Tanda-Tanda Ban Mobil Kempes yang Harus Anda Ketahui

Ban kempes dapat terjadi kapan saja. Yang lebih menjengkelkannya lagi, kita tidak merasakan bahwa ban kita kempes tetapi tiba-tiba ban mobil yang kita kendarai bocor. Ban kempes belum tentu bocor tetapi jika kita terlambat mengetahuinya dan tidak segera mengisi ban mobil kita dengan angin, biasanya ban mobil akan bocor. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui tanda-tanda ban kempes pada mobil, agar hal-hal buruk tidak terjadi kemudian.

Artikel kali ini akan membahas mengenai tanda-tanda ban mobil kempes yang harus anda ketahui, kira-kira apa saja tanda-tanda yang dimaksud? Lebih jelasnya simak artikel dibawah ini :

  1. Ban Yang Menyusut

Tanda pertama ban mobil anda kempes adalah ban terlihat sudah mulai menyusut. Pada daerah dingin biasanya ban akan mengalami penyusutan karena faktor dari udara dingin tersebut. Apabila anda menyadari ban mobil anda sudah menyusut, sebaiknya anda melakukan pengisian ban sebelum anda bepergian. Hal ini tentu saja untuk mengantisipasi ban mobil anda agar tidak pecah ketika digunakan.

Baca Juga ( Cara Merawa Ban Mobil Agar Awet Digunakan )

  1. Ban Yang Bergelembung

Tanda kedua ban anda kempes adalah ban yang bergelembung. Jika ban anda terlihat menggelembung, itu artinya pori-pori atau bagian ban anda secara keseluruhan mengalami kelonggaran atau pembengkakan.

Jika memang hal ini terjadi pada mobil anda, maka anda harus waspada karena biasanya ban mobil anda akan kempes. Ban menggelembung biasanya disebabkan oleh suhu udara yang terlalu panas atau terlalu tinggi.

  1. Ukuran Angin yang di Pompa Dalam Ban Mobil Anda Tidak Sesuai Standartnya

Apabila anda ingin mengisi ulang angin pada ban mobil anda, alangkah baiknya jika anda mengisinya dengan ukuran yang normal, jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah.

Dikarenakan ukuran angin yang tidak tepat dapat memicu mobil brebet di rpm tinggi. Jika terlalu rendah maka mobil anda akan mengalami ban kempes karena rendahnya tekanan angin yang ada di dalam ban tersebut, sedangkan jika terlalu tinggi, ban anda akan berasa lebih keras dari yang seharusnya, dan ini juga tidak baik untuk kondisi ban anda, karena bisa saja membuat ban tersebut pecah karena tekanan udara di dalamnya terlalu tinggi.

  1. Ada Kebocoran Pada Ban Anda

Tanda-tanda yang terakhir adalah ada kebocoran pada ban anda. Umumnya adanya kebocoran –  bocoran kecil yang terdapat pada ban anda biasanya luput dari perhatian anda. Anda tidak begitu menyadarinya. Anda akan tersadar ketika ban anda sudah mengalami pecah ban. Jika sudah seperti ini, sudah secara otomatis ban mobil anda akan kempes karena udara yang di dalamnya sudah hilang.

Baca Juga ( Tips Merawat Ban Mobil Paling Mudah dan Tepat )

Nah, itu tadi tanda-tanda ban kempes pada mobil yang harus anda ketahui. Mungkin kedepannya, anda dapat mengantisipasinya atau lebih sigap jika ada tanda-tanda yang telah disebutkan diatas terjadi pada mobil anda. Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel di Otomotif1. Salam.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here