Suzuki Raih 443 SPK Diajang IIMS Surabaya 2019

Surabaya, Otomotif1.com – Jika ada Agen Pemegang Merek (APM) yang sedang membuncah perasaannya usai digelarnya Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya 2019 yang digelar mulai 30 Oktober – 3 November 2019 di Grand City Convex, Kota Surabaya pastilah itu produk roda empat Suzuki.

Bagaimana tidak, menurut penuturan Marketing Manager United Motor Centre (UMC) Yuanita Christanti hasil yang dicapai dari IIMS Surabaya 2019 jauh melampaui yang ditargetkan, padahal ditengah kondisi penjualan otomotif yang masih kurang bergairah.

“Sudah bukan jadi rahasia umumnya lagi jika penjualan kendaraan sepanjang 2019 ini cukup berdarah-darah, karena lesunya ekonomi. Makanya, ketika mentargetkan penjualan di IIMS Surabaya 2019 tidak jauh berbeda dari target pada tahun lalu, yaitu 200 unit. Tapi diluar dugaan, target yang tercapai tembus diangka 443 SPK,” jelas Yuanita saat menerima kehadiran Otomotif1, Senin sore (4/11).

Lebih lanjut Yuaniata menjelaskan, jika pencapaian ini disebabkan karena agenda diselenggarakannya IIMS Surabaya 2019 timing nya sangat pas sekali.

“Artinya, waktu penyelengaraan memang sangat pas sekali, pas akhir bulan dan menjelang penutupan ,tahun.” sambungnya.

Dari SPK yang tercapai sebanyak 443 SPK, memang masih didominasi oleh penjualan All New Ertiga kemudian disusul Suzuki Baleno sebesar 15% dari total pencapaian SPK, yaitu sekitar 64 unit.

Penjualan Suzuki Baleno di tahun 2019 ini sendiri menurut Yuanita memang diawali Agustus 2019, dan sampai pada bulan Oktober 2019 trend nya cukup baik, dan mengalami peningkatan setiap bulannya untuk pasar Surabaya.

“Suzuki Baleno sejak awal diperkenalkan di Surabaya memang memiliki peminat yang cukup tinggi. Tapi, hal itu sempat menjadi kendala dengan adanya kebijakan import . Hal ini yang membuat konsumen akhirnya beralih ke Suzuki Ertiga. Dan saat ini kebalikannya, konsumen dengan keluarga kecil, kami coba alihkan ke Suzuki Baleno. Kan, sama sama kendaraan family dan rata rata mereka mau serta tidak menolak, karena memang Baleno memiliki kelebihan lain seperti suspensi yang empuk dan bagasi yang luas,” terang Yuaniata.

Pencapaian Suzuki diajang IIMS Surabaya 2019 mendapat apresiasi dari Head of 3W Brand Development & Marketing PT SIS, Harold Donnel, hal ini disampaikannya ketika dihubungi Otomotif1, Senin sore (4/11).

Menurut Harold ini tentu sebuah pencapaian yang luar biasa dari target yang ditetap sebesar 200 SPK, diakhir acara sukses menembus 443 SPK.

“Hal ini tentunya tidak terlepas dari program dengan gimik yang menarik selama pameran berlangsung, selain itu juga penempatan tanggal penyelenggaraan IIMS Surabaya 2019 yang memang sangat strategis sekali, pas akhir bulan dan awal bulan menjelang penutupan tahun,” ujarnya.

Ketika disinggung mengenai penjualan Suzuki Baleno yang mulai kembali diramaikan di tahun 2019, Harold menilai, memang sejak kehadiran Suzuki Baleno pada ajang GIIAS 2018 lalu dan sejak pertama diluncurkan memang sedikit terganggu dengan kebijakan ekspor impor, akibatnya malah mengganggu penjualan Suzuki Baleno.

“Tadinya saat GIIAS 2018 memang diharapkan bisa menjadi momentum untuk penjualan Suzuki Baleno, tapi justru malah penjualan Suzuki Baleno tergerus karena kebijakan ekspor impor, akibatnya inden Baleno cukup lama. Hal ini tentu saja mengganggu penjualan Baleno di Indonesia. Tapi untuk penjualan Baleno sekarang ini kami sudah ready, sudah tidak ada inden lagi,” jelas Harold.

Mengenai penjualan Baleno di Surabaya sendiri hal ini disampaikan Yuaniata, untuk pembelian Suzuki Baleno sekarang ini sudah tidak inden lagi, bahkan untuk semua warna ready stock.

Baleno Facelift Siap Hadir di Tahun 2020

Fokus Suzuki untuk meningkatkan penjualan Suzuki Baleno di Indonesia, nampaknya tidak bisa dianggap sebelah mata. Jika melihat dari pasar Jawa Timur sendiri, penjuakan Suzuki Baleno setiap bulannya cukup bagus sekitar diangka 80 unit.

Nah, untuk merangsang penjualan Suzuki Baleno tersebut PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) nampaknya memiliki stimulus untuk meningkatkan pasar Suzuki Baleno, yaitu dengan menghadirkan Suzuki Baleno facelift.

Hal ini diungkapkan Harold kepada Otomotif1, bahwa memang ada rencana untuk menghadirkan Suzuki Baleno facelift di Indonesia.

“Pastinya untuk menggairahkan kembali pasar Suzuki Baleno Hatchback di Indonesia, SIS memang berencana akan menghadirkan Suzuki Baleno facelift, pastinya ditunggu saja,” terang Harold.

Suzuki Jimny Sabet Gelar The Best Car IIMS Surabaya 2019

Booth Suzuki diajang IIMS Surabaya 2019, memang sedang berbinar. Selain penjualannya yang melampau target, Suzuki Jimny sukses menjadi magnet diajang otomotif bergengsi ini. Diakhir ajang IIMS Surabaya 2019, Suzuki Jimny akhirnya didaulat sebagai The Best Car diajang IIMS Surabaya 2019.

Kehadiran Suzuki Jimny memang sangat tepat sekali, hampir semua pengunjung yang datang dipastikan singgah untuk melihat-lihat sambil sekadar duduk di dalam mobil yang menjadi perbincangan di benua biru dan Amerika Serikat ini.

“Sebenarnya kehadiran Suzuki Jimny di Kota Surabaya bukanlah hal yang baru, tapi memang selama ini masyarakat tidak bisa masuk ke dalam cukup melihat-lihat dari luar, sementara diajang IIMS Surabaya ini memang masyarakat bebas mengeksplor Suzuki Jimny, hal ini yang membuat Suzuki Jimny menjadi magnet diajang IIMS Surabaya 2019. Dan soal Suzuki Jimny menjadi  The Best Car diajang IIMS Surabaya 2019, pastinya sudah kami duga sejal awal,” tutup Yuanita.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here