Tak Terdampak Relaksasi PPNBM, harga Xpander Bekas di Surabaya Masih Tetap Tinggi

Otomotif1.com – Fenomena menarik ketika insentif PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) berlaku. Beberapa meramalkan harga mobil bekas akan jatuh seiring dengan pemberlakukan diskon PPnBM terhadap pembelian mobil baru berkapasitas di bawah 1500 cc dengan kandungan lokal 70%. Rupanya ketika Otomotif1 merangkum dari berbagai sumber menyebutkan PPnBM tak terlalu berdampak signifikan dengan pasaran mobil bekas khususnya Mitsubishi Xpander.

Padahal menurut keterangan resmi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyebutkan bahwa Xpander series terbaru mendapatkan potongan harga mulai Rp 13 jutaan – 18 jutaan selama Maret-Mei 2021 setelah insentif PPnBM berlaku. Diskon yang lumayan gede ini rupanya tak terlalu menggoyang harga pasaran mobil bekas Mitsubishi Xpander.

Halomoan Fischer, Presiden Direktur Mobil88 menjelaskan ketika Pemerintah memberikan wacana soal relaksasi PPnBM, ada pengaruhnya terhadap pasar mobil bekas. “Awalnya ketika ada wacana relaksasi memang berpengaruh, karena masyarakat kala itu banyak yang memilih untuk menunda membeli mobil, karena penasaran akan perbedaan harga setelah relaksasi PPnBM,” ungkap Fischer seperti yang dilansir 100KPJ.com.

Mitsubishi Xpander

Fischer menjelaskan bahwa ketika relaksasi PPnBM berlaku dan masyarakat sudah mengetahui harga mobil baru setelah kena bebas PPnBM, tidak ada efek yang berarti terhadap pasar mobil bekas. “Karena selisihnya juga tidak terlalu besar, harga mobil setelah kena pajak PPnBM dengan belum kena relaksasi. Karena biar bagaimana pun harga mobil bekas tetap lebih murah ketimbang mobil baru,” paparnya sambil menjelaskan harga mobil bekas sangat dipengaruhi oleh kondisi mobil itu sendiri, terutama jika mobilnya terawat seperti melakukan rutin servis tentu harganya akan tinggi, termasuk Mitsubishi Xpander.

“Walaupun ada penjual mobil yang menurunkan harga mobil bekasnya, namun bukan karena efek dari relaksasi PPnBM, namun lebih kepada negosiasi antara penjual dengan calon pembeli,” pungkas Fischer.

Tak tergoyahkan harga pasar mobil bekas Mitsubishi Xpander ini juga disampaikan akun IG Dwijaya Mobil. Dalam promonya menyebutkan “Kilometer sedikit 11 ribu dan nopol A bebas banjir.”

Ronny dari Dwijaya Mobil mengatakan harga bekas Mitsubishi Xpander belum mengalami penurunan. Ini karena Mitsubishi Xpander memiliki tingkat depresiasi yang baik ketimbang mobil lainnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Tina, salah satu staf karyawan pedagag mobil bekas di Kota Surabaya yaitu New Satria Mobil yang menuturkan, saat ini efek relaksasi PPnBM belum terasa ke bisnis mobil bekas khususnya untuk produk Xpander Ultimate.

“Terakhir masih seperti dulu, bisa jual Xpander generasi pertama di harga Rp 180 juta, dan harga Xpander Ultimate masih ttap di angka Rp200 jutaan,” katanya.

Dia menambahkan saat ini Mitsubishi Xpander memang masih menjadi mobil yang paling banyak diburu. Pasalnya harga jual kembali masih tetap kompetitif meski kondisinya mobil bekas. “Sampai sekarang masih cukup menjanjikan kalau menjual Xpander bekas,” pungkasnya.

Berikut gambaran pasaran harga mobil bekas Mitsubisbi Xpander:
1. Mitsubishi Xpander 2017 harga kisarannya Rp180 jutaan-Rp200 jutaan
2. Mitsubihsi Xpander 2018 harga kisarannya Rp190 jutaan-Rp 210 jutaan
3. Mitsubihsi Xpander 2019 harga kisarannya Rp210 jutaan-Rp230 jutaan
4. Mitsubihsi Xpander 2020 harga kisarannya Rp220 jutaan-Rp240 jutaan

 

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img