panjang baru yang ditumpuk secara vertikal plus lampu ekor LED dan indikator LED.

Dapur Pacu

Suzuki V-Strom 1050 XT dibekali mesin 537-compliant Euro 5 baru, 90-V 90-Twin yang mampu mengeluarkan daya lebih besar daripada V-Strom 1000, dengan tenaga puncak naik 7% hingga 107 PS, yang tetap mempertahankan kegunaan karakter fleksibel dan drive linier yang kuat.

Hal ini dicapai dengan intake dan knalpot Cams yang sudah diproduksi ulang, dengan peningkatan durasi angkat dan tumpang tindih yang lebih sedikit. Head twin-plug tetap ada, bersama dengan piston tipe tiga ring ringan yang ringan.

Selain itu juga Suzuki V-Strom 1050XT mendapatkan radiator baru untuk meningkatkan kapasitas pendinginan sebesar 15%, dan ada pendingin oli baru.

Sasis V-Strom 1050XT  menggunakan bingkai aluminium twin-spar yang dikawinkan dengan swingarm aluminium – ringan, kompak, dan sempit, sehingga memudahkan pengendara untuk mengelola dalam semua situasi. Desainnya yang ramping memungkinkan pengendara untuk turun dengan nyaman.

Pada suspension Suzuki V-Strom 1050 XT menggunakan ukuran 43 mm dari KYB yang sepenuhnya dapat disetel. Shock belakang preload dan rebound damping-adjustable. Rem depan adalah Tokicos yang terpasang secara radial, menggigit cakram 310mm kembar untuk menghasilkan tenaga yang dapat diandalkan.

Stang meruncing kaku dan ringan, dengan pertimbangan ergonomis yang sudah diperhitungkan dengan cermat ketika pengendara duduk dan berdiri. Pijakan kaki baru memiliki desain yang lebih keras dan membuatnya lebih mudah berdiri saat off-road.

Untuk bagian roda menggunakan velg aluminium DID yang ringan, dengan kawat-spoked, dengan ukuran bagian depan 19 “dan belakang 17” untuk kinerja yang dapat diandalkan pada berbagai permukaan dan dalam kondisi berkendara yang berbeda. Mereka memakai ban radial Bridgestone Battlax Adventure A41.

Fitur Terbaru dan Sistem Egonomis Jok Yang Dapat di Atur

Pertimbangan yang cermat diberikan pada kepraktisan selama pengembangan V-Strom 1050XT, yaitu jok yang dapat disesuaikan ketinggiannya (ditambah pilihan yang lebih rendah tersedia sebagai aksesori untuk penyesuaian lebih lanjut).

Cluster instrumen multi-fungsi baru menyajikan semua informasi yang diperlukan pada layar LCD dengan tata letak yang jelas dan intuitif. Dilengkapi dengan outlet USB, yang terletak di sebelah kiri cluster instrumen, memungkinkan pengisian daya perangkat elektronik yang mudah ditambah outlet 12V DC yang terletak di bawah kursi boncengan.

Kepraktisan pembantu selanjutnya adalah tangki bahan bakar ramping dengan kapasitas 20 liter, memberikan jangkauan lebih dari 250 mil (400Km) antara pengisian berdasarkan konsumsi bahan bakar WMTC resmi 57,65mpg (4,9L / 100Km).

Suzuki V-Strom 1050

V-Strom 1050 memiliki banyak fitur unggulan dibanding V-Strom 1050XT tetapi dengan beberapa perbedaan untuk mendapatkan harga yang lebih rendah tentunya. V-Strom 1050 berbagi platform engine dan sasis yang sama dengan model XT tetapi mengganti roda yang dipasangi item aluminium cor. tetap mempertahankan sistem kontrol tiga mode yang sama dan tiga mode daya mesin yang dapat dipilih, V-Strom 1050 memiliki kelebihan dari Suzuki Intelligent Ride System dan kontrol jelajahnya serta Sistem Rem Track Gerak dengan rem yang terhubung, penahan bukit, kontrol kemiringan dan beban, serta switchable Mode ABS.

Desain dan warna yang diilhami DR-Z , Suzuki V-Strom 1050 memiliki warna hitam dan putih atau abu-abu dan hitam.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here