Tak Mau Kalah dari Tesla, Produsen Mobil Listrik Nio Inc Luncuran Sedan Listrik ET7 Pertama di China

Otomotif1.com – Seakan tidak ingin kalah bersaing dengan produsen mobil sedan listrik Tesla yang baru saja meluncurkan kendaraan sport Model Y yang dipasarkan di China, produsen kendaraan listrik asal China, Nio Inc meluncurkan model sedan pertamanya, Sabtu (9/1/2021) yang diberi nama ET7.

China memang saat ini menjadi kiblat kendaraan listrik, hal ini juga yang menguatkan Nio untuk memperluas jajaran produknya untuk menarik pelanggan di pasar mobil China. Pasar mobil penumpang China menurut data yang terangkum saat ini kendaraan sedan dan SUV masing-masing menghasilkan sekitar 46 persen dari keseluruhan penjualan.

Dilansir Otomotif1 dari Reuters, Kepala Eksekutif Nio, William Li mengatakan teknologi baterai baru Nio akan memberi ET7 jarak tempuh lebih dari 1.000 kilometer antar pengisian daya. Harga awal akan menjadi 378 ribu yuan atau 58.378 dolar AS untuk mobil tanpa paket baterai.

Paket baterai adalah salah satu komponen EV paling mahal, yang kemudian dapat disewa dari perusahaan. Dengan paket baterai, harga awal ET7 menjadi 448 ribu yuan. Li mengatakan ET7 akan dilengkapi dengan sensor lidar untuk membantu pengemudi.

Sensor ini akan membantu mobil memahami kondisi sekelilingnya, dan sering ditemukan di mobil otonom. Teknologi ini diberhentikan oleh CEO Tesla Inc, Elon Musk. Tesla yang menjual sedan Model 3 buatan Shanghai, baru saja mulai menjual kendaraan Model Y dengan harga mulai 339.900 yuan.

Model Y Ini menggunakan kamera untuk bantuan pengemudi. Nio yang memproduksi 43.728 kendaraan tahun lalu memiliki kapitalisasi pasar lebih dari 92 miliar dolar AS, melampaui pembuat mobil konvensional Daimler AG dan General Motors Co.

Investor telah menggelontorkan miliaran dolar untuk pengembangan kendaraan listrik. Saat ini, perusahaan menjual tiga model SUV yang dibuat di pabrik mobil di kota Hefei, China timur.

Saingan Nio, Xpeng Inc juga mengatakan di media sosial pada hari Kamis bahwa mereka berencana untuk meluncurkan model sedan baru. Saat ini mereka memiliki sedan dan SUV di jajaran produknya.***

Sumber: Reuters

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -