Tekiro-Ryu Rexco Targetkan Perluas Jaringan Hingga ke Tingkat Kabupaten dan Kecamatan di Tahun 2020

Jakarta, Otomotif1.com – PT Altama Surya Anugerah (ASA), selaku distributor tunggal yang memasarkan berbagai macam tools, lubricant, dan perlengkapan pertukangan saat ini sudah merambah hingga ke beberapa kota besar ditanah air.

Lewat jaringan distribusinya yang tersebar diseluruh Indonesia, PT ASA memasuki tahun 2020 berencana untuk memperluas kembali jaringan pemasarannya dalam upaya pemenuhan kebutuhan konsumen terhadap beragam item produk yang ditawarkan hingga ke pelosok daerah.

Tekiro, Ryu dan Rexco yang masing-masing memiliki segmentasi konsumen sesuai dengan kebutuhan dan peruntukannya. Secara perlahan dan meyakinkan mulai menjadi produk pilihan yang paling dicari dimasyarakat dan konsumen berdasarkan segmentasi penggunanya.

Distribusi pemasarannya selama ini dilakukan melalui diler dan sub-diler offline yang tersebar di beberapa kota besar khususnya Jabodetabek dan pulau Jawa. Sementara melalui Fixcomart, PT SAS membuka jaringan bisnisnya melalui penjualan online yang tersebar dibeberapa platform startup seperti tokopedia dan bukalapak.

“Untuk penjualan ditahun 2019 yang lalu, cukup mengalami peningkatan dengan persentasi penjualan Tekiro yang masih mendominasi diikuti oleh produk Ryu dan Rexco. Berkait dengan kebutuhan tools untuk otomotif memang masih difokuskan pada produk Tekiro dan Rexco sementara untuk produk Ryu lebih didominasi tools untuk perkayuan,” ujar Suhendi, Brand Manager PT ASA.

Fokus penjualan pada tahun 2020 ini lebih kepada perluasan jaringan sub-diler yang menyasar kepada wilayah dengan jangkauan yang lebih dekat kepada masyarakat seperti di tingkat Kecamatan atau Kabupaten dan Kabupaten Kota diseluruh Indonesia.

Perluasan jaringan ini ditujukan untuk memenuhi permintaan pelanggan yang berasal dari luar Pulau Jawa. Seperti diakui Suhendi bahwa konsentrasi pemasaran untuk semua produk ini masih diseputaran Jabodetabek dan Pulau Jawa. Sementara untuk diluar Pulau Jawa, PT ASA masih terus melakukan penetrasi pasar.

“Salah satu alternative untuk menjangkau konsumen diluar Pulau Jawa adalah dengan penjualan melalui marketplace yang dilakukan secara online. Fixcomart bekerja keras untuk terus memenuhi kebutuhan para reseller nya yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia,” jelasnya.

Sistem penjualan online memang sangat menjanjikan dalam memasarkan produk-produk tools seperti Tekiro, tercatat sudah beberapa platform start-up untuk penjualan online seperti tokopedia dan bukalapak dirasakan cukup efektif untuk dapat menjaring reseller dan pedagang lain untuk ikut menawarkan produk dari Tekiro, Ryu, Rexco bersama produk-produk tools merek lainnya.

Disisi lain, Rexco masih harus terus berjuang untuk dapat mencuri perhatian lebih banyak lagi dari para konsumennya, khususnya di bidang otomotif. Untuk saat ini Rexco mencoba untuk memperluas jaringan pemasarannya melalui konsumen dari segmentasi Industri dan mesin-mesin produksi dengan kapasitas yang cukup besar.

Melihat potensi dari segmen industri yang sangat besar ini maka sangat mungkin bagi PT ASA dengan produk unggulannya Rexco, untuk dapat masuk merambah wilayah bisnis ini di segmen industri. Beberapa upaya sedang dilakukan dengan menyusun kembali system dan strategi pemasarannya agar dapat menembus pasar industri secara lebih dalam lagi.

“Ada beberapa langkah dan upaya yang sedang disusun oleh tim Rexco selain dari presentasi pengenalan demo produk dan produk seperti yang sudah dilakukan selama ini melalui pameran-pameran dan kegiatan lainnya,” sambung Tommy, Brand Manager Rexco.

Sementara, ‘Ryu’ memang lebih banyak digunakan untuk pekerjaan kayu dan sudah memiliki komunitas para pengrajin dan penggiat pekerjaan kayu. Persentase produk yang dimilikipun masih di dominasi oleh powertools untuk bidang pekerjaan perkayuan.

Disinggung soal pemalsuan produk yang banyak terjadi pada banyak produk dari brand lainnya dipasaran, Suhendi menegaskan bahwa produk Tekiro tidak mudah untuk dipalsukan, bahkan dirinya menjamin untuk produk Tekiro hingga saat ini belum ada yang dipalsukan.

“Kami menjamin hingga saat ini untuk produk tools seperti Tekiro masih belum ada terjadi tindak pemalsuan sebagaimana yang terjadi pada brand lain dipasaran, karena perlu investasi yang cukup besar untuk menduplikasi produk-produk Tekiro,” tegasnya.

Sebelum menutup perbincangan, Suhendi kembali menegaskan bahwa untuk target PT ASA sendiri tetap akan terus meningkatkan omset penjualan dari semua produk yang dimiliki oleh PT ASA. Salah satu target yang akan dilakukan adalah memperluas jaringan penjualan hingga ke pelosok daerah sehingga dapat lebih menyentuh konsumen yang selama ini kesulitan untuk mendapatkan produk-produk Tekiro-Ryu-Rexco.

Beberapa produk baru juga akan diluncurkan tahun ini, namun Suhendi tidak dapat memastikan kapan peluncuran itu akan dilaksanakan.

“Kami sedang mendisain sebuah produk dalam bentuk starter pack, yang didalamnya terdapat beberapa tools seperti tang, obeng dan kunci-kunci yang dapat bermanfaat bagi pengendara baik roda dua maupun roda empat,” tandasnya.

 

Reporter-SonnyWibz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here